13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tumbuhkan Kreatifitas, PAC ISNU Balen Latihan Buat Bucket untuk Masyarakat

blokbojonegoro.com | Sunday, 11 September 2022 17:00

Tumbuhkan Kreatifitas, PAC ISNU Balen Latihan Buat Bucket untuk Masyarakat

 

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, berupaya menumbuhkan kreativitas masyarakat di Kecamatan Balen. Hal itu ditunjukan dengan dilaksanakannya Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Bucket di Desa Lengkong Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Minggu (11/9/2022).

Setidaknya belasan peserta dari beberapa desa di Kecamatan Balen yang mayoritas perempuan, begitu antusias mengikuti pelatihan bucket yang dibimbing sahabati Shofiatun Ihda Masruroh yang juga Pengurus PAC ISNU Balen. Para peserta membawa peralatan dan snack sebagai bahan pembuatan bucket.

"Kita sama-sama belajar membuat Bucket. Terpenting menatanya yang rapi, warna snack dan kain harus serasi," ucap sahabati Fia, panggilan Shofiatun Ihda Masruroh.

Sebelum pelatihan Bucket, Sahabati Fia merinci kebutuhan dan peralatan yang harus digunakan. Mulai kain atau pembungkus, pita, snack, gunting, lem tembak dan yang lainnya. Setelah itu Sahabati Fia membagikan peralatan dan mempraktekan langsung proses pembuatan Bucket.

"Harus teliti dan cermat menata snack sebelum dibungkus. Usahakan kertas bunga bucket memotongnya sesuai besaran bucket yang akan dibuat, jangan terlalu besar atau kekecilan," ungkapnya sambil mempraktikkan merangkai Bucket.

Sementara itu Ketua PAC ISNU Kecamatan Balen, Abdul Ghoni Asror mengungkapkan, ISNU Balen rutin mengadakan pertemuan sebulan sekali secara bergantian, dari desa kedesa dan rumah anggota PAC ISNU Balen yang berkenan ditempati. Dalam pertemuan tersebut diisi dengan pelatihan-pelatihan seperti sebelumnya pelatihan pembuatan pupuk, membuat kue, diskusi pendidikan dan yang lainnya.

"Sekarang ini di Desa Lengkong diisi dengan pelatihan pembuatan Bucket yang diikuti masyarakat, untuk menumbuhkan kreatifitas dan memunculkan wirausaha di Kecamatan Balen," terangnya.

Ditambahkan Sahabat Ghoni, dalam pertemuan tersebut diawali pembacaan rotibul khadad dan tahlil. Sebelum diisi kajian maupun pelatihan sesuai tematik yang ditentukan dalam pertemuan sebelumnya. "Diharapkan ISNU Balen mampu memberikan manfaat untuk warga Nahdiyin dan masyarakat di Kecamatan Balen," imbuh Ghoni yang juga dosen disalahsatu kampus di Kota Ledre.

Tampak dalam pelatihan pembuatan bucket berjalan dinamis, dengan banyaknya peserta yang bertanya langsung kepada pembimbing. Setelah pelatihan selesai, bucket hasil karya masing-masing peserta diperbolehkan dibawa pulang. [zid/lis]

 

 

 

 

Tag : Pelatihan, ISNU, pembuatan, bucket



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat