09:00 . Diluncurkan, Ini Makna Logo Hari Jadi Bojonegoro ke-345   |   08:00 . Kerusuhan di Kanjuruhan, 127 Meninggal, Ini Kronologi Versi Penonton   |   17:00 . Cedera Smith Rowe, Arteta Menegaskan Arsenal Harus Membuat Keputusan   |   16:00 . Apa Kata Zodiakmu di Awal Bulan Oktober? Simak Ulasannya   |   13:00 . Panen Jagung Pulut, Bupati Harap Gerakan Potensi Lahan untuk Tanaman Pangan   |   09:00 . Makin Turun, Harga Telur Ayam Rp23 Ribu Per Kilogram   |   22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mulai Hari Ini Pemkab Bojonegoro Instruksikan PPKM Darurat

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 July 2021 09:00

Mulai Hari Ini Pemkab Bojonegoro Instruksikan PPKM Darurat

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19, di wilayah Jawa dan Bali serta tindaklanjut dari peraturan Gubernur, Kabupaten Bojonegoro termasuk dalam kriteria level 3, sehingga turut melaksanakan PPKM darurat yang berlaku mulai tanggal 3 hingga 20 Juli 2021.

Adapun ketentuan sebagai berikut, seluruh kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara darring, pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial seperti keuangan, perbankan, sistem pembayaran teknologi dan komunikasi maupun perhotelan diberlakukan 50 persen maksimum staf atau work from home (WFH) dengan protokol kesehatan.

"Sektor kritikal seperti logistik, transportasi dan industri makanan penunjang kebutuhan pokok masyarakat diberlakukan 100 persen maksimal staf work from office dengan protokol kesehatan," tegas Juru Bicara Gugus Tugas dan Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Trigono Sudjono Prio.

Lebih lanjut, untuk supermarket, swalayan, pasar tradisional dan toko kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari dilakukan pembatasan jam operasional hingga pukul 20.00 Wib dengan kapasitas pengunjung 50 persen. "Namun untuk apotik dan toko obat tetap buka selama 24 jam," imbuh Mantan Camat Gondang.

Pelaksanaan kegiatan di tempat umum seperti warung makan, rumah makan, cafe hingga lapak jajanan yang berlokasi pada pusat perbelanjaan minimal hanya menerima delivery dan tidak menerima makan di tempat atau dine-in.

Point berikutnya, bagi masyarakat yang menyelenggarakan resepsi pernikahan di tengah PPKM Darurat, hanya dihadiri 30 orang dengan ketentuan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

"Cafe dan resto di pusat perbelanjaan tidak menerima dine-in, untuk masyarakat yang menyelenggarakan resepsi hanya dihadiri beberapa orang keluarga dengan prokes," ungkap Juru Bicara Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro.

Pemberlakuan pembatasan juga berlaku di beberapa fasilitas umum yang sering dikunjungi masyarakat yakni, tempat wisata dan publik hingga tempat ibadah dilakukan penutupan sementara waktu, sebagai upaya menekan penyebaran covid-19.

"Jelang Idul Adha untuk penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di rumah pemotongan hewan serta pendistribusian daging dilakukan oleh panitia pelaksana kurban langsung ke rumah warga. Dengan ketentuan panitia kurban sudah melakukan swab antigen dengan hasil negatif," sambungnya.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi jarak jauh baik pesawat, bus dan kereta api harus menunjukkan dokumen kesehatan seperti PCR H-2 untuk pesawat serta antigen H-1 untuk moda transportasi jarak jauh lainnya. "Masyarakat yang telah melakukan vaksinasi bisa menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama," ucapnya.

Ia berpesan, di tengah merangkaknya angka covid-19 diharapkan masyarakat bisa terus meningkatkan kewaspadaan dini dengan tetap disiplin protokol kesehatan, baik menjaga jarak, menggunakan masker saat beraktivitas hingga rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Harapan kami masyarakat Bojonegoro terus meningkatkan rasa disiplin terhadap peraturan pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari," pesannya.

Sementara itu, berdasarkan data dari satgas covid-19 Kabupaten Bojonegoro per tanggal 2 Juli 2021, total kasus konfirmasi positif kumulatif sebanyak 1.931 orang, meliputi aktif dirawat sebanyak 103 orang, sembuh 1.770 orang dan meninggal dunia sebanyak 58 orang. Untuk kasus suspect sebanyak 189 orang. [liz/mu]

Tag : PPKM Darurat, pembatasan kegiatan masyarakat, ppkm kabupaten bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat