Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Desa dan Kecamatan Layak Anak Bojonegoro 2022 Capai 389

blokbojonegoro.com | Monday, 20 June 2022 16:00

Desa dan Kecamatan Layak Anak Bojonegoro 2022 Capai 389

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Anak merupakan generasi penerus bangsa yang hak-haknya dilindungi oleh Perundang-undangan, serta berhak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kabupaten Bojonegoro telah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), pada 26 November 2014. Deklarasi ini merupakan wujud nyata komitmen seluruh pihak dalam mewujudkan Kabupaten Bojonegoro layak anak.

Kabupaten Layak Anak (KLA) dapat terwujud apabila seluruh kecamatan dan desa/kelurahan telah memenuhi indikator layak anak. Setiap tahun Kabupaten Bojonegoro menentukan jumlah kecamatan dan desa/kelurahan sebagai Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan Desa/Kelurahan Layak Anak (Dekela).

Kepala Dinas P3AKB Bojonegoro, Heru Sugiharto mengungkapkan, di tahun 2022 jumlah Dekela sebanyak 366 desa/kelurahan dengan capaian 85 persen, sedangkan jumlah Kelana sebanyak 23 kecamatan di Bojonegoro, dengan capaian sebesar 82 persen.

"Indikator Kabupaten layak anak tidak ada klasifikasi kategori untuk Dekela/Kelana. Tetapi ada indikator yang harus dipenuhi, sehingga desa/kelurahan, kecamatan tersebut layak disebut sebagai Dekela/Kelana," ungkap Heru Sugiharto.

Selanjutnya, indikator-indikator yang mendukung capaian Dekela yaitu adanya forum anak, kepemilikan akta kelahiran >90 persen, penanganan kasus gizi buruk, penangan stunting, memiliki ruang baca atau layanan informasi layak anak. Hingga taman bermain, memiliki PAUD dan kawasan bebas asap rokok.

"Indikator Kelana, adanya forum anak, kepemilikan akta kelahiran lebih dari 90 persen, pencegahan stunting. Serta taman bermain, mendapatkan pendidikan formal/informal hingga pencegahan gizi buruk," tutupnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Desa, layak, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini