17:00 . 12 Ribu Warga Bojonegoro Siap Berangkat   |   16:00 . Besok Polres Gelar Operasi Keselamatan, Simak Aturannya!   |   15:00 . Barongsai Hingga Bazar Chinese Meriahkan Festival Cap Go Meh Street Thamrin Bojonegoro   |   13:00 . Muslimat-Fatayat NU Sarangan, Gelar Istighosah   |   12:00 . Satu Abad NU: Jangan Terjebak Pada Romantisme Politik   |   08:00 . Disnakkan: Salurkan 134.050 Dosin Vaksin PMK Selama Setahun   |   20:00 . Di Ponpes Attanwir, Mbah Yai Idris Ngaji Riyadlus Sholihin   |   19:00 . Silaturrahmi IKSAS Pasuruan di Ponpes Attanwir   |   18:00 . Warga Antusias Kunjungi Gemerlap Thamrin Bojonegoro 2023    |   14:00 . Pencarian Hari Keempat Terkendala Cuaca dan Debit Sungai   |   12:00 . Gemerlap Thamrin Bojonegoro, 75 Personil Dishub Dikerahkan   |   11:00 . Daftar 10 Nama Perempuan Paling Populer di Indonesia, Namamu Ada?   |   10:00 . Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung   |   09:00 . Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL   |   08:00 . Puncak Cap Gomeh, Pemkab Bojonegoro Gelar Parade Lampion dan Barongsai   |  
Sun, 05 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tumbuhkan Minat Baca, 'Motor Pintar' Polres Akan Kunjungi Pelajar

blokbojonegoro.com | Monday, 21 June 2021 13:00

Tumbuhkan Minat Baca, 'Motor Pintar' Polres Akan Kunjungi Pelajar

Reporter: M. Yazid
 
blokBojonegoro.com - Berbagai inovasi ditunjukan Polres Bojonegoro disaat pandemi Covid-19, untuk memutus penularan virus Corona. Salahsatunya gagasan 'motor pintar anak tangguh semeru' Polres Bojonegoro yang akan mengunjungi pelajar, untuk menumbuhkan minat baca anak di daerah penghasil migas.
 
Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia menuturkan, keberadaan 'motor pintar anak tangguh semeru' ini untuk mendukung program Pemerintah dan minat baca dikalangan anak-anak menjadi salah satu bidang yang mampu membangun sumber daya manusia. Pasalnya sumber daya yang berkualitas sangat diperlukan untuk menuju negara yang maju.
 
"Tujuannya untuk mendukung pendidikan anak sekolah dan berisi buku-buku pelajaran serta buku paket untuk anak-anak sekolah," kata Kapolres Eva saat melaunching program 'Motor Pintar Anak Tangguh Semeru' di halaman Mapolres Bojonegoro, Senin (21/6/2021).
 
Dijelaskan, motor pintar itu merupakan moda transportasi menyerupai perpustakaan keliling ini diawaki oleh personel Dikmas Lantas dan Bhabinkamtibmas Polres Bojonegoro. Di mana nantinya setiap hari berkeliling ke kampung tangguh guna memeratakan layanan informasi dan baca kepada masyarakat tertinggal.
 
"Khususnya bagi anak-anak sekolah yang saat ini libur panjang karena disebabkan pandemi Covid-19, gemar membaca," jelasnya.
 
Melihat kondisi tersebut, lanjut Kapolres, maka perlu adanya sisi hulu termasuk peran Negara yang dapat menghadirkan buku yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, termasuk bagi masyarakat yang tinggal di pelosok.
 
Selain itu sejalan dengan tugas Polri, Polri yang Presisi sangat diharapkan untuk memberikan pelayanan prima terhadap publik. Melalui pelayanan prima terhadap publik merupakan wujud atas hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat. Atas dasar tersebut, pada hari yang penuh berkah ini Polres Bojonegoro akan melaunching program motor pintar.
 
"Motor pintar ini akan mobile di wilayah Kabupaten Bojonegoro hingga menjangkau daerah dan mengangkut ratusan judul buku, yang didukung oleh perpustakaan nasional dan jaringan pustaka bergerak Indonesia. Untuk menyajikan bahan bacaan gratis bagi masyarakat pelosok di wilayah Kabupaten Bojonegoro tercinta ini," terangnya.
 
Tampak Motor Pintar Anak Tangguh Semeru ini di modifikasi bentuk box rengkek dari bahan stainless, di dalam box tersebut berisikan ratusan buku pelajaran. Selain itu dilengkapi sarana laptop dan modem wifi sebagai pemancar sinyal.
 
Ditambahkan Kapolres Bojonegoro, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bhayangkara Ke-75 dan mendukung program pemerintah untuk menciptakan generasi yang unggul masa depan. Motor Pintar Anak Tangguh Semeru  tersebut berisikan ratusan buku-buku pelajaran dan buku paket untuk anak-anak sekolah. Polres Bojonegoro berkolaborasi dengan stakeholder terkait dengan membawa jargon 'Agunge Sikap Tulung Tinulung' (ASTUTI).
 
Masih mewabahnya Covid-19 anak-anak memiliki banyak waktu luang. Meskipun ada tugas sekolah yang diberikan guru, tetapi tidak dapat digunakan secara maksimal untuk belajar mandiri. Sehingga ini merupakan terobosan dan upaya Polres Bojonegoro untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terutama di kalangan anak-anak.
 
Para personil juga menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. "Demi keselamatan bersama, berada di rumah adalah langkah terbaik untuk mencegah penyebaran virus Corona di kalangan anak-anak," imbun AKBP Eva Guna Pandia.
 
Dalam kegiatan launching ini di pimpin langsung oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia bersama pejabat utama Polres dan Polsek jajaran. Sekaligus disaksikan Kepala Kemenag, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur perwakilan wilayah Bojonegoro, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kepala Bank Rakyat Indonesia Cabang Bojonegoro.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno mengatakan program ini sangat positif di tengah pandemi ini. Walaupun dalam kondisi saat ini Motor Pintar Anak Tangguh Semeru sebagai pendukung utama kegiatan program wajib belajar.
 
"Sehingga menciptakan generasi cerdas yang komperhensif, yaitu produktif dan enerjik. Semoga bermanfaat, membawa Bojonegoro yang Produktif dan Enerjik," pungkas Dandi. [zid/ito]

Tag : inovasi, polres, bojoegoro, motor , pintar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more