07:00 . Alih-alih Menyehatkan, Peneliti Temukan Jus Buah Berkaitan dengan Risiko Kanker!   |   19:00 . BAZNAS Bojonegoro Gelar Tes Skill untuk Calon Penerima Beasiswa Genius S1   |   18:00 . Pemkab Bojonegoro Akan Membangun Frontage Road dan Flyover   |   17:00 . Pelajar SMKN 2 Antusias Ikuti Program Goes To School oleh PWI Bojonegoro   |   16:00 . Antisipasi Gagal Panen, 2472,73 Hektare Sawah di Baureno Terdaftar Asuransi   |   15:00 . Aklamasi, Rokhim Nahkodai GP Ansor Tanjungharjo   |   14:00 . Dukung Kemudahan Berwirausaha, Ademos dan Sampoerna Luncurkan Klinik UMKM   |   13:00 . Dandim 0813, Apresiasi Pembangunan di Bojonegoro   |   07:00 . 3 Jenis Trauma yang Bisa Dialami Anak Akibat Pola Asuh yang Keliru   |   20:00 . 103 Desa Berstatus Mandiri Di Bojonegoro, Disiapkan Menjadi Pilot Project   |   19:00 . Hari Gizi Nasional, CEC Gelar Bazar Minyak Goreng dan Gula Murah   |   18:00 . PMI Bantu Bangunkan Huntara Bagi Pengungsi Gunung Semeru   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Muda di Bojonegoro Meningkat   |   16:00 . Dinsos Bojonegoro Buka Suara Terkait Saldo Bansos Rp0   |   15:00 . Naik Lagi, Harga Emas Antam 25 Januari Rp947.000 per Gram   |  
Thu, 27 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak

blokbojonegoro.com | Monday, 29 November 2021 18:00

Diterjang Angin, Puluhan Hektare Tanaman Padi di Bojonegoro Rusak Puluhan haktare padi rusak. (Foto: blokbojonegoro.com/Lizza Arnofia)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Akibat hujan deras yang disertai angin kencang, tanaman padi di Kabupaten Bojonegoro rusak. Sebagaimana terlihat, pada puluhan hektare tanaman padi di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. 

Di desa ini, tanaman padi yang berusia hampir 3 bulan roboh setelah hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (28/11/2021) sore kemarin. 

Bahkan sejumlah petani terpaksa mengikat tanaman padi yang roboh agar tidak terendam air bila terjadi hujan kembali. Jika tidak diikat, tanaman padi yang roboh akan membusuk dan membuat para petani merugi.  

Menurut penuturan Sutiah, salah seorang Petani asal Desa Padang, padi miliknya roboh akibat terpaan angin kencang yang terjadi kemarin sore dan kejadian ini baru pertama kali ia alami. "Biasanya padi rusak akibat serangan hama wereng, namun kali ini rusak akibat terpaan angin kencang disertai hujan," tegas Sutiah. 

Sementara itu, harga jual padi saat ini dirasa cukup murah oleh para petani. Dengan kisaran Rp4.300 per kilogram atau sangat jauh dadi harapan para petani yakni Rp 5.000. "Harga padi sekarang turun Rp 4.300 per kilogram, ditambah curah hujan yang cukup tinggi," imbuhnya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Munasir, petani asal Desa Padang juga, padi rusak akibat terpaan angin kencang, selain itu juga diperparah dengan serangan hama. 

Menurut dia, peristiwa ini merupakan bencana atau sebab kejadian ini baru pertama kali terjadi di lahan persawahan milik petani yang berada di Desa Padang. 

"Kami hanya bisa pasrah jika peristiwa kemarin, dimana hujan deras disertai angin kencang merusak tanaman padi. Upaya yang kami lakukan hanya mengikat padi yang telah roboh supaya tidak membusuk. Dan tentu secara materiil kami merugi," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Hujan, deras, padi, rusak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 25 January 2022 12:00

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru Setelah membuka donasi 'Peduli untuk Mahameru' sejak Senin (6/12/2021) lalu, blokBojonegoro.com (bB) menyalurkan hasil donasi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Selasa (25/1/2022)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat