20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |   08:00 . Pesan PJ Bupati : Selamat Lebaran, Maknai Idul Fitri dengan Kesucian Hati   |   05:00 . Sambutan Pj. Bupati Bojonegoro Pada Salat Idul Fitri 1445 H   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Perekonomian Petani Jamur, Pemdes Klampok Berinsiatif Lebarkan Sayap Usaha

blokbojonegoro.com | Thursday, 10 March 2022 13:00

Tingkatkan Perekonomian Petani Jamur, Pemdes Klampok Berinsiatif Lebarkan Sayap Usaha

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Klampok, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Terus berusaha menggali dan mengembangkan potensi ekonomi masyarakat, salah satu potensi yang dikembangkan saat ini yakni budi daya jamur tiram.

Kepala Desa Klampok, Agus Suprianto mengungkapkan budi daya jamur tiram yang dilakukan oleh warga sudah dilakukan sejak 10 tahun terakhir. Namun, karena masih kurangnya pembinaan dan pengarahan dalam melakukan budi daya serta pengolahan hasil budi daya.

"Kegiatan tersebut terlihat kurang bisa berkembang. Tahun ini mencoba untuk menggandeng petani-petani jamur tiram untuk lebih mengembangkan usahanya," tegas Kades Klampok.

Bahkan, selama tentang waktu 10 tahun tersebut dahulu ada sekitar 20 petani yang menggeluti usaha budidaya jamur tiram. Namun, saat ini setidaknya terdapat 5 warga yang masih menggeluti budi daya jamur tiram.

Serta, beberapa kendala yang dihadapi berupa penurunan produksi pada saat musim kemarau, kurang luasnya lahan untuk budi daya jamur tiram. Selain itu pengolahan hasil budi daya yang kurang kreatif serta pengemasan yang kurang menarik.

"Masalah produktifitas yang berkurang saat musim kemarau juga menjadi kendala serta permodalan. Harapan kami, tentu ingin meningkatkan pengolahan hasil budi daya menjadi lebih bagus dan kreatif," tuturnya.

Bahkan, sebagian petani sebenarnya sudah ada yang mencoba untuk mengolah menjadi jamur krispi. Namun karena pengemasan kurang menarik, sehingga jarang dilirik oleh pasaran/market.

Untuk terus mengembangkan usahanya, termasuk produksi jamur tiram. Pemdes Klampok saat ini juga tengah membangun rumah makan di sebelah balai desa. Dengan tujuan dapat  membantu pemasaran para petani jamur tiram.

"Nantinya akan disediakan beragam menu kuliner yang berasal dari jamur tiram. Berupa sate, tumis, botok hingga jamur krispi. Serta perlu inovasi untuk pengolahan jamur tiram," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : budi daya, jamur, tiram, klampok, bojonegoro, kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat