Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Prodi Bahasa dan Sastra Arab UNU Sunan Giri Bojonegoro Menggelar Workshop

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 October 2021 15:00

Prodi Bahasa dan Sastra Arab UNU Sunan Giri Bojonegoro Menggelar Workshop Pelaksanaan workshop Penulisan dan Penerjemahan Bahasa Arab Berbasis Media Pembelajaran Virtual di Era Digital 4.0. (Foto: LPIK UNU Sunan Giri Bojonegoro untuk blokBojonegoro.com)

Pengirim: Firda Wahdani   

blokBojonegoro.com - Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Syariah dan Adab Universitas Nahdlatul Ulama’ Sunan Giri Bojonegoro mengadakan Workshop Bahasa Arab, Kamis (7/10/2021). Kegiatan yang dilaksanakan di Fave Hotel Bojonegoro tersebut mengusung tema “Penulisan dan Penerjemahan Bahasa Arab Berbasis Media Pembelajaran Virtual di Era Digital 4.0".

Workshop kali ini dihadiri secara terbatas oleh 37 mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab angkatan 2017 dan 2018, serta mengundang dosen di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Ahmad Makki Hasan, M.Pd. sebagai narasumber utama.

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama’ Sunan Giri Bojonegoro, H. M. Jauharul Ma'arif, M.Pd.I. membuka acara tersebut secara langsung. “Selamat dan sukses atas terselenggaranya Workshop Kepenulisan dan Penerjemahaan Bahasa Arab 2021. Semoga mahasiswa dapat memetik manfaat dan keberkahan pada kegiatan ini,” harapnya.

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Ahmad Makki Hasan, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa Revolusi Industri 4.0 membawa banyak peluang dan tantangan yang berbeda dari revolusi-revolusi sebelumnya. Hal tersebut ditandai dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi digital yang memudahkan setiap lapisan masyarakat untuk berinteraksi atau terhubung satu dengan yang lainnya.

Dalam sektor pendidikan, adanya revolusi ini ditandai dengan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran, baik hybrid learning, maupun blended learning. Tidak hanya itu, munculnya berbagai istilah seperti pendidikan berbasis online, Virtual Education Class (kelas virtual), E-Content, E-Lecturer, E-Learning, E-Cours, Distance Learning, Web Based Education, dan lain sebagainya.

Bukan hanya melahirkan model pembelajaran online, tetapi hadirnya revolusi teknologi ini juga menyebabkan komponen-komponen dalam pembelajaran mengalami perkembangan, seperti materi pembelajaran, metodologi, media pembelajaran, bahkan alat evaluasi hasil belajar sangat bervariasi. Berikut juga media pembelajaran yang dapat memudahkan bagi guru, mahasiswa maupun semua kalangan untuk belajar menerjemahkan bahasa Arab.

Pemaparan materi dari narasumber kali ini menggugah minat para mahasiswa Prodi BSA untuk terus mendalami duni penerjemahan bahasa Arab. Pasalnya Ahmad Makki Hasan, M.Pd. mengajak mahasiswa praktek melakukan penerjemahan secara langsung melalui media pembelajaran virtual.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro

Tag : unu, sunan giri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini