11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Merdeka Banjir

Yabimu Gelar Bersih Sampah dan Tanam Pohon di Bantaran Bengawan Solo

blokbojonegoro.com | Monday, 22 August 2022 15:00

Yabimu Gelar Bersih Sampah dan Tanam Pohon di Bantaran Bengawan Solo

 

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Yayasan Bina Mulia (Yabimu)  menggelar bersih sampah, tanam pohon di bantaran sungai Bengawan Solo serta sosialisasi mitigasi bencana. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, sejak Minggu (21/8/2022) dan hari ini (22/8/2022).

Kegiatan yang bertajuk “Bojonegoro Merdeka Banjir” itu digelar di Desa Ngablak, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro dengan diikuti sebanyak 40 relawan dari berbagai instansi serta diikuti sedikitnya 10 warga setempat.

Perwakilan Yabimu Bojonegoro, Aminatus Sa'diah mengungkapkan, para relawan tampak antusias mengikuti kegiatan ini, tak kurang dari 20 plastik sampah terisi penuh oleh sampah yang berasal dari bantaran sungai. Sampah tersebut merupakan sampah dari hulu sungai yang terbawa arus dan menepi di bantaran sungai.

Kemudian, kegiatan dilanjut dengan penanaman bibit pohon. Relawan bersama warga bekerjasama menanam pohon bersama. Bibit yang telah ditanam ditandai dengan pita berwarna biru muda, yang mewakili warna dari Yayasan Penghubung Kebaikan Indonesia (KitaBisa.com).

“Terimakasih kepada relawan - relawan yang terlibat dalam kegiatan ini, semoga satu langkah kecil kita ini bermanfaat untuk alam kita dan masih dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” ucap perempuan yang akrab disapa Kak Ami.

Lebih lanjut, kegiatan dihari kedua, sebanyak 40 warga dihadirkan untuk mendapatkan sosialisasi mitigasi bencana yang disampaikan oleh BPBD Bojonegoro. Dalam hal ini, diwakilkan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik (KL), Agus Purnomo.

Dalam penyampaian materi, Kasi KL BPBD Bojonegoro, menekankan pada masyarakat setempat terkait pentingnya upaya pencegahan bencana banjir, mengingat Desa Ngablak merupakan desa yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo.

Terpisah, Kepala Desa Ngablak Susianto mengatakan, dalam setahun, tak kurang dari 5 meter daratan bantaran sungai yang ada di Desa Ngablak terus berkurang akibat tergerus arus aliran sungai.

“Dengan penanaman pohon di bantaran sungai ini, kami juga berharap bisa mengurangi dampak banjir musiman di desa kami. Selain itu, desa kami juga bisa dibilang sudah akrab dengan BPBD Bojonegoro. Pasalnya, pada saat banjir tiba pasti akan bertemu,” imbuhnya.

Terakhir, kegiatan yang diikuti dari komunitas siswa pecinta alam PALASE (SMAN 4 Bojonegoro), BRIGPALA (SMK N 2 Bojonegoro), dan SMANTIGPALA (SMA N 3 Bojonegoro), serta relawan KORSA Bina Mulia itu diakhiri dengan bakti sosial terhadap warga setempat yang kerap menjadi korban terdampak banjir. [riz/lis]

 

Tag : Tanam, pohon, siswa, sma



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat