11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gandeng PolGov UGM, Ademos Gelar FGD Riset Konsumsi Media dan Ansos

blokbojonegoro.com | Monday, 12 September 2022 13:00

Gandeng PolGov UGM, Ademos Gelar FGD Riset Konsumsi Media dan Ansos

 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Untuk memahami masalah praktik partisipasi dan transparansi dalam tata kelola Sumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Bojonegoro, diperlukan upaya untuk memetakan bagaimana konsumsi informasi masyarakat, dan penggunaan media, berikut pola wacana yang berkembang dalam masyarakat Bojonegoro.

Hal ini menjadi salah satu landasan Ademos yang pada hari ini menggandeng Politics and Government (PolGov) Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menggelar FGD Riset Konsumsi Media dan Analisis Diskursus-Jaringan Sosial di Kabupaten Bojonegoro.

Acara yang digelar di kawasan Hotel Eastern Bokonegoro ini, melibatkan segenap pemangku kebijakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang dihadiri oleh dinas dan instansi lintas lini. Mulai dari Kepala Desa area Ring-1 Migas di Kecamatan Gayam dan Kalitidu, hingga unsur tokoh organisasi masyarakat.

"Ini merupakan rangkaian dari rentetan bagaiaman kita melakukan kolaborasi research dengan PolGov UGM terkait riset konsumsi media dan Analisis Diskursus-Jaringan Sosial di Kabupaten Bojonegoro," buka Ketua Ademos, Mohammad Khudori kepada blokBojonegoro.com, Senin (12/9/2022).

Pihaknya menjelaskan, ada 3 tahapan yang dilakukan dengan mengkombinasikan tiga metode. Pertama, analisis media dan media sosial melalui big data analysis untuk memetakan diskursus dan jaringan sosial terkait industri migas di Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan metode analisis big data. Metode ini dilakukan pada bulan Agustus 2022.

Kedua, riset akan menggali data melalui penyelenggaraan Diskusi Kelompok Terfokus atau FGD sebagai salah satu metode untuk menjaring pandangan tentang bagaimana pemangku kepentingan mendapatkan informasi dan menyalurkan gagasan serta hal-hal apa yang diperbincangkan masyarakat tentang tata kelola migas.

Dan selanjutnya, survei tentang persepsi pelaku kebijakan di Kabupaten Bojonegoro terkait produksi dan konsumsi informasi masyarakat terkait tata kelola migas.

"Tujuannya untuk mengetahui terkait goals media yang paling efektif, memahami saluran intormasi dan media yang selama ini digunakan oleh para pemangku kepentingan

untuk menyampaikan pandangan-pandangannya, serta bagaimana media ini dilakukan dan dapat feedback," tandasnya.

Adapun sejumlah kunci bahasan dari FGD, yakni bagaimana pemangku kepentingan mendapatkan informasi tentang tata kelola industri migas di Bojonegoro, kemudian media-media apa yang dipakai untuk mendapatkan

informasi tersebut, dan bagaimana para pemangku kepentingan menyalurkan pendapat dan aspirasi tentang industri migas. [feb/lis]

 

Tag : Kebijakan, Analisis, FGD



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat