17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ladu, Jajanan Tempo Dulu Saat Lebaran di Kanor

blokbojonegoro.com | Monday, 17 May 2021 14:00

Ladu, Jajanan Tempo Dulu Saat Lebaran di Kanor

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Seiring berkembangnya zaman, keberadaan Ladu semakin jarang kita temui. Jajan jadul khas Jawa Timur ini memang tak banyak diketahui oleh masyarakat sekarang atau biasa disebut kaum milenial.

Pada zaman dulu, jajanan yang terbuat dari bahan beras ketan tersebut sempat eksis menjadi primadona. Khususnya menjelang datangnya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, hampir setiap meja terdapat jajan Ladu yang ditaruh dalam toples kaca.

Di Kabupaten Bojonegoro sendiri keberadaan Ladu sudah nyaris tenggelam. Hanya beberapa wilayah Kecamatan saja yang masih lestari, salah satunya Kecamatan Kanor.

Maryam (71) mungkin satu-satunya warga di Kecamatan Kanor yang masih mempertahankan produksi Ladu buatan tangannya sejak 51 silam.

Wanita paruh baya yang tinggal di Desa Cangaan itu menceritakan, awal mula dirinya lihai membuat jajanan jadul ladu didapat dari almarhum bibinya.

Menurutnya, resep pembuatan Ladu ia juga dapat secara turun-temurun. Baik bahan baku maupun teknik pembuatan tidak banyak yang diubah.

"Bahan bakunya hanya terbuat dari beras ketan dan gula. Meski sederhana, namun membutuhkan waktu yang cukup lama," kata Maryam.

Tidak hanya saat momen menjelang Lebaran saja, Maryam juga memproduksi Ladu di hari-hari biasa, karena Ladu buatannya sudah banyak memiliki pelanggan yang tetap.

Pada saat hari-hari biasa, dirinya memproduksi Ladu sebanyak enam kilogram. Namun saat Ramdhan, dirinya dapat memproduksi sebanyak sepuluh kilogram, bahkan bisa lebih.

Sementara untuk pemasaran Ladu, Maryam mengaku tidak pernah berkeliling pasar atau toko-toko untuk menjualnya. Ia hanya cukup memproduksi di rumah sedangkan pembeli atau langganannya sudah datang menghampiri.

"Karena sudah punya pelanggan tetap sejak dulu, jadi tidak perlu keliling memasarkan," imbuhnya.

Kini Ladu buatannya tidak hanya terpasarkan di dalam kota saja, namun ada yang sudah mencapai luar daerah, bahkan ada juga yang sampai luar pulau. [lin/ito]

Tag : ladu, khas, bojonegoro, lebaran, kanor

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more