07:00 . Alih-alih Menyehatkan, Peneliti Temukan Jus Buah Berkaitan dengan Risiko Kanker!   |   19:00 . BAZNAS Bojonegoro Gelar Tes Skill untuk Calon Penerima Beasiswa Genius S1   |   18:00 . Pemkab Bojonegoro Akan Membangun Frontage Road dan Flyover   |   17:00 . Pelajar SMKN 2 Antusias Ikuti Program Goes To School oleh PWI Bojonegoro   |   16:00 . Antisipasi Gagal Panen, 2472,73 Hektare Sawah di Baureno Terdaftar Asuransi   |   15:00 . Aklamasi, Rokhim Nahkodai GP Ansor Tanjungharjo   |   14:00 . Dukung Kemudahan Berwirausaha, Ademos dan Sampoerna Luncurkan Klinik UMKM   |   13:00 . Dandim 0813, Apresiasi Pembangunan di Bojonegoro   |   07:00 . 3 Jenis Trauma yang Bisa Dialami Anak Akibat Pola Asuh yang Keliru   |   20:00 . 103 Desa Berstatus Mandiri Di Bojonegoro, Disiapkan Menjadi Pilot Project   |   19:00 . Hari Gizi Nasional, CEC Gelar Bazar Minyak Goreng dan Gula Murah   |   18:00 . PMI Bantu Bangunkan Huntara Bagi Pengungsi Gunung Semeru   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Muda di Bojonegoro Meningkat   |   16:00 . Dinsos Bojonegoro Buka Suara Terkait Saldo Bansos Rp0   |   15:00 . Naik Lagi, Harga Emas Antam 25 Januari Rp947.000 per Gram   |  
Thu, 27 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jalin Silaturahmi Asosiasi Pengrajin Batik Bojonegoro Belajar Batik Bledak Sogan Bojonegaran

blokbojonegoro.com | Saturday, 27 November 2021 09:00

Jalin Silaturahmi Asosiasi Pengrajin Batik Bojonegoro Belajar Batik Bledak Sogan Bojonegaran Foto: praktek pewarnaan batik

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pelaku ekonomi kreatif di sektor kriya yang ada di Kota Migas, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro (Pemkab) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar silaturahmi bersama dengan Asosiasi Batik Bojonegoro yang dikemas dengan Workshop Proses Kreasi, Produksi, Distribusi, Konsumsi dan Konservasi, berbasis Lokal Batik Bledak Sogan Bojonegaran.

Kegiatan kali ini, merupakan tindak lanjut Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro nomor 36 tahun 2021 tentang Busana Khas Daerah, dan nantinya para peserta akan fokus pada teknik pewarnaan jarit Batik Bledak Sogan dengan latar putih dan bermotif Bojonegaran, yang akan digunakan pada busana khas Daerah Bojonegoro.

Peserta yang mengikuti kegiatan workshop ini sejumlah 30 orang yang merupakan anggota Asosiasi Batik Bojonegoro dan perwakilan dari Pengrajin Batik Se-Kabupaten Bojonegoro, Selasa (23/11/2021) di kediaman Eny Kusnuryati yang merupakan Ketua Asosiasi Batik Bojonegoro, Desa/Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.

Narasumber dalam workshop yaitu Sugeng Wardoyo, pria kelahiran Kota Surakarta itu merupakan staf pengajar di Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif, Disbudpar Bojonegoro, Eko Subiyono mengatakan, workshop ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan tentang teknik pewarnaan jarit Batik Bledak Sogan dengan latar putih dan bermotif bojonegaran dan memberikan penguatan tata kelola bisnis batik sebagai produk ekonomi kreatif berbasis budaya lokal.

"Selain itu juga memberikan wawasan dan pemahaman kepada pengrajin batik se- Kabupaten Bojonegoro tentang jarit batik bledak sogan, yang nantinya akan digunakan pada busana khas Daerah Bojonegoro," papar Eko.

Adapun tujuan kegiatan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif sub sektor kriya (pengrajin batik) berbasis budaya lokal dalam upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro untuk mendukung program pariwisata di Kabupaten Bojonegoro.

"Serta membangun konsep model bisnis ekonomi kreatif untuk pelaku ekonomi kreatif dari sub sektor kriya khususnya pengrajin batik di Kabupaten Bojonegoro ini," ujarnya

Lanjut Eko, tujuanya agar untuk menyamakan persepsi, menjalin silaturahmi dan komunikasi terhadap arah dan strategi pengembangan bisnis antara Pemerintah Kabupaten dengan para pelaku ekonomi kreatif sub sektor kriya, khususnya pengrajin batik pada situasi Pandemi Covid-19, untuk dapat menghasilkan rencana aksi yang akan dilaksanakan oleh masing-masing pihak. [riz/mu]

 

Tag : pengrajin batik bojonegoro, batik bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 25 January 2022 12:00

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru Setelah membuka donasi 'Peduli untuk Mahameru' sejak Senin (6/12/2021) lalu, blokBojonegoro.com (bB) menyalurkan hasil donasi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Selasa (25/1/2022)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat