19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:30 . Unugiri Bojonegoro Gelar Empat Kali Prosesi Wisuda Selama Dua Hari Berturut-turut   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Woww...! Bojonegoro Rangking 1 Nasional Jumlah Desa Mandiri

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 June 2021 12:00

Woww...! Bojonegoro Rangking 1 Nasional Jumlah Desa Mandiri

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro masuk dalam 5 besar Nasional terbanyak jumlah Desa Mandiri di tahun 2021 untuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Yakni tercatat sebanyak 103 Desa di Kabupaten Bojonegoro pada urutan pertama, di susul Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali sebanyak 96 Desa Mandiri, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur sebanyak 89 Desa Mandiri, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat sebanyak 86 Desa Mandiri dan Kabupaten Gresik, Jawa Timur sebanyak 86 Desa Mandiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Mahmuddin menegaskan bahwa Indeks Desa Membangun (IDM) dari tahun 2020 hingga 2021 sudah mengalami peningkatan. Diantaranya, kategori Desa Mandiri yang semula berjumlah 38 merangkak drastis hingga 103 Desa, kategori Desa Maju dari 171 naik menjadi 254, kategori Desa berkembang dari 210 mengalami trend turun tersisa 62.

"Benar sesuai data Kemendes Kabupaten Bojonegoro masuk 5 besar dengan jumlah Desa Mandiri terbanyak di Indonesia disusul Kabupaten Tabanan. Jumlah Desa tertinggal dan sangat tertinggal sejak tahun 2020 hingga 2021 mengalami trend penurunan alias nol persen," tegas Mahmuddin.

Lonjakan tersebut dinilai karena terjadinya beberapa program yang mendukung Indeks Desa Membangun (IDM), seperti program bank sampah yang didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat dan berdirinya Desa atau Kampung tangguh penanggulangan Covid-19 yang dicanangkan oleh POLRI maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Dalam Indeks Desa membangun ada tiga indikator untuk menilai, pertama ketahanan ekonomi, lingkungan dan sosial," imbuhnya.

Prestasi tersebut tak hanya cukup puas hingga disitu, rencana kedepan Pemkab Bojonegoro memiliki target untuk mendorong Pemdesa untuk terus meningkatkan status IDM dari Desa berkembang menuju Desa Mandiri. Salah satunya melalui Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Desa.

Serta melakukan harmonisasi dengan seluruh OPD untuk mencukupi beberapa indikator. Mulai dari ketahanan ekonomi, lingkungan dan sosial.

"Sebelum Juli kami akan melakukan harmonisasi untuk mencukupi indikator tersebut dengan harapan seluruh OPD bisa membantu," harap Kadis Dinas PMD Bojonegoro. [liz/ito]

Tag : dpmd, desa, mandiri, bojonegoro, peringkat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat