16:00 . UNUGIRI Jadi Tuan Rumah Pelantikan dan Rakerwil ITHLA DPW IV, Rektor Turut Sukseskan Acara   |   13:00 . Pilkada Bojonegoro 2024 Mulai Bergeliat, Ini Enam Sosok yang Dipasarkan   |   22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   17:00 . Kronologi Lengkap Pencurian Motor Milik Pegawai Koperasi di Bojonegoro   |   16:00 . Gudang Beras di Bojonegoro Kebakaran, Kerugian Capai Rp100 Juta   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanya Pakar: Kenapa Berita Kasus KDRT Bikin Cemas dan Takut?

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 October 2022 07:00

Tanya Pakar: Kenapa Berita Kasus KDRT Bikin Cemas dan Takut?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Tanya pakar kali ini membahas rasa cemas karena pemberitaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora oleh suaminya Rizky Billar, membuat banyak perempuan mengalami kecemasan karena takut mengalami hal serupa.

Kondisi kecemasan ini berupa curiga pada suami atau kekasihnya berselingkuh, takut menikah karena khawatir calom suami kasar atau KDRT maupun selingkuh.

"Kecemasan itu sebenarnya muncul karena ada kebutuhan ada yang tidak terpenuhi loh, karena kondisi kemaren kebutuhan dilindungi, merasa aman, lalu muncul cemas," ujar Perawat Kesehatan Jiwa dari Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa (IPKJ), Evin Novianti dalam acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022 di Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

Berikut ini sesi tanya jawab dengan Perawat Kesehatan Jiwa, Evin seputar kasus KDRT membuat seseorang takut dan cemas pada pasangan, dalam petikan wawancara sebagai berikut:

Kenapa ketika melihat KDRT malah jadi cemas dan takut pada pasangan?

KIta nggak bisa membendung pikiran orang, kalau dia ke-trigger seperti itu, jadi emang sedang ada masalah sebenernya.

Jadi ada tipe orang yang A dan B, ada tipe orang dia stres dari luar dia kuat. Tapi ada orang yang itu (KDRT) masalah orang tapi jadi ketrigger sama dia, itu berarti dia terhadap respon stresnya cepat banget.

Orang-orang yang seperti ini harus berhati-hati, rata-rata terjadi pada orang yang tertutup, tidak terbuka atau tidak open sama orang lain.

Bagaimana cara menghilangkan ketakutan dan cemas pada pasangan karena kasus KDR

Kalau seperti itu, tanya dulu diri sendiri, kamu tuh butuh bantuan nggak sih, atau kamu masih bisa menangani itu sendiri. Kalau butuh bantuan cepat ngomong, atau orang lain yang menilai kamu kayaknya butuh bantuan deh.

Kalau merasa nggak kuat nahan kecemasannya gimana?

Ngomong aja, tetap jangan sampai juga mempengaruhi kehidupan dia sampai nggak bisa makan, nggak bisa masak, akhirnya mempengaruhi dia men-trigger dia.

Apa yang harus dilakukan pasangan yang dilakukan bisa lakukan KDRT?

Bilang kalau dia punya orang lain yang masih bisa membantu dia, yang penting support-nya dulu. Orang akan merasa seperti itu (cemas) kalau dia merasa supportnya kurang.

Jadi yakinkan dia kalau dia nggak sendirian, kalau kamu seperti itu aku akan mendukung kamu.

*Sumber: suara.com

 

 

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat