21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Fri, 14 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rangkaian Muscab, Kesan Gelar Bahtsul Masail di STAI Attanwir

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 August 2022 20:00

Rangkaian Muscab, Kesan Gelar Bahtsul Masail di STAI Attanwir

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Sebagai rangkaian kegiatan menyambut Musyawarah Cabang (Muscab) Pengurus Cabang (PC) Keluarga Santri dan Alumni Langitan (Kesan) Bojonegoro, dilaksanakan kegiatan Bahstul Masail di Kampus STAI Attanwir, Minggu (21/08/2022). 

Menurut panitia kegiatan Bahstul Masail, Kiai Asnawi, kegiatan yang dibuka langsung oleh Pengasuh PP Langitan, KH. Ubaidillah Faqih ini diikuti sekitar 150 peserta terdiri dari perwakilan 9 PC se-Jawa-Madura dan 13 PAC se-Bojonegoro. 

"Selain dihadiri oleh pimpinan pusat kesan, acara ini juga dihadiri 9 PC, 13 PAC serta beberapa pengasuh pondok pesantren alumni Langitan," ujarnya. 

Dilanjutkan, dalam Bahstul Masail kali ini, ada beberapa pembahasan yang menjadi titik tekan. Di antaranya pembahasan tentang  tentang ibadah haji dengan masa tunggu yang lama serta pembatasan umur hingga 65 tahun. Sementara, umroh bisa dilaksanakan sepanjang tahun dan bisa langsung berangkat, dengan kemudahan umroh, maka sebaiknya daftar haji apa umroh?. Dari Bahtsul Masail ini disepakati lebih baik umroh selama ada dugaan kuat ketika daftar haji, malah tidak dapat melakukan haji.

"Pembahasan kedua tentang jual beli separo sapi? Bolehkah? Seperti yang terjadi di Kecamatan Trucuk, ketika ada peternak sapi yang menjual sapinya dengan separo harga, alasannya memang uang yang dibutuhkan hanya setengah harga sapi. Misal, ada sapi harga Rp10 juta, tapi oleh pemiliknya dijual Rp5 juta. Maka bagaimana hukum akad jual beli ini, diperbolehkan kah? Jawabnya boleh dan sah," jelas Kiai yang juga pendiri MI Darun Najah ini. 

Ada pula masalah lain yang dibahas pada acara yang dihadiri Rois Syuriah PCNU Bojonegoro, KH Maimun Syafi'i, perwakilan LBMNU Bojonegoro Agus Fathur Rozi serta  KH. Ainur Rofiq dari Gresik. 

"Setelah dirumuskan jawaban-jawaban dari masalah-masalah keislaman yang dibahas hasilnya akan disampaikan kepada pengurus pusat Kesan yang memang memiliki program pembukuan hasil Bahtsul Masail sebagai bagian upaya memperkaya khazanah keilmuan Islam," pungkas Kiai Asnawi. [lis]

 

Anda juga bisa baca blokBojonegoro di Google News

 

 

Tag : Bahtsul, Masail, masalah, Langitan, Attanwir



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat