18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |   19:00 . Minggu 23 Juni 2024, CFD di Alun-alun Bojonegoro Diliburkan   |   17:00 . Pj Ketua PKK Bojonegoro dan Kader PKK Latihan Olahan Pangan Alternatif   |   15:00 . Pilih Tinggalkan Kursi DPRD Bojonegoro, Mitroatin Siap Dampingi Anna Muawanah   |   13:00 . Jamaah Haji Asal Bojonegoro Meninggal Dunia Saat Towaf Ifadhoh   |   06:00 . Tradisi Mayu Cungkup Buyut Dalem, Lurah Kadipaten Serahkan Sirap   |   20:00 . Diperiksa 5 Jam, Kepala Bappeda Bojonegoro Dicecar Kejari Soal Perencanaan Mobil Siaga   |   16:00 . Puluhan Desa di Bojonegoro Terancam Kekeringan, 1 Desa Telah Minta Bantuan Air Bersih   |   14:00 . Warga Tawing, Desa Malingmati, Akhirnya Nikmati Kurban Sapi Sejak Indonesia Merdeka   |   13:00 . Persibo vs Persebaya, Ribuan Suporter Bojonegoro Siap Away Gelora Bung Tomo   |  
Sat, 22 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Merdeka Banjir

Yabimu Gelar Bersih Sampah dan Tanam Pohon di Bantaran Bengawan Solo

blokbojonegoro.com | Monday, 22 August 2022 15:00

Yabimu Gelar Bersih Sampah dan Tanam Pohon di Bantaran Bengawan Solo

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Yayasan Bina Mulia (Yabimu)  menggelar bersih sampah, tanam pohon di bantaran sungai Bengawan Solo serta sosialisasi mitigasi bencana. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, sejak Minggu (21/8/2022) dan hari ini (22/8/2022).

Kegiatan yang bertajuk “Bojonegoro Merdeka Banjir” itu digelar di Desa Ngablak, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro dengan diikuti sebanyak 40 relawan dari berbagai instansi serta diikuti sedikitnya 10 warga setempat.

Perwakilan Yabimu Bojonegoro, Aminatus Sa'diah mengungkapkan, para relawan tampak antusias mengikuti kegiatan ini, tak kurang dari 20 plastik sampah terisi penuh oleh sampah yang berasal dari bantaran sungai. Sampah tersebut merupakan sampah dari hulu sungai yang terbawa arus dan menepi di bantaran sungai.

Kemudian, kegiatan dilanjut dengan penanaman bibit pohon. Relawan bersama warga bekerjasama menanam pohon bersama. Bibit yang telah ditanam ditandai dengan pita berwarna biru muda, yang mewakili warna dari Yayasan Penghubung Kebaikan Indonesia (KitaBisa.com).

“Terimakasih kepada relawan - relawan yang terlibat dalam kegiatan ini, semoga satu langkah kecil kita ini bermanfaat untuk alam kita dan masih dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” ucap perempuan yang akrab disapa Kak Ami.

Lebih lanjut, kegiatan dihari kedua, sebanyak 40 warga dihadirkan untuk mendapatkan sosialisasi mitigasi bencana yang disampaikan oleh BPBD Bojonegoro. Dalam hal ini, diwakilkan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik (KL), Agus Purnomo.

Dalam penyampaian materi, Kasi KL BPBD Bojonegoro, menekankan pada masyarakat setempat terkait pentingnya upaya pencegahan bencana banjir, mengingat Desa Ngablak merupakan desa yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo.

Terpisah, Kepala Desa Ngablak Susianto mengatakan, dalam setahun, tak kurang dari 5 meter daratan bantaran sungai yang ada di Desa Ngablak terus berkurang akibat tergerus arus aliran sungai.

“Dengan penanaman pohon di bantaran sungai ini, kami juga berharap bisa mengurangi dampak banjir musiman di desa kami. Selain itu, desa kami juga bisa dibilang sudah akrab dengan BPBD Bojonegoro. Pasalnya, pada saat banjir tiba pasti akan bertemu,” imbuhnya.

Terakhir, kegiatan yang diikuti dari komunitas siswa pecinta alam PALASE (SMAN 4 Bojonegoro), BRIGPALA (SMK N 2 Bojonegoro), dan SMANTIGPALA (SMA N 3 Bojonegoro), serta relawan KORSA Bina Mulia itu diakhiri dengan bakti sosial terhadap warga setempat yang kerap menjadi korban terdampak banjir. [riz/lis]

 

Tag : Tanam, pohon, siswa, sma



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat