20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Sun, 21 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dewan Minta Fasilitas Penunjang Bendungan Gongseng Segera Terealisasi

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 June 2021 08:00

Dewan Minta Fasilitas Penunjang Bendungan Gongseng Segera Terealisasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com -Sebelumnya Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah beserta Dinas terkait mengunjungi Waduk Gongseng yang terletak di dua Desa, yakni Desa Papringan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro.

Nantinya waduk tersebut akan mengairi areal persawahan meliputi 7 kecamatan dengan luas kurang lebih 6.000 hektare. Adapun 7 kecamatan tersebut meliputi, Kecamatan Sukosewu, Temayang, Kapas, Balen, Sumberrejo dan Kepohbaru.

Merespon hal tersebut, progres pembangunan Bendungan Gongseng yang berada di Desa Papringan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, direncanakan mulai menampung air pada bulan September 2021 mendatang. Namun, DPRD Bojonegoro meminta fasilitas penunjang bendungan segera terealisasi.

Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro Sally Atyasasmi mengatakan, terkait rencana jangka panjang Bendungan Gongseng nantinya untuk mengatasi pemenuhan air baku pertanian. Hal tersebut dilakukan karena selama ini menjadi kendala produktivitas pertanian terutama di daerah yang kesulitan mendapat resapan air."Masih tahap perkembangan dan persiapan beberapa waktu lalu," ungkap Sally Atyasasmi.

Lebih lanjut, Bendungan Gongseng yang memiliki kapasitas sebesar 22 juta meter kubik nantinya akan mengaliri beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Sukosewu, Balen, Sumberrejo dan Kepohbaru. Dan ditargetkan mulai menampung air pada September mendatang.

"Kami juga mengusulkan kepada Balai Besar Bengawan Solo, Kementerian PUPR dan Pemkab Bojonegoro untuk segera membangun fasilitas penunjang," imbuhnya.

Selain sebagai wadah aliran pertanian, nantinya beberapa fasilitas penunjang bendungan gongseng juga akan segera dibangun. Seperti saluran sekunder dan tersier, hingga solusi long storage bagi warga sekitar yang terkendala secara geografis."Tidak bisa teraliri dengan metode elevasi karena di dataran tinggi," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Bojonegoro, Tedjo Sukmono menuturkan bahwasanya progres pembangunan Bendungan Gongseng masih kurang sedikit. Yakni seperti pembangunan valf, peninggian bendungan dan beberapa fasilitas penunjang bendungan lainnya.

"Untuk mengisi air bendungan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dan tergantung intensitas curah hujan. Diperkirakan September 2021, bendungan mulai dilakukan pengisian air," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Waduk, Gongseng, fasilitas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat