15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |   13:00 . Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29   |   08:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Gerindra Jatim Tunjuk Sahudi sebagai Wakil Anna Muawanah   |   16:00 . Hendak Jumatan, Seorang Jamaah Haji Asal Bojonegoro Wafat di Masjidil Haram   |   09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |  
Mon, 27 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Proning, Bisa Jadi Solusi Jika Sesak Saat Isoman dan Tak Ada Oksigen

blokbojonegoro.com | Sunday, 18 July 2021 15:00

Proning, Bisa Jadi  Solusi Jika Sesak Saat Isoman dan Tak Ada Oksigen

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Saat ini ketersediaan oksigen di seluruh layanan kesehatan semakin menipis. Padahal oksigen sangatlah dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa pasien di tengah kasus Covid-19 yang melonjak. Salah satunya di Bojonegoro. 

Banyak masyarakat yang saat ini membeli tabung hingga oksigen secara online maupun ke beberapa toko secara langsung. 

Dr. Thomas Djaja selaku Humas Rumah Sakit Umum Daerah Bojonegoro menyarankan kepada masyarakat yang apabila tidak mendapatkan ruang di rumah sakit untuk membeli tabung hingga oksigen secara mandiri saat sesak nafas. 

"Kalaupun isolasi mandiri atau mereka tidak mendapatkan rumah sakit, dan pasien itu sesak nafas, saya sarankan untuk membeli oksigen dan tabungnya secara mandiri, di apotik maupun toko manapun terserah," ujarnya. 

Dalam keadaan minim penjualan oksigen dan tabungnya, Dr. Thomas Djaja juga menyarankan untuk melakukan gerakan teknik proning untuk mengatasi awal terjadinya sesak nafas. 

Proning adalah sebuah teknik yang menempatkan pasien pada posisi proning atau tengkurap (telungkup). Tanpa memerlukan peralatan berarti, teknik ini membantu pasien menambah oksigen juga menghindari pemasangan ventilator. Proning membawa peningkatan kadar oksigen yang signifikan dalam tubuh pasien yang berjuang dengan oksigenasi yang terganggu.

"Kalau sudah melakukan proning, sebaiknya pikiran harus tenang dan tidak boleh stress. Ditambah pula untuk mengkonsumsi minuman yang hangat, panas lebih disarankan tapi panasnya sekuat mulut. Itu nantinya untuk melegakan tenggorokan," tuturnya. 

Sementara itu, Whenny Dyah Prajanti selaku kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit dinas kesehatan Bojonegoro memberikan arahan kepada masyarakat yang sakit untuk melakukan komunikasi lebih intens kepada petugas kesehatan, baik saat masyarakat dirawat di Puskesmas maupun rumah sakit. 

"Apapun keluhannya saya anjurkan masyarakat untuk tidak takut akan diperiksa. Karena tenaga kesehatan akan membantu sekuat tenaga menyembuhkan pasien dari penyakitnya," tuturnya. 

Pihaknya juga menyarankan bagi masyarakat yang sering alami sesak nafas untuk melakukan teknik proning saat awal sesat nafas terasa. Agar napas kembali teratur, pihaknya juga menganjurkan untuk tidak panik, karena nantinya sesak nafas akan semakin parah kalau kita panik dan pikiran kacau. 

"Saat kita sakit, saya anjurkan untuk tetap makan dan minum, walaupun tidak enak rasanya. Pikiran harus stabil tidak boleh banyak pikiran negatif," pungkasnya. [lyn/lis]

Adapun cara melakukan teknik proning ialah sebagai berikut : 

1. Berbaring tengkurap

2. Berbaring menyamping di sebelah kanan

3. Berbaring menyamping di sebelah kiri

4. Dalam setiap posisi tengkurap dilakukan tidak lebih dari 30 menit. 

Selain itu perlu menggunakan 4-5 bantal untuk memastikan pernapasan santai selama proning.

-1 bantal di bawah leher

-1-2 bantal di bawah dada dan paha atas

-2 bantal di bawah tulang kering 

 

Tag : Proning, . Sesak, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat