Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi

blokbojonegoro.com | Monday, 29 November 2021 22:00

BPBD Imbau Warga Waspada Hujan dengan Intensitas Tinggi Banjir menggenangi permukiman dan jalan protokol Kota. (Foto: blokbojonegoro.com/Rizky Nur Diansyah)

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, menghimbau masyarakat agar waspada terhadap bencana alam yang secara Tiba-tiba terjadi, Hal itu berdasarkan peringatan dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro melalui Sekretaris BPBD Bojonegoro, Zaenul Ma’arif menyampaikan, dengan adanya curah hujan yang sangat tinggi serta melihat kondisi geografis Bojonegoro yang 40 persen merupakan lahan hutan yang mayoritas vegetasinya sudah sangat menipis, itu berpotensi besar terjadi banjir bandang jika hujan lebat turun.

“Seperti yang telah terjadi beberapa hari lalu di wilayah Pelosok Kabupaten Bojonegoro meliputi Kecamatan Gondang, Sekar, Tambakrejo, Malo serta Kedewan,” ucapnya saat ditemui awak media bB.

Zaenul melanjutkan, melihat garis Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro sangat panjang juga akan berpotensi menyebabkan banjir jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi di daerah hulu yakni Kota Solo dan sekitarnya kalau debit sungai Bengawan Solo tinggi pasti banyak wilayah Bojonegoro yang tergenang.

“Karena Kabupaten Bojonegoro ini termasuk berada pada wilayah hilir,” ujarnya.

Data tertinggi BPBD Bojonegoro di tahun 2017 ada sekitar 126 desa yang tergenang banjir ketika debit sungai Bengawan Solo mengalami peningkatan. Dengan adanya perubahan kategori siaga 1,2, dan 3 dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, yang semula siaga merah di angka 15 menjadi siaga merah diangka 14. Pihaknya mengimbau kepada warga yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo untuk selalu waspada apabila terjadi kenaikan debit air.

“Kami juga tiada henti melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait banjir Bengawan Solo,” pungkas Zainul Ma’arif.

Maka dari itu, bagi warga Bojonegoro yang tinggal di wilayah yang berada di Daerah dataran tinggi dan di bantaran bengawan solo, diharapkan agar tetap waspada dan selalu siap siaga, jika bencana alam sewaktu-waktu terjadi. [riz/col]

 

 

Tag : BPBD, jalan, motor, banjir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini