07:00 . Manfaat Butterfly Hug bagi Kesehatan Mental, Efektif Redakan Stres dan Kecemasan   |   19:00 . Cerita Dwi Kurnia, Ikuti Seleksi CPNS Saat Hamil   |   18:00 . Pengurus PPDI Bojonegoro Dilantik, Pemkab Siap Beri Pelayanan Terbaik   |   17:00 . Inilah Titik Lokasi Mandiri SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Rumah Cerdas Ceria Gelar Parenting untuk Si Buah Hati   |   15:00 . 435 Peserta Ikuti SKB CPNS Pemkab Bojonegoro   |   13:00 . Cerita Mbah Banung Sumitro dan Desa Blongsong   |   11:00 . Pelas Crispy, Kuliner Hits Kekinian   |   09:00 . Jalin Silaturahmi Asosiasi Pengrajin Batik Bojonegoro Belajar Batik Bledak Sogan Bojonegaran   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |  
Sun, 28 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menyambung Asa dari Hasil Hutan

blokbojonegoro.com | Friday, 02 July 2021 15:00

Menyambung Asa dari Hasil Hutan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Hutan menyimpan kekayaan sumber daya alam yang sangat luar biasa dan hutan juga mempunyai peran sangat vital bagi lingkungan dan kehidupan. Tanpa kita sadari banyak sekali manfaat hutan, seperti menjadi tempat untuk mengatur iklim di dunia. Hutan juga menjadi tempat penyedia oksigen terbesar di bumi.

Selain itu hutan juga menyediakan banyak tanaman obat-obatan seperti lempuyang yang banyak di cari sebagian warga untuk dijual. Lempuyang atau lempuyang wangi adalah sejenis rempah-rempah yang berkhasiat untuk obat.

Rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat. Lempuyang atau puyang adalah salah satu bahan utama jamu yang cukup populer, jamu cabe puyang. Lempuyang diketahui mampu menginduksi apoptosis sel-sel kanker.

Lempuyang merupakan jenis tanaman temu-temuan atau empon-empon yang banyak ditemui di hutan tropis seperti di negara Indonesia. Di Bojonegoro sendiri sebagian masyarakat yang tempat tinggalnya dekat hutan banyak mencari lempuyang untuk diperjual-belikan karena memiliki nilai yang ekonomis.

Rajikun, salah seorang pencari lempuyang yang ditemui di gunung kitiran yang ikut kawasan Desa Clebung Kecamatan Bubulan mengatakan, ia setiap pagi berangkat dari rumah menuju hutan untuk mencari lempuyang.

Setengah hari mencari lempuyang di hutan Rajikun bisa mendapatkan lempuyang kurang lebih 70 kilogram yang sudah bersih dari tanah.

"Dapat bobot 70 kilogram itu mencarinya berdua dengan istri saya, saya yang mengambil dari tanah dan istri yang membersihkan dari tanah, setelah bersih langsung dimasukkan ke karung agar mudah membawanya," ujar bapak tiga anak itu.

Rajikun sendiri biasanya menjual lempuyang dalam keadaan masih basah. Lempuyang basah biasa dibeli dengan harga Rp2.500 perkilogram, sedangkan yang kering Rp6.000 perkilogramnya.

"Saya lebih suka jual lempuyang basah sebab tidak ribet dari hutan bisa langsung dijual, sedangkan kalau dikeringkan lempuyang juga banyak mengalami penyusutan, dari 70 kilogram bisa jadi tinggal 25 sampai 30 kilo saat kering," ujar pria asal Desa Kolong Kecamatan Ngasem itu. [her/mu]

Tag : lempuyang, hutan bojonegoro, sumber daya alam bojonegoro, hutan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more