13:00 . Oleng, Truk Tronton Tabrak Dua Pemotor di Balen   |   12:00 . Total 38 Guru Lulus Sebagai Pengajar Praktik Kurikulum Merdeka Belajar   |   09:00 . Dikenal Cerdas Sosok Prof Widodo di Mata Teman SMAnya   |   07:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DKPP Bojonegoro Beri Pelatihan pada Poktan Sekar Kembangkan Bunga Krisan

blokbojonegoro.com | Sunday, 28 November 2021 12:00

DKPP Bojonegoro Beri Pelatihan pada Poktan Sekar Kembangkan Bunga Krisan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro melakukan pelatihan kepada kelompok tani budidaya bunga Krisan di Desa Klino, Kecamatan Sekar.

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tak hanya menjadi hiasan pada meja ruang tamu maupun rangkaian pada bucket bunga, kini bunga krisan yang dikenal dengan keindahan bunganya dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomis.

Bahkan untuk mengembangkannya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro (DKPP) melakukan pelatihan kepada kelompok tani budidaya bunga Krisan di Desa Klino, Kecamatan Sekar.

Pelatihan ini terfokus pada cara mengolah hasil pasca panen bunga krisan menjadi berbagai produk makanan dan minuman herbal yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Serta memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DKPP) Bojonegoro, Imam Nurhamid, mengatakan bahwa pelatihan pasca panen dan pengolahan hasil bunga krisan sebagai upaya memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan kelompok tani.

Adanya pelatihan ini, para petani bisa meningkatkan nilai pasca panen. Selain itu pelatihan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan perlakuan bunga krisan setelah dipanen. "Dengan harapan bunga krisan bisa bertahan lebih lama mulai dari petani, florist serta konsumen," tegas Imam Nurhamid.

Imam Nurhamid juga menjelaskan, faktor utama dalam menjaga tanaman krisan agar tetap bermutu adalah saat panen dan pasca panen yang tepat.

Di antaranya, penanganan pasca panen meliputi pengumpulan bunga yang telah dipanen, hingga pengikatan, pembungkusan, perendaman, penyimpanan dan pengepakan serta pengiriman.

"Sedangan pelatihan pengolahan hasil bunga Krisan diberikan agar kelompok tani dapat menghasilkan produk sekunder dari bunga Krisan," tutur Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DKPP) Bojonegoro.

Sedangkan, produk sekunder yang bisa dihasilkan dari tanaman Krisan yaitu bagian daun dan bunga. Serta beberapa hasil olahan yang diberikan dalam pelatihan meliputi, teh bunga Krisan, minuman instan dan permen hingga peyek daun Krisan. "Bunga dan daun Krisan ternyata dapat diolah menjadi makanan yang sedap dan berkhasiat pula," ucap Nur Hamid.

Sementara itu, Kepala Desa Klino, Dwi Nurhayanti menuturkan kelompok tani budidaya Krisan sangat senang sekali dan antusias dalam pelatihan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah melalui DKPP.

"Semoga dengan adanya peningkatan kreatifitas dan inovasi dari olahan bunga Krisan menjadikan ciri khas dari Desa Klino nantinya," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Pelatihan, bunga, krisan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat