16:00 . Tak Cukup Bukti, Kejari Bojonegoro Hentikan Penuntutan Kasus Dugaan Pencurian Ayam   |   18:00 . Perajin Batik Binaan EMCL Hadir di Pekan Batik Daerah, Omset Melonjak   |   17:00 . Kejari Bakal Kembali Periksa Pejabat Pemkab Bojonegoro Soal Mobil Siaga, Siapa Saja?   |   16:00 . Puluhan DU DI dan UMKM Semarakkan Job and Edu Fair SMK Negeri 1 Bojonegoro   |   15:00 . Tragis, 3 Sapi 1 Rumah di Terbakar, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   13:00 . Perwakilan Peserta Pekan Batik dari Berbagai Daerah Ikuti Farm Trip Wisata Bojonegoro   |   09:00 . Lagi, 1 Tersangka Diseret Kejari Dalam Kasus Kredit Fiktif Bank Daerah Bojonegoro   |   18:00 . 1.935 Tenaga PPPK di Bojonegoro Terima SK   |   15:00 . Horeee....!!! 408 Kades di Bojonegoro Dapat Tambahan Masa Jabatan 2 Tahun   |   13:00 . Puncak Kemarau di Bojonegoro Diprediksi Terjadi Juli hingga Agustus   |   12:00 . Antisipasi Puncak Kemarau, BPBD Bojonegoro Siapkan 300 Tangki Air Bersih   |   16:00 . Sambut Idul Adha, Yatim Mandiri Gelar Tarhib Qurban   |   15:00 . Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita   |   13:00 . Mau Berkurban, Berikut Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik   |   08:00 . Promosi Liga 2, Kedatangan Persibo Bojonegoro Disambut Ratusan Supporter   |  
Wed, 12 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Malam HUT RI KE-77 PonPes Al Mubarok Gelar Malam Tirakatan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 August 2022 21:00

Malam HUT RI KE-77 PonPes Al Mubarok Gelar Malam Tirakatan

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Ratusan santri, wali santri, serta masyarakat Desa Sarirejo, Kecamatam Balen, Kabupaten Bojonegoro tumpah ruah larut dalam acara malam tirakatan yang diselenggarakan oleh pengurus Yayasan Pondok Pesantren Al Mubarok Sarirejo Balen Bojonegoro.

Hal tersebut sebagai bentuk mensyukuri nikmat serta memeriahkan HUT RI Ke - 77, Selasa (16/8/2022). 

Pengasuh Pondok Pesantren Al Mubarok Sarirejo, Kyai Muhammad Yusuf menuturkan, malam tirakatan dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ini tiap tahun dilaksanakan, dengan berwasilah Istighotsah Yamisda Al Ihsan memohon kepada Allah agar Indonesia menjadi negara yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur. 

“Semoga di malam tirakatan yang kita isi dengan do'a bersama ini, hajat dunia serta hajat ahirat kita dikabulkan Allah SWT,” ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia merdeka sudah selama 77 tahun, untuk itu sudah selayaknya sebagai rakyat Indonesia banyak bersyukur kepada Allah SWT. Andai saja jika bangsa Indonesia ini tidak merdeka, pasti tidak bisa beribadah serta berbangsa dan negara dengan tenang. 

"Diantara bentuk bersyukur adalah kita mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk bangsa indonesia, tidak lupa sebisa mungkin kita meneruskan perjuangan para pahlawan serta para ulama pendiri bangsa ini," ucapnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu, Kyai Yusuf menambahkan, Hukum menjaga kemerdekaan ini merupakan wajib, salah satunya dengan cara meneladani dan mengikuti ajaran para wali serta para ulama' yang memiliki sanad keilmuan yang jelas bersambung dengan Rosulullah, serta tidak bertolak belakang dengan bangsa Indonesia, hal ini merupakan langkah kecil yang berefek besar untuk merawat dan menjaga kemerdekaan Indonesia. 

"Tokoh ulama' sekaligus pahlawan yang tersohor di penjuru nusantara semisal mbah KH. Hasyim Asy'ari beserta ulama nusantara lain yang selama ini selalu menjaga NKRI, sangat layak untuk kita teladani serta kita ikuti ajaran - ajarannya,” jelasnya

Untuk itu, pihaknya mengajak untuk menyiapkan generasi muda yang nantinya akan meneruskan perjuangan para pahlawan dan para ulama', untuk membela bangsa dan menegakkan agama.

Sekadar diketahui, malam tirakatan tersebut merupakan tradisi yang dilakukan setiap malam 17 Agustus, agenda yang dilakukan rutin setiap tahun ini diisi dengan memanjatkan do'a berupa Istighotsah Yamisda Al Ihsan serta diahiri bersama - sama memakan tumpeng yang dihias khas peringatan kemerdekaan RI. [riz/mu]

Tag : Hut ri, tirakat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat