14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |   08:00 . Yanuar Amni Optimis Tangani Persibo   |   07:00 . Waspada, Nobar EURO Harus Taati Prokes   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemdes Sumberarum Budidaya Jambu Air untuk Dongkrak Perekonomian Desa

blokbojonegoro.com | Friday, 04 June 2021 18:00

Pemdes Sumberarum Budidaya Jambu Air untuk Dongkrak Perekonomian Desa

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro kini mulai membudidayakan jambu air varietas citra merah yang dikenal dengan Jambu Citra Arum. Jambu itu dipilih karena penguatan program rintisan di bidang pembangunan ekonomi pertanian.

Kepala Desa Sumberarum Kecamatan Ngraho Suryanto mengatakan, program ini ditujukan untuk merintis upaya desa memunculkan program produk unggulan desa.

"Kali ini sebanyak 40 bibit jambu air varietas Citra Merah yang kami tanam. Ini merupakan penambahan kawasan kebun dari 7 (tujuh) kebun yang dirintis mulai tahun 2018," ucapnya.

Suryanto juga mengatakan, untuk penguatan program ini, Pemerintah Desa selain meneruskan Program Kepala Desa sebelumnya, juga akan melakukan penguatan program melalui dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2021 ini. Sebab program ini selain untuk memunculkan program unggulan desa juga diharapkan bisa mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat.

"Selain melalui APBDes, penguatan program juga ditempuh melalui upaya- upaya optimalisasi fungsi Kelompok Kerja Agro Citra Arum yang sudah diinisiasikan mulai tahun 2017," ungkap Kepala Desa Sumberarum tersebut.

Sementara itu, dengan dorongan dan arahan SKPD Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, waktu itu adalah Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (sekarang Cabang Dinas Kehutanan Provinsi) disarankan untuk memilih jenis tanaman jambu air varietas Citra Merah.

"Selain pendampingan cara tanam dan pola perawatan, supporting dinas pada waktu itu berupa bantuan bibit dari BP DAS Solo adalah 5000 bibit untuk se-kecamatan Ngraho di mana Desa Sumberarum menerima alokasi paling banyak, yakni 2000 batang," pungkas Kades Suryanto.

Secara umum, konsep program rintisan ini berawal dari replikasi daerah-daerah lain yang terbukti sukses membangun kawasan sentra tanaman buah tersebut. Maka dari itu Desa ini termotivasi dari keberhasilan kabupaten lain yang produksinya membanjiri pasaran buah di wilayah Kabupaten Bojonegoro. [her/col]

 

Tag : Jambu, air, pemdes

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more