21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |   11:00 . Pengguna Jalan Dihimbau Pilih Jalur Alternatif   |   10:00 . Jalan Nasional Bojonegoro-Babat Terendam Banjir, Macet Mengular   |   09:00 . Kolaborasi Stakeholder, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemenkes   |   21:00 . Malam Ini Debit Air Waduk Pacal dan Bengawan Solo Meningkat   |   20:00 . Inisiasi Pengembangan Vinglish Melalui Riset   |   19:00 . Live : Bojonegoro Fashion Street and Veggie   |   18:00 . Pahlawan Perjuangan di Bojonegoro, Abadi Dalam Nama Jalan dan Fasum   |   17:00 . Aneka Olahan Jambu dan Mawar Desa Kalangan Juga Dipamerkan di Bojonegoro Fashion Street Fruit and Veggie   |  
Sun, 27 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PSN, Ratusan Warga Akan Terdampak Relokasi Bendungan Karangnongko

blokbojonegoro.com | Monday, 20 June 2022 18:00

PSN, Ratusan Warga Akan Terdampak Relokasi Bendungan Karangnongko

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Di Bojonegoro direncanakan akan dibangun Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Bendungan Gerak Karangnongko dan Bendungan Pejok. Jika sesuai tahapan, rencananya pembangunan dimulai pengerjaan tahun 2023 mendatang. 

Kapan mulainya pembangunan ditentukan oleh Pemerintah Pusat. 

Sebagai persiapan beberapa hari yang lalu sudah dilakukan koordinasi Terkait pembangunan infrastruktur sumber daya air itu di Kabupaten Bojonegoro. 

"Kita membahas poin penting seperti mekanisme dalam proses pembangunan," ungkap Kepala Dinas PU SDA Bojonegoro, Erick Firdaus. 

Salah satu poin yang dibahas adalah kendala dalam pembebasan lahan, pembahasan teknis, opsi solusi yang akan dilakukan menyesuaikan budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Bojonegoro. 

"Amdal dan Larap pembangunan Bendungan Pejok yang dilaksanakan oleh Dinas PUSDA Kabupaten Bojonegoro pada tahun anggaran 2022. 

Merupakan satu rangkaian readiness criteria dari review desain yang sudah dilaksanakan," ucapnya. 

Sementara itu, pembebasan lahan Bendung Gerak Karangnongko di Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro ditargetkan akan selesai tahun 2022 ini. Setidaknya, terdapat 700 kepala keluarga (KK) di dua desa yang akan terdampak pembebasan lahan yakni warga di Desa Ngelo dan Kalangan.

"Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko membutuhkan lahan seluas 2.942.713 meter persegi. Tahun ini, rencananya pembebasan lahan ditargetkan selesai. Agar pembangunan bendungan segera dikerjakan," terpisah Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti. 

Dia mengatakan, untuk rincian luas lahan yang akan dibebaskan yakni Desa Kalangan seluas 1.074.394 meter persegi dan Desa Ngelo seluas 1.868.319 meter persegi. Luas lahan tersebut nantinya akan digenangi air dari Bendungan Karangnongko.

Bahkan, setidaknya terdapat sebanyak 700 kepala keluarga (KK) yang akan terdampak pembangunan bendungan ini. Namun, dari pemerintah akan mengganti untung agar warga yang terdampak dapat membeli tanah kembali.

"Warga juga mendapat ganti rugi berupa materiil dari pemerintah. Karena Bendungan Karangnongko ini juga ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN)," tambahnya. 

Selain digunakan sebagai kepentingan umum pembangunan Bendung Gerak Karangnongko. Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yakni memperbaiki daya saing ekonomi hingga lingkup regional sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan.

"Juga tujuan pembangunan Bendung Gerak Karangnongko untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mulai dari penyediaan air baku dan irigasi, serta dalam rangka pengendalian banjir," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Bendungan, Karangnongko, pembangunan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat