19:00 . Kades di Bojonegoro Serahkan Uang Cashback Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |   13:00 . Bojonegoro Optimis Naik Tingkat, dari Kabupaten Layak Anak Kategori Madya ke Nindya   |   08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |  
Thu, 29 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menengok Pendampingan Pelatihan Inovasi Lingkungan di Desa Mojodeso

blokbojonegoro.com | Monday, 09 August 2021 11:00

Menengok Pendampingan Pelatihan Inovasi Lingkungan di Desa Mojodeso

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Pengembangan suatu wilayah bisa dilakukan berbasis point project, terutama dalam tingkat desa. Point project ini berarti bahwa Pemerintah Desa memberi stimulan dan pendampingan kepada tiap-tiap Rukun Tetangga (RT).

Di Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, kabupaten Bojonegoro, hal ini diterapkan dalam rangka mengembangkan potensi Desa. Warsiman, selaku kepala desa Mojodeso menyampaikan bahwa ada penugasan kepada perangkat desa nya untuk melakukan pendampingan program ini di tingkat RT, tentunya dengan pembagian tugas berdasar jumlah RT di Desa Mojodeso.

"Saya harap bahwa potensi di titik-titik RT ini bisa berkembang dan berkelanjutan dengan support dari pemerintah desa setempat," ujarnya.

Salah satu titik dalam program ini adalah RT. 09/ RW 02 desa Mojodeso. Desa tersebut berlatar belakang banyaknya peternak kambing, maka ini adalah potensi yang harus terus dikembangkan.

Adib Nurdiyanto, selaku perangkat desa setempat yang mendampingi pengembangan inovasi di RT 09 ini memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok peternak kambing di RT 09 ini. Bahan yang digunakan tidak terbatas pada kotoran kambing saja, melainkan juga menggunakan bahan lain seperti rimpang-rimpangan dan beberapa jenis daun yang sering dianggap sampah oleh masyarakat.

"Program ini  nantinya bisa menjadi simbiosis mutualisme antara produsen pupuk di desa setempat dengan para reseller di CEC. Saya siap mendampingi dan membantu bagian pemasaran pupuk ini nantinya," tutur Adib.

Selain itu, Slamet Ariyadi selaku ketua RT 09 menyampaikan biasanya daun-daun kering yang sangat melimpah jumlah nya ini memang menjadi sampah yang juga dikeluhkan masyarakat. Begitu juga dengan kotoran kambing karena jika kotoran kambing langsung digunakan tanpa diolah dengan benar, justru membuat tanaman bisa mati.

Selanjutnya, RT. 09 Desa Mojodeso tidak hanya memiliki produk inovasi pupuk yang dijual, melainkan juga usaha budidaya tanaman dengan menggunakan pupuk tersebut. Dari hasil penjualan tersebut, akan disisihkan sebanyak 5% untuk dimasukkan ke kas RT sebagai Pendapatan Asli Rukun Tetangga (PART).

"Nantinya produk inovasi ini akan disinergikan dengan banyak pihak, InsyaAllah pak Adib akan membantu bagian pemasaran pada produk ini," tutup Slamet. [uul/ito]

Tag : Mojodeso, kapas, bojonegoro, cec, project



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat