18:00 . Workshop Peningkatan Mutu dan Peran Komite Sekolah Diikuti 152 Peserta   |   14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ika Arlina Safitri, Peraih Nilai Tertinggi Seleksi Perades di Kecamatan Kapas

Belajar dari Pengalaman, Kerjakan Soal Teori Dulu

blokbojonegoro.com | Wednesday, 07 July 2021 12:00

Belajar dari Pengalaman, Kerjakan Soal Teori Dulu

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Terkadang orang hanya melihat apa yang dicapai orang lain, tanpa tahu bagaimana proses untuk mendapatkan hasil. Seperti apa yang dicapai oleh Kasi Pemerintahan Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Ika Arlina Safitri yang baru saja dilantik Rabu (7/7/2021). Di balik nilai tertinggi se Kecamatan Kapas yang diraih pada seleksi perangkat desa (Perades) pada Rabu (23/6/2021) lalu dengan nilai 96, ada proses yang tidak banyak orang ketahui.

[Baca juga: Terapkan Prokes, Kasi Pemerintahan Kalianyar Dilantik ]

Ika Arlina Safitri, mulai menjadi staff di Desa Kalianyar sejak Desember 2016 lalu saat masih duduk di semester 4 bangku kuliah Universitas Terbuka (UT) Bojonegoro. Pada tahun 2017 sempat mengikuti seleksi perades di Desa Kalianyar, waktu itu jabatan Sekretaris Desa.

"Dulu saat tes 2017 kegagalan saya mungkin karena mengerjakan hitung-hitungan dulu baru teori. Dari pengalaman itu, pada tes 2021 kemarin saya kerjakan dulu soal-soal teori, baru kemudian matematika. Alhamdulillah bisa berhasil," ucap dara kelahiran Bojonegoro, 20 April 1995 tersebut.

Setelah gagal pada seleksi 2017, tak membuat Lina patah semangat. Saat masih menjadi staff di desa, dirinya juga mencoba peruntungan dengan mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2019 di Lombok sebagai guru IPA. Namun, hasilnya belum memuaskan. Sebab dirinya lolos nilai minimum standar namun berada di rangking 20. Sedangkan diambil 3 besar.

Pada bulan Juni 2021, dibuka lowongan perangkat desa untuk Kasi Pemerintahan di Desa Kalianyar. Tak ingin melewatkan kesempatan, dengan niat dan tekad yang kuat, putri dari pasangan Sukri dan Siti Nur Fadhilah itu mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengikuti seleksi tersebut.

"Setelah mendaftar, dan menyerahkan berkas, setiap hari pasti menyempatkan waktu khusus untuk belajar. Biasanya saya belajar mulai pukul 9 malam sampai 11. Terus bangun tidur pagi belajar lagi mulai jam 3 sampai jam 4. Setiap hari belajar latihan soal terus," ulas almuni UT Bojonegoro jurusan Pendidikan IPA tahun 2018 itu.

Selain belajar, Lina juga mengajar di bimbingan belajar (Bimbel). Salah satunya bimbel di Kecamatan Sumberrejo dengan bimbingan yang diajarkan mempersiapkan untuk mengikuti tes CPNS dan lowongan perangkat desa. Bahkan peserta didiknya ada yang lolos ikut seleksi perangkat desa di Desa Simbatan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu. Sehingga semakin membuatnya semangat dan optimis dalam mengikuti seleksi perades di Desa Kalianyar.

Pada saat ujian tulis yang digelar di Sekolah Model Terpadu (SMT) pada 23 Juni 2021 lalu, Alumni MAN 1 Bojonegoro tahun 2013 itu mengaku tidak nervous dan tetap tenang dalam mengerjakan soal. Untuk soal teori dikerjakan terlebih dahulu, apalagi soal tentang desa, dirasa cukup mudah karena dirinya telah lama berkecimpung di pemerintah desa.

Sedangkan untuk matematika, dinilai soalnya mudah karena terbiasa berlatih, namun yang susah angkanya banyak dan tinggi daripada yang sering dikerjakannya. Sehigga dia memilih untuk mengerjakan soal hitungan yang nilai angkanya rendah dahulu. Dari usahanya tersebut, total ada 100 soal, dirinya mampu menjawab benar 96. Dengan capaian tersebut, dirinya lolos menjadi Kasi Pemerintahan Desa Kalianyar.

"Harapannya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa bekerjasama dengan pemerintah desa membangun Desa Kalianyar ini menjadi lebih baik lagi," harap Ika Nurlina Safitri.


Data diri:
Nama            :Ika Arlina Safitri
Tempat Tanggal Lahir    : Bojonegoro, 20 April 1995
Nama Bapak        : Sukri
Nama Ibu        : Siti Nur Fadhilah
Pendidikan        : -MI Al Huda Kalianyar 2006/2007
              -SMPN 5 Bojonegoro 2009/2010
              -MAN 1 Bojonegoro 2012/2013
              -Universitas Terbuka  (UT) Bojonegoro 2018.

Tag : perangkat, desa, kalianyar, bojonegoro, kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more