12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Woww...! Bojonegoro Rangking 1 Nasional Jumlah Desa Mandiri

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 June 2021 12:00

Woww...! Bojonegoro Rangking 1 Nasional Jumlah Desa Mandiri

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro masuk dalam 5 besar Nasional terbanyak jumlah Desa Mandiri di tahun 2021 untuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Yakni tercatat sebanyak 103 Desa di Kabupaten Bojonegoro pada urutan pertama, di susul Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali sebanyak 96 Desa Mandiri, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur sebanyak 89 Desa Mandiri, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat sebanyak 86 Desa Mandiri dan Kabupaten Gresik, Jawa Timur sebanyak 86 Desa Mandiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Mahmuddin menegaskan bahwa Indeks Desa Membangun (IDM) dari tahun 2020 hingga 2021 sudah mengalami peningkatan. Diantaranya, kategori Desa Mandiri yang semula berjumlah 38 merangkak drastis hingga 103 Desa, kategori Desa Maju dari 171 naik menjadi 254, kategori Desa berkembang dari 210 mengalami trend turun tersisa 62.

"Benar sesuai data Kemendes Kabupaten Bojonegoro masuk 5 besar dengan jumlah Desa Mandiri terbanyak di Indonesia disusul Kabupaten Tabanan. Jumlah Desa tertinggal dan sangat tertinggal sejak tahun 2020 hingga 2021 mengalami trend penurunan alias nol persen," tegas Mahmuddin.

Lonjakan tersebut dinilai karena terjadinya beberapa program yang mendukung Indeks Desa Membangun (IDM), seperti program bank sampah yang didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat dan berdirinya Desa atau Kampung tangguh penanggulangan Covid-19 yang dicanangkan oleh POLRI maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Dalam Indeks Desa membangun ada tiga indikator untuk menilai, pertama ketahanan ekonomi, lingkungan dan sosial," imbuhnya.

Prestasi tersebut tak hanya cukup puas hingga disitu, rencana kedepan Pemkab Bojonegoro memiliki target untuk mendorong Pemdesa untuk terus meningkatkan status IDM dari Desa berkembang menuju Desa Mandiri. Salah satunya melalui Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Desa.

Serta melakukan harmonisasi dengan seluruh OPD untuk mencukupi beberapa indikator. Mulai dari ketahanan ekonomi, lingkungan dan sosial.

"Sebelum Juli kami akan melakukan harmonisasi untuk mencukupi indikator tersebut dengan harapan seluruh OPD bisa membantu," harap Kadis Dinas PMD Bojonegoro. [liz/ito]

Tag : dpmd, desa, mandiri, bojonegoro, peringkat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat