22:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   23:00 . Kecewa Putusan Komisi Banding PSSI, Persibo Bojonegoro Ajukan PK   |   19:00 . Dinas PMD Bojonegoro Sosialisasi Pemekaran Desa Napis   |   18:00 . Larangan Penjualan Minyak Curah, Begini Respon Masyarakat Bojonegoro   |   17:00 . Rapat Senat Terbuka Wisuda III/XXV, UNU Sunan Giri Hadirkan Ketua PBNU Bidang Pendidikan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Abdulloh Umar: PPKM Harus Dimaknai Bijak

blokbojonegoro.com | Sunday, 11 July 2021 18:00

Abdulloh Umar: PPKM Harus Dimaknai Bijak

Reporter: Liza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah, memang terasa tidak menyenangkan bagi semua pihak. Sebab, meski sudah menjaga diri dengan baik, kita tak boleh berkegiatan secara leluasa. 

Tapi bagaimanapun, menurut Ketua Komisi D DPRD Bojonegoro, Abdulloh Umar, ini adalah kondisi yang harus dimaklumi banyak pihak. Meski tidak menyenangkan secara individu, setidaknya secara sosial harus dijadikan sebagai beban bersama. 

"Ini diniati sebagai tirakat sosial. Demi kepentingan banyak orang," katanya. 

Umar menjelaskan, hampir semua pihak, kalau boleh jujur, tak ada satupun yang tidak mengeluh dengan penerapan PPKM. Sebab, ini program yang sangat berdampak pada banyak hal. Terutama perekonomian masyarakat kecil. 

Pandemi, menurut Umar, bencana individu sekaligus bencana sosial. Sebab, yang diserang kecemasan individu, tapi dampaknya secara sosial. Sehingga, butuh pertanggung jawaban secara individu dan sosial.  

"Ini (pandemi), sangat kompleks. Karena itu harus direspon secara kompleks juga," tegasnya. 

Lebih jauh Umar mengatakan, satu-satunya cara untuk bertahan di tengah pandemi ini, adalah sikap bijaksana. Mengalah pada kepentingan pribadi. Dan itu semua, kata dia, harus diniati sebagai tirakat. 

"Meski ini memang berat, tapi mari diniati untuk tirakat," imbuh Umar. 

Solusi Darurat

Umar menjelaskan, dampak paling buruk dari PPKM adalah merosotnya aktivitas ekonomi. Sehingga pendapatan masyarakat pun, kian berkurang. Ini terjadi bukan hanya karena kecemasan akan Corona, tapi juga pembatasan lini gerak masyarakat. 

Sampai saat ini, kata Umar, semua orang juga sedang berpikir bagaimana solusi agar ekonomi bisa terus berjalan, tapi tetap patuh pada PPKM. Hal ini, menurut dia, memang sulit. 

"Setidaknya ada dua solusi sementara. Solusi darurat istilahnya," terangnya. 

Pertama, kata dia, memaksimalkan fungsi teknologi. Yakni berdagang secara online. Meski ini sulit bagi yang belum terbiasa, setidaknya harus mulai dicoba. Terlebih, dengan jualan secara online, transaksi bisa take away. Atau beli langsung cabut. Tidak nongkrong. 

Kedua, lanjut dia, menahan diri atau ngempet. Ini memang lebih sulit dari solusi pertama. Tapi, sebagai masyarakat yang pernah diajari konsep hidup secara qonaah, mau tidak mau harus mencoba. 

"Toh ini beban kolektif, beban yang dirasakan banyak orang," pungkas Umar. [liz/lis]

 

Tag : PPKM, darurat, bijak, masalah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more