22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PPKM Darurat, Salat Idul Adha Ditiadakan

blokbojonegoro.com | Monday, 19 July 2021 17:00

PPKM Darurat, Salat Idul Adha Ditiadakan

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Kementerian Agama Republik Indonesia mengumumkan larangan Salat Idul Adha dalam surat edaran nya nomor 17 Tahun 2021 yang mengatur soal larangan Salat Idul Adha di masjid maupun di lapangan luas selama masa PPKM Darurat berlangsung. Selain itu ada pula larangan untuk menggelar takbiran. 

Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama RI mengingatkan umat Islam di Indonesia tentang hukum ketaatan. Yaqut menjelaskan dalam siarannya melalui akun sosial media Kementerian Agama RI agar umat Islam wajib taat kepada Allah, Rasul, dan Ulil Amri yang dimaksud dalam hal ini terkait Pemerintah. 

"Bahwa di Islam itu ada hukum ketaatan, bahwa taat hukum ketaatan kepada Allah, taat kepada Rasul itu mutlak wajib. Wajib hukumnya taat kepada pemerintah itu muqoyyad namanya, ada pengecualian. Ketika pemerintah mengeluarkan peraturan yang sifatnya melindungi masyarakat, maka pemerintah wajib untuk dipatuhi. Hukum dalam Islam. Taat kepada Allah, taat kepada Rasul, dan taat kepada Ulil Amri atau Pemerintah," jelas Yaqut.

Yaqut pun menegaskan bahwa Salat Idul Adha dapat dilakukan di rumah agar tidak menimbulkan kerumunan dan dapat meminimalisir penyebaran virus Corona. Pihaknya mengatakan ketaatan itu wajib dilakukan kepada Pemerintah yang mengeluarkan peraturan yang sifatnya melindungi masyarakat dari bahaya virus yang sedang marak saat ini.

Melihat hal tersebut, kepala Kementerian Agama Bojonegoro, Suhaji menegaskan bahwa di Bojonegoro sendiri juga tidak menggelar Salat Idul Adha di masjid maupun lapangan. Pihaknya menuturkan bahwa selama PPKM Darurat ini berlangsung, semua kegiatan masyarakat dibatasi. 

"Kita menganut SE yang telah di terbitkan oleh Kementerian Agama RI, karena sifatnya ini melindungi jadi saya juga berharap masyarakat agar tetap mematuhi peraturan yang berlaku," tuturnya. 

Suhaji menjelaskan bahwa masyarakat dapat melakukan sholat Idul Adha di rumah bersama keluarga masing-masing. Guna untuk meminimalisir penyebaran virus di Bojonegoro, pihaknya berpesan agar masyarakat senantiasa mentaati segenap peraturan dari Pemerintah yang saat ini telah dijalankan. 

"Kita semua harus saling melindungi, mulai dari melindungi diri sendiri, keluarga hingga orang lain. Jadi saya berpesan kepada semua masyarakat Bojonegoro agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dan senantiasa mentaati peraturan pemerintah saat ini," tandasnya. [lyn/lis]

 

Tag : Salat, idul Adha, PPKM, covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat