14:00 . Pencarian Hari Keempat Terkendala Cuaca dan Debit Sungai   |   12:00 . Gemerlap Thamrin Bojonegoro, 75 Personil Dishub Dikerahkan   |   11:00 . Daftar 10 Nama Perempuan Paling Populer di Indonesia, Namamu Ada?   |   10:00 . Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung   |   09:00 . Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL   |   08:00 . Puncak Cap Gomeh, Pemkab Bojonegoro Gelar Parade Lampion dan Barongsai   |   17:00 . Begini Proses Pembuatan Lagunya Sheva Berjudul Kecewa   |   16:00 . Lagu Karya Anak Bojonegoro ini Bisa Dibeli dan Didengarkan di Toko Online Seluruh Dunia   |   10:00 . Berikan Kejutan, PWI Bojonegoro Ucapkan Selamat Ulang Tahun Bupati Anna   |   08:00 . PWI Bojonegoro Gowes Bersama Forkopimda dan Mitra   |   19:00 . Baru Sebulan 42 Remaja di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   18:00 . Setahun, 527 ABG di Bojonegoro Ajukan Dispensasi Nikah   |   17:00 . Paman: Korban Tiap Main, Selalu Mandi di Sungai   |   16:00 . Jenazah Mrs. X Ditemukan Mengapung di Bengawan Solo   |   15:00 . Mahasiswa Kampus Ungu Hasilkan Ratusan Media Penyuluhan Edukatif, ini Kuncinya...   |  
Sat, 04 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Begini Cara Pesantren Modern Al-Aly Semarakan Bulan Kemerdekaan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 August 2022 14:00

Begini Cara Pesantren Modern Al-Aly Semarakan Bulan Kemerdekaan

 

Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Semarak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 dimeriahkan oleh semua elemen masyarakat. Tak terkecuali pula para siswa yang menimba ilmu di Pesantren Modern SMP dan SMA Islam Al-Aly Kalitidu.

Sejumlah kegiatan pun digelar oleh sekolah berbasis pesantren modern ini demi menumbuhkan kecintaan dan menumbuhkan jiwa nasionalis para siswa. Seperti lomba kreasi tumpeng snack Kemerdekaan, lomba tradisional khas Indonesia ; makan kerupuk, balap karung, juga voli air.

Kepala Sekolah (Kasek) SMA Al-Aly Kalitidu, M. Aini Tanu Negara mengungkapkan jika rangkaian kegiatan semerak kemerdekaan tersebut bertujuan agar siswa dapat mengenang jasa para pahlawan Indonesia, menumbuhkan jiwa nasionalisme, dan mengembangkan kreativitas siswa. 

Pihaknya menambahkan, rangkaian acara itu berjalan 3 hari mulai Senin (15/8/2022) kemarin hingga puncaknya pada 17 Agustus 202 besok dengan ditandai upacara bendera perayaan HUT Republik Indonesia.

"Alhamdulillah bisa terlaksana dengan meriah dan penuh antusisasme siswa. Siswa sangat senang dan semangat untuk lomba dan bersuka cita mengikuti kegiatan peringatan HUT RI ke-77," ungkapnya.

Kepala Sekolah nan muda itu menuturkan, menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anak kekinian itu begitu penuh tantangan. Akan tetapi, sebisa mungkin sekolah harus selalu menjadi fasilitator untuk tetap melaksanakan program peringatan HUT RI, meskipun dalam skala kecil. 

"Sebab anak berstatus siswa dan adanya kewajiban siswa mengikuti kegiatan sekolah, maka secara tidak langsung akan menjadikannya sebuah pengalaman dan bahan eksplorasi diri," lengkapnya lagi.

Sementara itu, Kasek SMP Al-Aly Hidayatus Syarifah menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan semarak menyambut HUT RI ke-77 diikuti oleh siswa-siswi Al-Aly Secondary School atau tingkat SMP dan SMA. Kegiatan para siswa kelas VII hingga kelas XII ini dipusatkan di area Pesantren Modern Al-Aly Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu.

Kasek SMP Al-Aly menambahkan, pada pelaksaan lomba para siswa dinilai oleh dewan juri dari unsur pngurus Yayasan, Guru, dan Murobbi Pesantren.

"Perayaan HUT RI akan selalu berkibar, bagaimanapun dan apapun kondisinya. Karena itu merupakan wujud iman kepada Allah SWT, salah satunya adalah turut mencintai Negeri, melestarikan kebudayaannya, dan memajukan kualitasnya," papar Syarifah kepada blokBojonegoro.com, Selasa (16/8/2022).

Dari semua itu, pihaknya berharap agar apa yang dilakukan segenap elemen pendidikan Pesantren Modern Al-Aly dapat mendukung Indonesia pulih dan bangkit, juga sesuai tema acara yang dibawa yakni Dirgahayu Indonesia, Genggam Semangat Membara dan Kreativitas Bangsa. [feb/lis]

 

Tag : Pesantren, al-aly, kemerdekaan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more