10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |   19:00 . Terapkan Agroforestri Sistem Silvopastur Pada Kelompok Ternak, Sulistiyo jadi Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   18:00 . Pemkab Harap Pemuda Pelopor dari Bojonegoro Lolos Sampai Nasional   |   17:00 . Daftar 50 Anggota DPRD Bojonegoro Terpilih Periode 2024-2029   |   16:00 . Polisi Buru Emak-emak yang Palak Kasir Toko Pakaian di Bojonegoro   |   15:00 . Viral! Ngaku dari Dinas Kebersihan, Emak-Emak di Bojonegoro Palak Uang di Toko Pakaian   |   14:00 . JTB Catat Produksi Full Capacity 192 Juta Kaki Kubik per Hari   |   13:00 . Lantik Anggota Panwascam, Ini Pesan Ketua Bawaslu Bojonegoro   |   07:00 . Pertamina Patra Niaga Gerak Cepat Tegur 12 SPBE   |   15:00 . Anggota Panwaslu Tingkat Kecamatan di Bojonegoro Resmi Dilantik   |   14:00 . Sah! Sukirno Nakhodai Elang Bengawan Rescue Bojonegoro Masa Bhakti 2024-2026   |  
Tue, 28 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peduli Lingkungan, PEPC Bangun Fasilitas TPS di Tiga Desa

blokbojonegoro.com | Tuesday, 30 August 2022 13:00

Peduli Lingkungan, PEPC Bangun Fasilitas TPS di Tiga Desa

 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro merupakan daerah yang menghasilkan sampah sebesar 195.609 Ton per tahun menurut Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Tahun 2021. Faktor pertambahan jumlah penduduk, perubahan pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat telah meningkatkan jumlah timbulan sampah, jenis, dan keberagaman karakteristik sampah.

Meningkatnya volume timbunan sampah memerlukan pengelolaan yang ramah lingkungan agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan dan kelestarian fungsi lingkungan, baik lingkungam pemukiman, hutan, persawahan, sungai dan lautan. Oleh sebab itu, pengelolaan sampah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk mencapai berbagai target terutama pembangunan berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDGs). 

Sebagai bentuk sinergitas pelaksanaan program pengembangan masyarakat (PPM) dari industri hulu migas dengan prioritas program Pemerintah Daerah Bojonegoro yang telah tertuang pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bojonegoro tahun 2021, maka pada tahun 2022 ini PT Pertamina EP Cepu Zona 12 (PEPC) merealisasikan Program Penyediaan Fasilitas Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Terdapat 3 desa penerima program ini yaitu, Desa Sumberarum Kecamatan Dander, Desa Ngambon Kecamatan Ngambon, dan Desa Sukorejo Kecamatan Tambakrejo," ujar Edy Purnomo selaku JTB Site Office & PGA Manager PEPC.

Sebagai langkah awal realisasi program, PEPC bersama lembaga mitra pelaksana yaitu FOSPORA melakukan sosialisasi ke penerima program dan pelatihan teknis pengelolaan sampah yang dihadiri Pemerintah Desa, BPD, dan Kepala pengelola pasar dari Desa Sumberarum, Ngambon, dan Sukorejo.

"Program ini merupakan salah satu kontribusi PEPC dalam upaya pemenuhan layanan dasar bagi masyarakat di Bojonegoro. Yang mana pengelolaan limbah atau sampah merupakan salah satu hal yang mendasar dalam pembangunan suatu daerah selain pemenuhan akses sanitasi dan air bersih," tutur

JTB Site Office & PGA Manager PEPC dalam sambutannya pada acara sosialisasi program yang dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Layung Kalitidu, Selasa (30/8/2022).

Pada kesempatan ini, dihadirkan pula pelatihan teknis pengelolaan TPS yang dihadiri oleh Frika Deddy Sofyan selaku Ahli Muda Pengawas Lingkungan Hidup dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro. Pelatihan ini dilaksanakan untuk membekali pemahaman kepada para pihak yang terlibat dalam manajemen dan teknis pengelolaan sampah, agar nantinya fasilitas penampungan sementara yang terbangun benar-benar dapat berfungsi dan termanfaatkan secara optimal.

Selanjutnya, fasilitas yang akan terbangun melalui program ini adalah 3 TPS di 3 desa dengan design sesuai dengan standard spesifikasi yang telah ditentukan oleh DLH, aar operasional dan aktivitas truck container untuk pengambilan dan pembuangan sampah dapat berjalan dengan baik.

"Semoga dengan terbangunnya TPS ini nantinya dapat semakin menggugah kesadaran dan kepedulian warga kita semua terhadap lingkungan sekitar. Mari kita menjadi lebih bertanggungjawab terhadap sampah kita masing-masing agar kelestarian dan kesehatan lingkungan sekitar kita tetap terjaga," paparnya di sela pembekalan manajemen pengelolaan sampah. [feb/lis]

Baca berita blokbojonegoro di Google News

 

Tag : Pepc, bantuan, tps



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 28 May 2024 09:00

    Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa

    Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa Tujuan utama saya menulis artikel ini adalah untuk muhasabatun nafsi (mengoreksi diri sendiri). Namun, saya bersyukur, apabila ada pembaca yang bisa mendapat manfaat setelah membaca artikel yang, menurut saya, remeh...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat