18:00 . Vaksinasi Tahap 3 Dimulai di DKI Jakarta   |   17:00 . Hari ke-2 Pasca Lebaran, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Sidak ke SMPN 4 Bojonegoro   |   16:00 . Jembatan Glendeng Kembali Dibuka untuk Kendaraan Roda 2   |   15:00 . Silaturahmi Kamtibmas, Kapolres Ingatkan Tren Kenaikan Covid-19   |   14:00 . Kolam Renang jadi Tempat Alternatif Liburan   |   13:00 . Olah Lemon Jadi 5 Varian Minuman Sehat, Omzet Menggiurkan   |   12:00 . Dikenal Ramah Sebagai Penggiat Bonsai Pria Asal Sumbang Mampu Raup Puluhan Juta   |   10:00 . Lebih Mudah Transaksi dengan Pospay, Begini SOP-nya   |   08:00 . Objek Wisata Bukit Guyangan Menjadi Pilihan Libur Lebaran   |   07:00 . 9 Mitos tentang Donor Darah yang Perlu Diluruskan   |   06:00 . Tongkrongan Baru, Semilir Cafe Suguhkan Pemandangan Pinggir Nggawan   |   20:00 . Air Terjun Kedung Peti, Wisata Alam Tersembunyi di Bojonegoro   |   19:00 . Pemkab Bojonegoro Targetkan 11.000 unit RLTH Rampung Direhab Hingga Tahun 2023   |   18:00 . Pasca Idul Fitri, 2 Tempat Wisata Bojonegoro ini Ramai Pengunjung   |   17:00 . Lebih Mudah, Bayar Iuran JKN-KIS Lewat Aplikasi Mobile JKN   |  
Tue, 18 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Layanan Prima, RS Aisyiyah Luncurkan Aplikasi Halo RSA

blokbojonegoro.com | Monday, 26 April 2021 21:00

Tingkatkan Layanan Prima, RS Aisyiyah Luncurkan Aplikasi Halo RSA

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Keberadaan rumah sakit harus memberikan manfaat dan dampak buat masyarakat, seperti halnya Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro telah mengikrarkan diri sebagai rumah sakit yang ramah, simpel, aman bagi para pelanggannya. Sebagai wujud implementasi layanan tersebut Rumah Sakit Aisyiyah meluncurkan aplikasi Halo RSA.

Wakil Direktur Media RS 'Aisyiyah Bojonegoro, dr. Pramono Apriawan Wijayanto menuturkan, komitmen memberikan layanan yang ramah, simpel dan aman tentu dibutuhkan terobosan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan untuk merasakan bagaimana layanan tersebut.

"Aplikasi Halo RSA adalah salah satu produk yang telah dikembangkan oleh para programer rumah sakit yang didukung oleh manajemen RS Aisyiyah Bojonegoro. Tujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat dan menyediakan berbagai kemudahan bagi pelanggan dalam memperoleh layanan kesehatannya," tuturnya.

Ditambahkan, Kabupaten Bojonegoro lanjut Dokter Pramono, telah berhasil mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak tahun 2020. Sehingga dapat dikatakan bahwa hampir seluruh masyarakat Bojonegoro telah terdaftar sebagai peserta JKN.

Hal itu artinya kebutuhan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan semakin berkembang baik dari sisi jumlah, ataupun kompleksitasnya. Sehingga perlu ditunjang dengan pemanfaatan teknologi informasi supaya akses menuju layanan kesehatan dapat terwujud sesuai harapan dan kebutuhan masyarakat.

"RS Aisyiyah Bojonegoro berkomitmen sebagai mitra pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam menyukseskan Program JKN dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang 'ramah' dengan memprioritaskan mutu dan keselamatan pasien. Sedangan 'simpel' dengan segala kemudahan sistem yang ditawarkan, serta 'aman' bagi pasien dan keluarga serta aman bagi petugas pemberi pelayanan kesehatan.

Melalui aplikasi Halo RSA, pasien bisa melakukan pendaftaran mandiri, memantau status antrian, serta mengecek jadwal praktek dokter, ketersediaan tempat tidur rawat inap dan konsultasi kesehatan online.

Ada juga pendaftaran swab antigen dan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang jasilnya hasilnya dapat diakses dan diunduj secara mandiri di aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga memuat berita dan informasi terkini tentang kesehatan. Aplikasi Halo RSA juga menyediakan ruang bagi kritik dan saran dari masyarakat yang ingin memberikan masukan kepada manajemen rumah sakit, dalam upaya perbaikan kualitas pelayanannya.

"Aplikasi Halo RSA ini penting karena dengan mendaftar secara mandiri akan memberikan keleluasaan pelanggan, untuk memilih mau periksa ke dokter siapa di klinik spesialis apa," papar dokter Pramono.

Ditambahkan, penggunaan aplikasi Halo RSA dapat memilih kapan mau periksa dengan menentukan hari, tanggal dan waktu layanan pagi atau layanan sore. Setelah pendaftaran secara mandiri dilakukan maka pasien akan mendapatkan nomor antrian, selanjutnya pasien dapat mengakses antrian onlinenya, sehingga pasien tidak perlu datang ke rumah sakit jika nomor antreannya masih jauh dari nomor yang saat itu dilayani.

"Pasien juga dapat menunggu antrian di rumah sambil memantau nomor antrian yang berjalan real time melalui gawainya," imbuhnya. Selanjutnya pasien bisa datang ke rumah sakit, jika layanan telah mendekati nomor antrean. Sehingga pasien tidak perlu menunggu lama di rumah sakit sebelum dipanggil untuk masuk ke ruang periksa dokter.

"Harapannya ruang tunggu pasien tidak perlu antri dan kerumunan dapat dihindari sebagai salah satu implementasi protokol kesehatan yang amat penting dalam mendukung pencegahan penularan Virus Covid 19 seperti saat ini," imbunya.

Di sisi lain menurut yang murah senyum ini, para mitra pemberi layanan kesehatan seperti Rumah Sakit lain dan Puskesmas juga dapat mengakses ketersediaan tempat tidur dengan aplikasi ini, sebelum merujuk pasien yang membutuhkan layanan rawat inap. Sehingga rujukan dapat dilakukan tepat sesuai keinginan perujuk. Pasien mau dirawat di kelas apa, dan dapat mengetahui apakah tersedia ruang intensif atau tidak.

Termasuk kemudahan dalam pendaftaran pemeriksaan swab antigen dan swab PCR, konsultasi kesehatan online dan mendapatkan informasi-informasi terkini bidang kesehatan, sebagai wujud program promosi kesehatan masyarakat yang berkesinambungan.

Aplikasi Halo RSA ini dapat diunduh melalui google playstore bagi pengguna ponsel android. Selanjutkan setelah terinstal, anda dapat login dengan mengikuti instruksi yang sangat mudah pada aplikasi. Setelah berhasil login maka Anda sudah bisa memanfaatkan segala kemudahan layanan serta informasi terkait fasilitas layanan dan kesehatan yang ada di RS Aisyiyah Bojonegoro dari rumah Anda masing-masing.

Keberadaan aplikasi Halo RSA ini dikembangkan oleh para programer RS Aisyiyah Bojonegoro sejak awal tahun 2020 dan mengalami beberapa kali uji coba, sebagai upaya perbaikan yang terus menerus untuk memberikan hasil yang sesuai dengan harapan pelanggan.

"Dengan adanya Aplikasi Halo RSA ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan secara luas kemudahan yang didapat dalam mengakses fasilitas layanan yang disediakan oleh RS Aisyiyah Bojonegoro. Serta aktif memberikan saran dan masukan untuk peningkatan kualitas pelayanan RS Aisyiyah Bojonegoro menuju pelayanan yang ramah, simpel, aman demi terwujudnya pelayanan yang unggul, professional, dan pilihan masyarakat," pungkasnya. [zid/lis]

 

Tag : rS, layanan, aisyiyah

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat