15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |   13:00 . Matsagabo Gelar Haflah Akhirussanah dan Wisuda Purna Siswa ke-29   |   08:00 . Pilkada Bojonegoro 2024: Gerindra Jatim Tunjuk Sahudi sebagai Wakil Anna Muawanah   |   16:00 . Hendak Jumatan, Seorang Jamaah Haji Asal Bojonegoro Wafat di Masjidil Haram   |   09:00 . WR III Unugiri Tekankan Hal Ini Saat Acara Pekan Prestasi Mahasiswa   |   20:00 . Maju Pilbub Bojonegoro 2024, Segini Dana yang Perlu Disiapkan   |   19:00 . EMCL dan GP Ansor Sinergi Bangun Infrastruktur Desa   |   18:00 . Silon Dibuka Kembali, Bapaslon Nurul-Nafik Yakin Berkas Dukungan Melebihi Persyaratan   |   17:00 . Dua Putri Unugiri Juara 1 Lomba Puisi Tingkat Nasional   |   12:00 . Pertumbuhan Kredit 2024 Diproyeksikan Mencapai Batas Atas 10 Sampai 12%   |   11:00 . MI Islamiyah Kepoh Gelar PERBUMIS   |   10:00 . Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management   |   09:00 . Inilah Ketentuan Iuran Sistem KRIS Pengganti Kelas BPJS Kesehatan 2024   |   08:00 . Legalitas NIB Hingga Sertifikasi Halal Permudah UMKM Lebarkan Sayap   |  
Sun, 26 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemantapan Implementasi SIAK, Dirjen Dukcapil Kemendagri Lakukan Kunjungan

blokbojonegoro.com | Monday, 06 June 2022 15:00

Pemantapan Implementasi SIAK, Dirjen Dukcapil Kemendagri Lakukan Kunjungan

 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakhrulloh melakukan kunjungan ke Kantor Dukcapil Kabupaten Bojonegoro.

Kunjungan Dirjen Dukcapil Kemendagri ke Bojonegoro kali ini, dalam rangka pemantapan implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat guna menyongsong penerapan identitas digital di Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Dukcapil, Yayan Rohman memaparkan bahwa program Dukcapil melayani sepenuh hati telah bergeliat sejak 2020. Pelayanannya pun sudah ada di 28 Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro.

"Dan Bupati Bojonegoro ingin ada layanan di desa, yang kemudian di tahun 2022 ini ingin mengembangkan layanan yaitu dengan nama Panah Srikandi," kata Yayan memaparkan program di kantornya, Jalan Pattimura No. 26A Sumbang, Minggu (5/6/2022) sore kamarin.

Panah Srikandi merupakan kepanjangan dari Pelayanan ramah sistem registrasi integrasi. Yang mana dalam pelaksanaannya dilakukan semacam ada loket atau kios di desa, yang hanya menerima pendaftaran.

Keinginan itu disambut baik oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh. Akan tetapi, pemakaian 'registrasi' dalam program Panah Srikandi tersebut agaknya diubah sebab belum sesuai dengan sistem maupun aturan yang berlaku.

Dirjen Zudan juga membahas detail semua persoalan genting yang saat ini kebanyakan dialami Dukcapil di masing-masing wilayah Kabupaten maupun kota. Termasuk pelayanan Dukcapil di Kota Migas, Bojonegoro ini.

"Silakan, kita diskusikan secara terperinci dan detail secara langsung. Bojonegoro ada KTP WNA? atau akte kutipan kedua? Jika ada yang ditanyakan, monggo," ucap Zudan membuka sharing dalam kunjungannya yang dihadiri segenap Kabid beserta staf Dinas Dukcapil Bojonegoro.

Semua pertanyaan dari masing-masing bidang di Dukcapil terjawab gamblang oleh Dirjen Dukcapil. Mulai dari kebiasaan sistem jaringan dan proxy yang error, sistem manajemen ketersediaan blangko, juga pelayanan-pelayanan dokumen kependudukan lainnya.

Dirjen Zudan juga mengapresiasi kinerja dari segenap tim Dinas Dukcapil Bojonegoro. Sebab, kinerja Dinas Dukcapil Bojonegoro saat ini berada di level 4 yang termasuk kategori level terbaik.

"Saya ingin mengapresiasi teman-teman, kan bagus nih sudah level 4. Nah, dipertahankan karena besok minggu pertama bulan Juli kita akan mengumumkan leveling lagi," papar Dirjen Dukcapil Kemendagri yang dikenal humoris itu.

Data yang dihimpun blokBojonegoro.com dari laman web resmi Dukcapil Kemendagri meneyebutkan, hingga 31 Maret 2022 ada 4 Disdukcapil Provinsi yabg berhasil menempati Level 4 (Level Terbaik). Satu di antaranya adalah Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, sebanyak 22 Disdukcapil Provinsi berada di Level 3 (Level Baik), sebanyak 8 Disdukcapil Provinsi di Level 2 (Level Buruk) dan tidak ada yang berada di Level 1 (Level Terburuk). [feb/lis]

 

Tag : Dirjen, Disdukcapil



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat