14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Cara Pesantren Modern Al-Aly Semarakan Bulan Kemerdekaan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 August 2022 14:00

Begini Cara Pesantren Modern Al-Aly Semarakan Bulan Kemerdekaan

 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 dimeriahkan oleh semua elemen masyarakat. Tak terkecuali pula para siswa yang menimba ilmu di Pesantren Modern SMP dan SMA Islam Al-Aly Kalitidu.

Sejumlah kegiatan pun digelar oleh sekolah berbasis pesantren modern ini demi menumbuhkan kecintaan dan menumbuhkan jiwa nasionalis para siswa. Seperti lomba kreasi tumpeng snack Kemerdekaan, lomba tradisional khas Indonesia ; makan kerupuk, balap karung, juga voli air.

Kepala Sekolah (Kasek) SMA Al-Aly Kalitidu, M. Aini Tanu Negara mengungkapkan jika rangkaian kegiatan semerak kemerdekaan tersebut bertujuan agar siswa dapat mengenang jasa para pahlawan Indonesia, menumbuhkan jiwa nasionalisme, dan mengembangkan kreativitas siswa. 

Pihaknya menambahkan, rangkaian acara itu berjalan 3 hari mulai Senin (15/8/2022) kemarin hingga puncaknya pada 17 Agustus 202 besok dengan ditandai upacara bendera perayaan HUT Republik Indonesia.

"Alhamdulillah bisa terlaksana dengan meriah dan penuh antusisasme siswa. Siswa sangat senang dan semangat untuk lomba dan bersuka cita mengikuti kegiatan peringatan HUT RI ke-77," ungkapnya.

Kepala Sekolah nan muda itu menuturkan, menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anak kekinian itu begitu penuh tantangan. Akan tetapi, sebisa mungkin sekolah harus selalu menjadi fasilitator untuk tetap melaksanakan program peringatan HUT RI, meskipun dalam skala kecil. 

"Sebab anak berstatus siswa dan adanya kewajiban siswa mengikuti kegiatan sekolah, maka secara tidak langsung akan menjadikannya sebuah pengalaman dan bahan eksplorasi diri," lengkapnya lagi.

Sementara itu, Kasek SMP Al-Aly Hidayatus Syarifah menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan semarak menyambut HUT RI ke-77 diikuti oleh siswa-siswi Al-Aly Secondary School atau tingkat SMP dan SMA. Kegiatan para siswa kelas VII hingga kelas XII ini dipusatkan di area Pesantren Modern Al-Aly Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu.

Kasek SMP Al-Aly menambahkan, pada pelaksaan lomba para siswa dinilai oleh dewan juri dari unsur pngurus Yayasan, Guru, dan Murobbi Pesantren.

"Perayaan HUT RI akan selalu berkibar, bagaimanapun dan apapun kondisinya. Karena itu merupakan wujud iman kepada Allah SWT, salah satunya adalah turut mencintai Negeri, melestarikan kebudayaannya, dan memajukan kualitasnya," papar Syarifah kepada blokBojonegoro.com, Selasa (16/8/2022).

Dari semua itu, pihaknya berharap agar apa yang dilakukan segenap elemen pendidikan Pesantren Modern Al-Aly dapat mendukung Indonesia pulih dan bangkit, juga sesuai tema acara yang dibawa yakni Dirgahayu Indonesia, Genggam Semangat Membara dan Kreativitas Bangsa. [feb/lis]

 

Tag : Pesantren, al-aly, kemerdekaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat