20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |   08:00 . Pesan PJ Bupati : Selamat Lebaran, Maknai Idul Fitri dengan Kesucian Hati   |   05:00 . Sambutan Pj. Bupati Bojonegoro Pada Salat Idul Fitri 1445 H   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kabupaten Bojonegoro Siap Tanggap Bencana Melalui Jitupasna

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 June 2021 17:00

Kabupaten Bojonegoro Siap Tanggap Bencana Melalui Jitupasna

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Guna mengidentifikasi kerusakan serta kajian kebutuhan pasca bencana dapat ditindak lanjuti dengan cepat, tepat dan bermanfaat bagi para korban bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan Bimbingan Teknis, dan diikuti oleh OPD terkait serta 28 peserta dari masing-masing perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro, Rabu, (9/6/2021).

Jitupasna atau sosialisasi dan bimbingan teknis identifikasi kerusakan dan kaji kebutuhan pasca bencana, merupakan suatu rangkaian kegiatan pengkajian, penilaian akibat analisis dampak, perkiraan kebutuhan. Dan rekomendasi awal terhadap strategi pemulihan yang menjadi dasar penyusunan rencana rehabilitasi, serta rekonstruksi pasca terjadi bencana.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah menegaskan bahwa kerusakan alam terjadi karena ada beberapa faktor. Diantaranya, faktor lingkungan, manusia, teknologi, ekonomi, penambangan, pembabatan hutan, termasuk pola masyarakat. Sehingga kerusakan alam sudah terintegrasi dan hampir semua negara di dunia mengalami kerusakan alam maupun bencana.

"Indonesia ini berada diantara pertemuan lempeng bumi, yang juga dikelilingi oleh gunung berapi sehingga potensi gempa dan gunung meletus kerap kali terjadi," ungkap Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah.

Upaya rekonstruksi/recovery pasca bencana menjadi pilar penting untuk pemulihan fisik maupun sosial masyarakatnya dengan menghitung kerugian menyeluruh secara akuntabel.

"Harapan kami bimtek ini bukan hanya sekedar teori, penyerapan anggaran, akan tetapi bentuk kesungguhan dan siaga terutama pada recovery konstruksi pasca bencana di Bojonegoro," harap Bupati Anna.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Ardian Orianto menambahkan, maksud dan tujuan giat bimtek ini untuk menghitung kerusakan dan kerugian dari dampak bencana. Dengan tujuan mampu menghitung dampak bencana baik kerusakan maupun kerugian di sektor ekonomi, sektor sosial, sektor infrastruktur, sektor pemukiman, dan lintas sektor.

"Serta menyiapkan secara dini kepada masyarakat dalam menghadapi bencana untuk mengurangi resiko bencana. Dan membantu menangani awal terjadinya bencana bersama Pemerintah Desa dan masyarakat,"tandasnya. [liz/ito]

Tag : bojonegoro, siaga, bencana, bpbd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat