13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peduli Sosial Kesehatan Wanita, Tirta Ayu Spa Gandeng Fakultas Vokasi Battra Unair Gelar Penyuluhan

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 October 2022 15:00

Peduli Sosial Kesehatan Wanita, Tirta Ayu Spa Gandeng Fakultas Vokasi Battra Unair Gelar Penyuluhan Foto bersama usai penyuluhan. (Foto: blokBojonegoro.com/M. Anang)

Reporter : M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Puluhan ibu-ibu yang ada di Desa Karangsono, Kecamatan Dander Sabtu (29/10/2022) siang berkumpul di area Posyandu Shinta 4 RT 20 RW 07 desa setempat. Rupanya, mereka tengah serius mengikuti penyuluhan kesehatan wanita yang digelar oleh Tirta Ayu Spa dengan menggandeng mahasiswa Fakultas Vokasi Program Studi (Prodi) Pengobatan Tradisional (Battra) Universitas Airlangga (Unair).

Penyuluhan kesehatan wanita ini adalah upaya kepedulian sosial Tirta Ayu Spa bersama mahasiswa Battra Unair, guna meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya wanita untuk menjaga kesehatan organ reproduksi.

"Kami dari Tirta Ayu Spa bersama mahasiswa dari Unair nanti akan memberikan materi kesehatan reproduksi wanita. Silakan agar ibu-ibu nanti menyimak, karena ini sangat penting untuk kesehatan reproduksi ibu-ibu sekalian," ujar Bu Isti perwakilan dari Tirta Ayu Spa sebelum pemberian materi penyuluhan kepada peserta.

Materi penyuluhan kesehatan organ reproduksi wanita kemudian disampaikan oleh Adibah, mahasiswa Battra Unair. Disampaikannya, organ reproduksi wanita sangat perlu diperhatikan.

"Karena berkaitan dengan organ yang menghasilkan keturunan. Dengan menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, anak juga akan terjamin kesehatannya," buka Adibah.

Penjelasan soal kesehatan reproduksi wanita juga dilengkapi dengan pemaparan gangguan yang menyerang sistem reproduksi. Yang mana satu diantara gangguan ini adalah kemandulan.

Faktor lainnya yakni keputihan. Jika mengalami keputihan yang berlebih, menandakan keputihan tak normal yang disebabkan jamur ataupun bakteri yang berbahaya. Bahkan gangguan kesehatan reproduksi wanita juga bisa menimbulkan kanker rahim, kanker serviks, hingga inveksi jamur.

Adapun perawatan kesehatan tadi, perlu memperhatikan personal higens. Indonesia yang memiliki iklim tropis, membuat organ reproduksi juga perlu diperhatikan. Hal ini juga yang rentan menimbulkan jamur karena ada kelembaban iklim.

"Jika tidak menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan baik, maka akan mengganggu kesehatan. Ada juga tips perawatan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita," sambung Linggom, mahasiswa Battra Unair lain yang tengah menjalankan PKL di Tirta Ayu Spa.


Mahasiswa Unair dan Tirtra Ayu Spa memberikan penyuluhan. (Foto: blokBojonegoro.com/M. Anang Febri)

Dia menjelaskan, ibu-ibu bisa mengganti pakaian dalam sehari dua kali. Jangan sampai 1 kali sehari sebab sudah pasti akan timbul lembab di area reproduksi wanita, yang jika dibiarkan bakal memunculkan jamur yang memicu adanya penyakit.

Tips selanjutnya adalah memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat.
Saat buang air, lanjutnya, usahakan bersihkan alat kelamin dengan cara membersihkan dari arah depan menuju belakang.

"Di Tirta Ayu Spa sangat memperhatikan kesehatan reprodukai wanita. Maka ada produki tisu basah yang dapat menjaga kebersihan serta merawat organ intim," lengkapnya lagi.

Produk tisu basah dari Tirta Ayu Spa ini beda dari tisu basah lainnya. Produk best seller bernama Sirih Arum Intimate Whipes ini mampu memberikan 3 manfaat sekaligus.

Sirih Arum Intimate Whipes sendiri terdiri dari bahan herbal seperti sirih, manjakini, pinang, serta delima. Daun sirih bermanfaat untuk mengatasi jamur karena memiliki sifat anti jamur.

Bahan herbal manjakini digunakan untuk mengembalikan elastisitas uterus dan mengencangkan otot vagina, kemudian bahan pinang bermanfaat untuk mengatasi keputihan karena bersifat anti bakteri terhadap staphylococcus aureus. Adapun bahan delima berdasarkan hasil penelitian memiliki sifat anti karsinogen dan anti inflmasi, sifat inilah yang dipercaya mampu mencegah kanker rahim dan kanker serviks pada wanita.

Usai memberikan penyuluhan perihal kesehatan reproduksi wanita, Tirta Ayu Spa juga membuka lebar bagi ibu-ibu masyarakat setempat untuk konsultasi. Mereka dapat menyampaikan keluhan kesehatan, juga mendapat tips untuk tetap menjaga kebugaran serta kesehatan wanita. [feb/ito].


Perwakilan dari mahasiswa Unair menyerahkan paket kepada warga. (blokBojonegoro.com/Foto: M. Anang Febri)

 

Tag : tirta ayu spa, bojonegoro, unari



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat