13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sinergi dengan Poktan Ngrejeng, KKN Unugiri Produksi Pupuk Kompos

blokbojonegoro.com | Friday, 18 February 2022 20:00

Sinergi dengan Poktan Ngrejeng, KKN Unugiri Produksi Pupuk Kompos Pupuk kompos yang diproduksi oleh para Mahasiswa peserta KKN Unugiri bekerjasama dengan masyarakat.

 

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Kelompok 36 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unugiri Desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari, berhasil memproduksi pupuk kompos hasil pelatihan kerjasama dengan Kelompok Tani (Poktan), dan Ustan Mandiri. Hasil akhir produksi secara simbolis diberikan saat penutupan KKN di Balaidesa Ngrejeng, Jumat (18/2/2022).

Turut hadir dalam penutupan KKN 36 Ngrejeng, Camat Purwosari Moh Saipul beserta Kasi PMD M Aris H, Kades Ngrejeng Arif Yanuar Andika P beserta perangkat, DPL KKN Unugiri Dr. Hj. Sri Minarti, M.Pd.I., dan Usman Roin, M.Pd., Ketua Ustan Mandiri, Ketua Poktan, Ibu PKK, BPD, Katua jamiyyah tahlil, karang taruna, serta PR IPNU-IPPNU Desa Ngrejeng.

Koordinator Desa (Kordes) KKN Desa Ngrejeng Ahmad Afri Wijananto mengatakan, pupuk kompos hasil pelatihan Jumat (28/1/2022) kepada tiga Poktan pasca fermentasi selama 15 hari telah jadi 47 bungkus.

"Pasca pelatihan pupuk kompos kepada Kelompok Tani (Poktani) Ngrejeng, kerjasama dengan Ustan Mandiri sebagai pemateri, alhamdulillah hasilnya kali ini bisa kami bagikan kepada perwakilan Poktan, Lurah beserta perangkat, juga ada yang terjual," ungkapnya.

Ditambahkan, prioritas pupuk kompos dijadikan program utama karena potensi Poktan banyak yang memiliki hewan ternak baik kambing dan sapi.

"Poktan yang memiliki hewan ternak setelah kami himpun ada 899 dari 1.124 KK. Karenanya, kami fokuskan sebagai program utama memproduksi pupuk kompos agar potensi kotoran ternak yang dihasilkan bisa diolah, lalu hasilnya bisa digunakan para petani sebagai penyubur lahan pertanian dan media tanam polibag," imbuhnya.

Pada acara yang sama, Moh Saipul selaku Camat Purwosari pada sambutannya menyampaikan, walau singkat tim KKN mendarmabaktikan ilmunya, kualitas pengabdian sangat baik dari sisi kemanfaatan dan keberlanjutan, yakni menggali potensi lokal untuk kepentingan petani.

"Pilihan tema program utama berbasis keramahan alam, ini menjadi hal yang menarik. Persoalan ketersediaan pupuk, selalu menjadi persoalan pemerintah. Belum lagi, masih minimnya kesadaran petani, saat mengolah pertanian menggunakan bahan ramah alam. Tapi selalu bergantung kepada pupuk kimia. Atas capaian ini, terima kasih untuk adik-adik", ungkapnya.

Saipul berharap, penutupan ini awal dari pengenalan. Apalagi, mahasiswa yang KKN manyoritas berasal dari Purwosari. Terhadap program unggulannya lanjutkan untuk memantik petani mandiri, berdikari, kreatif memanfaatkan kotoran ternak untuk kemanfaatan pertanian.

Adapun Kades Ngrejeng Arif Yanuar Andika juga turut mengucapkan terima kasih dan siap menerima dengan lapang dada bilamana ada mahasiswa KKN UNUGIRI di desanya.

"Melihat kerjasama dan bentuk kegiatan adik-adik KKN UNUGIRI, saya mempersilahkan bilamana Desa Ngrejang ditempati lagi. Atas segala jerih payah adik-adik semua, saya ucapkan terima kasih," ujarnya. 

Senada dengan Kades, Dosen Pembimbing Lapangan Dr Hj Sri Minarti sangat bangga kepada mahasiswa KKN di Desa Ngrejang atas kolaboratifnya dengan stakeholder demi menelurkan potensi lokal menjadi program unggulan.

"Di era 5.0, berbaur dan kerjasama menjadi cirinya. Tidak ada yang bisa sukses tanpa kerjasama atau berkolaborasi dengan orang lain. Karenanya, ibu bangga atas kerjasama anak-anakku dengan Poktani, Ustan Mandiri, menghasilkan produk pupuk kompos. Belum lagi kerjasama dengan Madrasah, Madin, ibu-ibu PKK, Karang Taruna, Kelurahan, ini pengatahuan praktik lapangan yang berhasil dilakuan," tuturnya.

Diakhir acara penutupan KKN, secara simbolis diserahkan produk pupuk kompos kepada Poktan Suka Mukti Nglegok, Poktan Suka Makmur Ngrejeng, dan Poktan Suka Bakti Clili. [lin/lis]

 

Tag : Kompos, produksi, mahasiswa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat