13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menyambung Asa dari Hasil Hutan

blokbojonegoro.com | Friday, 02 July 2021 15:00

Menyambung Asa dari Hasil Hutan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hutan menyimpan kekayaan sumber daya alam yang sangat luar biasa dan hutan juga mempunyai peran sangat vital bagi lingkungan dan kehidupan. Tanpa kita sadari banyak sekali manfaat hutan, seperti menjadi tempat untuk mengatur iklim di dunia. Hutan juga menjadi tempat penyedia oksigen terbesar di bumi.

Selain itu hutan juga menyediakan banyak tanaman obat-obatan seperti lempuyang yang banyak di cari sebagian warga untuk dijual. Lempuyang atau lempuyang wangi adalah sejenis rempah-rempah yang berkhasiat untuk obat.

Rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat. Lempuyang atau puyang adalah salah satu bahan utama jamu yang cukup populer, jamu cabe puyang. Lempuyang diketahui mampu menginduksi apoptosis sel-sel kanker.

Lempuyang merupakan jenis tanaman temu-temuan atau empon-empon yang banyak ditemui di hutan tropis seperti di negara Indonesia. Di Bojonegoro sendiri sebagian masyarakat yang tempat tinggalnya dekat hutan banyak mencari lempuyang untuk diperjual-belikan karena memiliki nilai yang ekonomis.

Rajikun, salah seorang pencari lempuyang yang ditemui di gunung kitiran yang ikut kawasan Desa Clebung Kecamatan Bubulan mengatakan, ia setiap pagi berangkat dari rumah menuju hutan untuk mencari lempuyang.

Setengah hari mencari lempuyang di hutan Rajikun bisa mendapatkan lempuyang kurang lebih 70 kilogram yang sudah bersih dari tanah.

"Dapat bobot 70 kilogram itu mencarinya berdua dengan istri saya, saya yang mengambil dari tanah dan istri yang membersihkan dari tanah, setelah bersih langsung dimasukkan ke karung agar mudah membawanya," ujar bapak tiga anak itu.

Rajikun sendiri biasanya menjual lempuyang dalam keadaan masih basah. Lempuyang basah biasa dibeli dengan harga Rp2.500 perkilogram, sedangkan yang kering Rp6.000 perkilogramnya.

"Saya lebih suka jual lempuyang basah sebab tidak ribet dari hutan bisa langsung dijual, sedangkan kalau dikeringkan lempuyang juga banyak mengalami penyusutan, dari 70 kilogram bisa jadi tinggal 25 sampai 30 kilo saat kering," ujar pria asal Desa Kolong Kecamatan Ngasem itu. [her/mu]

Tag : lempuyang, hutan bojonegoro, sumber daya alam bojonegoro, hutan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat