Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tekan Emisi Karbon, SKK Migas-PEPC Zona 12 Tanam Pohon

blokbojonegoro.com | Thursday, 27 October 2022 14:00

Tekan Emisi Karbon, SKK Migas-PEPC Zona 12 Tanam Pohon

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sebagai upaya untuk menekan emisi karbon, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 menanam pohon di Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Gandong, di Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan tanam pohon diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopiimcam) Tambakrejo, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, dan awak media dari Jakarta dan Bojonegoro.

Ketua Asosiasi Untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos), M. Kundori selaku fasilitator kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan menanam pohon ini juga dilakukan di 3 desa yaitu Dolokgede, Pelem, dan Bandungrejo.

"Ada 3.500 pohon yang ditanam. Jenis pohonnya konservasi, pohon buah, dan penguat longsor. Seperti trembesi, mangga, sukun, dan rumput wangi. Selain untuk menekan emisi karbon, juga untuk mencegah longsor," kata Kundori.

JTB Site Office & PGA Manager PEPC Edy Purnomo melanjutkan, program pengurangan jejak emisi karbon ini sejalan dengan zero emission yang ditargetkan SKK Migas di wilayah operasi Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB).

"Kegiatan menanam pohon bukan hanya hari ini saja. Beberapa kali juga sudah dilakukan. Serta kapan pun HSSE berkomitmen untuk melakukan penanaman pohon, kita bersama Ademos bersama-sama menjalankannya," ujar Edy.

Kegiatan menanam pohon dilakukan di bantaran Sungai Gandong yang ada sekitar 500 meter dari jalan. Tampak para peserta tanam pohon membawa bibit, dan dilakukan penanaman di pinggir sungai. Selain itu juga dilakukan penanaman rumput wangi yang berfungsi mencegah erosi.

 

Tag : Skk migas, pepc, Bojonegoro, Ademos, Dolokgede



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini