08:00 . Ruwatan Massal di Bojonegoro Kembali Digelar, Ini Jadwalnya   |   07:00 . Menabung Saja Tidak Cukup, Ini Tips Ajarkan Anak Kelola Uang dengan Tepat   |   06:00 . Berani Bermimpi dan Gigih Menjemput Masa Depan   |   22:00 . Mendag Zulhas: Perjanjian Indonesia–UAE CEPA Ditandatangani, Upaya Tingkatkan Ekspor   |   21:00 . Roadshow, PMI Bojonegoro Lakukan Pembinaan dan Orientasi Pengurus Kecamatan   |   20:00 . Gubernur Lantik Komite Komunikasi Digital (KKD) Jatim   |   19:00 . Perangi Hoaks, Gubernur Jatim Lantik Komite Komunikasi Digital   |   18:00 . Program Agrosilvopastura, PEPC Inisiasi Kesadaran Kolektif Masyarakat Lestarikan Lingkungan   |   12:00 . Momen Hari Bhayangkara, Bupati Anna Ucapkan Selamat Kepada Pejuang Indonesia   |   11:00 . Negara Hadir, Pemerintah Bayar Kompensasi Rp64.5 T, Perkuat Arus Kas Pertamina, Proteksi Daya Beli Masyarakat   |   10:00 . Jelang Idul Adha Harga Telur Ayam Ras Naik   |   09:00 . Kawula Muda, Yuk Ikuti Dance Competition Ngelenyer Piala Bupati Bojonegoro 2022   |   08:00 . Bupati Anna Terbitkan SE Jam Kerja Terbaru Bagi Para ASN Pemkab Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Marahi Anak yang Berbohong, Begini 3 Langkah Menghadapinya   |   20:00 . Tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina Pamerkan Karya Lansia Produktif   |  
Sat, 02 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PSN, Ratusan Warga Akan Terdampak Relokasi Bendungan Karangnongko

blokbojonegoro.com | Monday, 20 June 2022 18:00

PSN, Ratusan Warga Akan Terdampak Relokasi Bendungan Karangnongko

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di Bojonegoro direncanakan akan dibangun Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Bendungan Gerak Karangnongko dan Bendungan Pejok. Jika sesuai tahapan, rencananya pembangunan dimulai pengerjaan tahun 2023 mendatang. 

Kapan mulainya pembangunan ditentukan oleh Pemerintah Pusat. 

Sebagai persiapan beberapa hari yang lalu sudah dilakukan koordinasi Terkait pembangunan infrastruktur sumber daya air itu di Kabupaten Bojonegoro. 

"Kita membahas poin penting seperti mekanisme dalam proses pembangunan," ungkap Kepala Dinas PU SDA Bojonegoro, Erick Firdaus. 

Salah satu poin yang dibahas adalah kendala dalam pembebasan lahan, pembahasan teknis, opsi solusi yang akan dilakukan menyesuaikan budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Bojonegoro. 

"Amdal dan Larap pembangunan Bendungan Pejok yang dilaksanakan oleh Dinas PUSDA Kabupaten Bojonegoro pada tahun anggaran 2022. 

Merupakan satu rangkaian readiness criteria dari review desain yang sudah dilaksanakan," ucapnya. 

Sementara itu, pembebasan lahan Bendung Gerak Karangnongko di Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro ditargetkan akan selesai tahun 2022 ini. Setidaknya, terdapat 700 kepala keluarga (KK) di dua desa yang akan terdampak pembebasan lahan yakni warga di Desa Ngelo dan Kalangan.

"Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko membutuhkan lahan seluas 2.942.713 meter persegi. Tahun ini, rencananya pembebasan lahan ditargetkan selesai. Agar pembangunan bendungan segera dikerjakan," terpisah Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti. 

Dia mengatakan, untuk rincian luas lahan yang akan dibebaskan yakni Desa Kalangan seluas 1.074.394 meter persegi dan Desa Ngelo seluas 1.868.319 meter persegi. Luas lahan tersebut nantinya akan digenangi air dari Bendungan Karangnongko.

Bahkan, setidaknya terdapat sebanyak 700 kepala keluarga (KK) yang akan terdampak pembangunan bendungan ini. Namun, dari pemerintah akan mengganti untung agar warga yang terdampak dapat membeli tanah kembali.

"Warga juga mendapat ganti rugi berupa materiil dari pemerintah. Karena Bendungan Karangnongko ini juga ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN)," tambahnya. 

Selain digunakan sebagai kepentingan umum pembangunan Bendung Gerak Karangnongko. Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yakni memperbaiki daya saing ekonomi hingga lingkup regional sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan.

"Juga tujuan pembangunan Bendung Gerak Karangnongko untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mulai dari penyediaan air baku dan irigasi, serta dalam rangka pengendalian banjir," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Bendungan, Karangnongko, pembangunan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat