Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Target September Rampung, Bendungan Gongseng Masuk Tahap Pengisian

blokbojonegoro.com | Tuesday, 10 August 2021 20:00

Target September Rampung, Bendungan Gongseng Masuk Tahap Pengisian

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pembangunan Bendungan Gongseng yang terletak di antara Desa papringan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro telah memasuki tahap akhir atau clearing area genangan/pembersihan lahan (land clearing).

Lebih lanjut, untuk pengerjaan ditargetkan selesai sekitar akhir Agustus 2021 dan mulai dilakukan pengisian (impounding) air pada Minggu kedua bulan September mendatang.

Kepala Bidang Air Baku Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Kabupaten Bojonegoro, Bungku Susilowati mengatakan, pembersihan lahan atau land clearing di sekitar Bendungan Gongseng dilakukan sebagai upaya mempermudah proses pengisian air nantinya.

Bahkan beberapa waktu yang lalu Dinas PU SDA Bojonegoro juga telah melakukan virtual zoom meeting dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yang berperan menentukan pembersihan lahan terkait pohon-pohon yang perlu ditebang di sekitar bendungan. "Sebab yang menentukan BBWS, penebangan pohon ini dilakukan supaya tidak mengganggu proses pengisian air," ungkap Bungku Susilowati.

Perlu diketahui, Bendungan Gongseng memiliki kapasitas daya tampung air sebanyak 22,43 juta meter kubik. Serta memiliki lima potensi manfaat yakni untuk irigasi seluas 6.191 hektare, penyediaan air baku 300 liter/detik, konservasi pariwisata, reduksi banjir hingga 133,27 meter kubik/detik. Dan berpotensi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,7 mega watt.

Pemkab Bojonegoro telah memberikan fasilitas berupa dokumen Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). Dengan harapan setelah proses land clearing selesai dan ditargetkan mulai bulan September akan dilakukan pengisian air agar segera dimanfaatkan.

"Untuk layanan irigasi memiliki wilayah yang sama dengan Waduk Pacal. Sebab Bendungan Gongseng dibangun sebagai tambahan tampungan air dari Waduk Pacal tersebut," tambah dia.

Berdasarkan analisa hidrologi dari BBWS untuk rencana pengisian tampung diperkirakan mulai dilakukan pada Minggu kedua Bulan september. "Kapasitas tampungan penuh dan air melimpah melalui spillway diestimasikan pada tanggal 23 Januari 2022," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Bendungan, Gongseng, tahapan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini