16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |   18:00 . Liburan Tetap Belajar Kenapa Tidak?   |   17:00 . Ketua Kontingen Bojonegoro Apresiasi Prestasi Atlet Judo   |   16:00 . Ada 1 Juta lebih DPB, Didominasi Perempuan   |   15:00 . KPU Bojonegoro Gelar Rakor Pemutakhiran DPB   |   14:00 . Atlet Judo Bojonegoro Sumbang 3 Medali   |   13:00 . Atlet Taekwondo Bojonegoro Raih Satu Medali Perak   |  
Wed, 29 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Realisasi BLT DD Cair Langsung Per Tiga Bulan

blokbojonegoro.com | Friday, 30 July 2021 19:00

Realisasi BLT DD Cair Langsung Per Tiga Bulan

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk bulan April hingga Juni di Kabupaten Bojonegoro akan dicairkan dalam minggu ini. Sementara itu, pencairan bantuan BLT DD untuk bulan Juli hingga September akan ditargetkan cair pada Bulan September kepada 419 desa se Kabupaten Bojonegoro. 

Machmuddin, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat desa mengatakan bahwa percepat realisasi BLT DD sesuai dengan hasil koordinasi bersama dengan Menteri desa, pembangunan daerah, daerah tertinggal dan transmigrasi, Kementerian keuangan, kantor pelayanan perbendaharaan negara yang diadakan rapat minggu lalu. 

"Sebelumnya BLT DD ini cair satu bulan sekali, namun kini dapat dicairkan langsung tiga bulan," ujarnya. 

Adanya realisasi BLT DD ini sejalan dengan perintah Bupati Bojonegoro, Anna Muawannah untuk meningkatkan peran desa dalam penyaluran bantuan sosial. Dalam sambutannya Senin (26/7/2021) saat melantik kepala desa pengganti di Pendopo Malowopati pihaknya menegaskan akan mempercepat penyaluran bansos yang telah memiliki kriteria. 

Selain itu, Machmuddin menjelaskan bahwa target penyaluran ini bisa tuntas sampai bulan September mendatang. Selama ini ada beberapa hambatan seperti OM-SPAN. 

"Mulai cek KTP, tanda tangan, dan lain-lain sehingga prosesnya agak lambat. Namun dari hasil koordinasi diputuskan cairnya tidak satu bulan sekali namun tiga bulan sekali," imbuh Machmuddin. 

Adapun Bansos yang akan di Terima setiap KPM ialah Rp300 ribu per bulan selama 12 bulan. BLT sendiri ialah bantuan uang kepada keluarga kurang mampu di desa untuk mengurangi dampak pandemi covid-19 hingga saat ini. 

Berdasarkan data DPMD Kabupaten Bojonegoro, pagu anggaran BLT DD di Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp 45,864 miliar dengan 12.699 keluarga penerima manfaat (KPM) se-Kabupaten Bojonegoro. Sementara ini terealisasi Rp 16,257 miliar atau 35,44 persen. 

"Minggu ini kita akan segera selesaikan target pencairan bantuan dari bulan April hingga Juni lalu, setelah urusan berlanjut untuk bulan Juli hingga September mendatang," pungkasnya. [lyn/lis]

 

Tag : Bansos, BLT, cair



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat