12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Stunting Masih Sering Diabaikan, Padahal Dampak Defisiensi Gizi untuk Ibu dan Bayi Bisa Mengancam Kesehatan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 02 November 2022 07:00

Stunting Masih Sering Diabaikan, Padahal Dampak Defisiensi Gizi untuk Ibu dan Bayi Bisa Mengancam Kesehatan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Dampak stunting tidak hanya dialami oleh anak, tapi juga ibu. Seperti yang diketahui, stunting merupakan kondisi kegagalan tumbuh karena kekurangan gizi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor, Dr. Rimbawan mengatakan kondisi stunting tidak hanya menyebabkan adanya gangguan pada fisik, tetapi juga perkembangan otak. Hal ini akan memengaruhi produktivitas anak dan kreativitasnya di usia produktif.

“Akibat stunting tidak hanya terganggunya pertumbuhan fisik seperti kerdil, pendek, tetapi juga terganggu perkembangan otaknya yang tentunya sangat memengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas, dan kreativitas di usia-usia produktif,” ucap Dr. Rimbawan webinar Bersama Cegah Stunting Melalui Aksi ABCDE beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Dr. Rimbawan menuturkan, kondisi stunting ini tidak hanya dipengaruhi masuknya nutrisi saat anak sudah lahir, tetapi juga saat sang ibu sedang hamil. Oleh sebab itu, para ibu hamil diharapkan untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya semasa kehamilan.

Jika para ibu kekurangan nutrisi hal tersebut akan menyebabkan defisiensi zat gizi kehamilan. Kondisi itu dapat memengaruhi kondisinya saat hamil serta bayinya. Beberapa dampak defisiensi saat kehamilan di antaranya.

Dampak defisiensi pada ibu

Pendarahan (penyebab kematian pada 60 persen ibu hamil). Hal ini terjadi karena ibu hamil kekurangan asam amino (arginin, glutamin), kalsium, zat besi, FUFA, dan vitamin K.

Anemia akibat kurangnya zat besi pada ibu. Kondisi ini juga menyebabkan menurunnya tranpor oksigen ke jaringan tubuh sehingga mengganggu metabolisme zat gizi makro dan produksi ATP

Kekurangan energi kronis yang memengaruhi kondisi saat hamil dan melahirkan

Dampak defisiensi pada bayi

Bayi dapat mengalami Neural tube defects, yaitu salah satu kelainan kongenital pada sistem saraf pusat yang diakibatkan oleh kegagalan tuba neural untuk menutup. Hal ini terjadi karena kurangnya asam folat, dan vitamin B12 saat hamil.

Anemia pada bayi karena kurangnya zat besi. Kondisi ini juga menyebabkan bayi mengalami masalah gangguan mental, motorik, sosio-emosional, serta masalah fungsi fisiologis sistem saraf.

Creatinism, yaitu penyakit hipotiroidisme bawaan karena kurangnya iodium yang dapat menyebabkan keterbelakangan mental dan kelainan pertumbuhan pada anak.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat