22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dewan Minta Fasilitas Penunjang Bendungan Gongseng Segera Terealisasi

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 June 2021 08:00

Dewan Minta Fasilitas Penunjang Bendungan Gongseng Segera Terealisasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com -Sebelumnya Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah beserta Dinas terkait mengunjungi Waduk Gongseng yang terletak di dua Desa, yakni Desa Papringan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

Nantinya waduk tersebut akan mengairi areal persawahan meliputi 7 kecamatan dengan luas kurang lebih 6.000 hektare. Adapun 7 kecamatan tersebut meliputi, Kecamatan Sukosewu, Temayang, Kapas, Balen, Sumberrejo dan Kepohbaru.

Merespon hal tersebut, progres pembangunan Bendungan Gongseng yang berada di Desa Papringan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, direncanakan mulai menampung air pada bulan September 2021 mendatang. Namun, DPRD Bojonegoro meminta fasilitas penunjang bendungan segera terealisasi.

Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro Sally Atyasasmi mengatakan, terkait rencana jangka panjang Bendungan Gongseng nantinya untuk mengatasi pemenuhan air baku pertanian. Hal tersebut dilakukan karena selama ini menjadi kendala produktivitas pertanian terutama di daerah yang kesulitan mendapat resapan air."Masih tahap perkembangan dan persiapan beberapa waktu lalu," ungkap Sally Atyasasmi.

Lebih lanjut, Bendungan Gongseng yang memiliki kapasitas sebesar 22 juta meter kubik nantinya akan mengaliri beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Sukosewu, Balen, Sumberrejo dan Kepohbaru. Dan ditargetkan mulai menampung air pada September mendatang.

"Kami juga mengusulkan kepada Balai Besar Bengawan Solo, Kementerian PUPR dan Pemkab Bojonegoro untuk segera membangun fasilitas penunjang," imbuhnya.

Selain sebagai wadah aliran pertanian, nantinya beberapa fasilitas penunjang bendungan gongseng juga akan segera dibangun. Seperti saluran sekunder dan tersier, hingga solusi long storage bagi warga sekitar yang terkendala secara geografis."Tidak bisa teraliri dengan metode elevasi karena di dataran tinggi," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Bojonegoro, Tedjo Sukmono menuturkan bahwasanya progres pembangunan Bendungan Gongseng masih kurang sedikit. Yakni seperti pembangunan valf, peninggian bendungan dan beberapa fasilitas penunjang bendungan lainnya.

"Untuk mengisi air bendungan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dan tergantung intensitas curah hujan. Diperkirakan September 2021, bendungan mulai dilakukan pengisian air," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Waduk, Gongseng, fasilitas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat