17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ada 283 Ponpes di Bojonegoro, Dander Paling Banyak

blokbojonegoro.com | Tuesday, 08 June 2021 17:00

Ada 283 Ponpes di Bojonegoro, Dander Paling Banyak

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Jumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Bojonegoro semakin bertambah banyak. Data yang dihimpun blokBojonegoro.com, ada sebanyak 283 pesantren di Kota Migas.

Kepala Seksi PD Pontren Kementrian Agama Bojonegoro, Zainal saat ditemui di ruang kerjanya menuturkan, Kabupaten Bojonegoro termasuk salah satu kabupaten yang memiliki jumlah ponpes yang cukup banyak.

"Dari banyaknya ponpes yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Kecamatan Dander yang paling banyak," ujarnya.

Dari 283, ada 24 ponpes yang berada di Kecamatan Dander yang tercatat sebagai kecamatan yang memiliki ponpes yang paling banyak se Bojonegoro. Sementara itu, untuk kecamatan yang paling sedikit ponpes ialah Kecamatan Gondang dengan 1 ponpes.

"Terbanyak di kecamatan Dander dengan istilah pondok-pondok besar, kemudian yang ke dua Baureno, ke tiga Sumberrejo, ke empat Balen, ke lima Sugihwaras, dan yang paling sedikit yaitu Kecamatan Gondang," ucapnya.

Pihaknya juga menjelaskan perbedaan antara pesantren modern dan tradisional. Ia menuturkan bahwa pesantren modern ialah pesantren yang memadukan antara kurikulum salaf dengan modern. Seperti salah satu ponpes yang berada di Sumberrejo, di mana ponpes tersebut telah menggunakan MBS Aisyah Boarding School. Serta beberapa ponpes salafi yang memadukan pendidikan modern yaitu bersistem madrasah. Sementara itu, untuk pesantren tradisional masih terpaut dengan program ngaji kitab kuning, dan tidak terlalu fokus pada pelajaran umum.

"Kalau untuk kurikulum modern atau madrasah itu sudah dari pusat, sudah berbentuk nasional, tapi kalau untuk pesantren sendiri ini belum disusun kurikulumnya, jadi banyak variannya kalau pesantren," tuturnya.

Zainal juga berimbuh, pesantren tidak mengurangi jumlah santri selama pandemi berlangsung. Namun pada dasarnya pesantren juga tetap dan harus mematuhi 5 protokol kesehatan yang berlaku dari pemerintah.

"Walaupun mereka di pondok juga tetap harus memakai masker, sering mencuci tangan dan berjaga jarak serta menghindari kerumunan. Namun untuk menjaga jarak ini para santri sudah menjaga jarak dari dulu," tutup Zainal. [uul/ito]

Tag : pondok, pesantren, bojonegoro, dander, gondang

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more