13:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   12:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   12:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |   12:00 . Banggar DPRD Bojonegoro Sempat Tolak Pengadaan Mobil Siaga: Desa Belum Mampu Kelola BKK   |   09:00 . Wilayah Bojonegoro diselimuti Bediding, Ini Penjelasan BMKG   |   08:00 . Sempat Tak Digaji, Perempuan Asal Bojonegoro Kini Sukses Buka Toko Kelontong   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pembuatan SIM Dipermudah, Bisa Diulang Dihari yang Sama

blokbojonegoro.com | Saturday, 05 November 2022 16:00

Pembuatan SIM Dipermudah, Bisa Diulang Dihari yang Sama

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokbojonegoro.com - Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM (Satpas) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bojonegoro permudah pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), yakni jika gagal dapat diulang pada hari yang sama. Selain pada hari yang sama, bisa juga diikuti dalam kurun waktu 14 hari kerja terhitung mulai tanggal dinyatakan tidak lulus.

Hal tersebut, sesuai dengan instruksi Kapolri, Jenderal Listiyo Sigit Prabowo Nomor: ST/2386/X/YAN.1.1./2022.  Di mana, salah satu aturan yang dipermudah ialah mengenai waktu tunggu bagi pengurus SIM yang gagal saat ujian.

Selain itu, surat yang ditandatangani Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri pada 31 Oktober 2022 lalu ini, ditujukan kepada seluruh Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas).

Adapun surat telegram Kapolri tersebut berbunyi, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus ujian penerbitan SIM, dapat langsung melaksanakan ujian ulang pada hari itu juga.

Selain pada hari yang sama, bisa juga diikuti dalam kurun waktu 14 hari kerja terhitung mulai tanggal dinyatakan tidak lulus. Namun ujian ulang tersebut dilaksanakan paling banyak dua kali dalam sehari.

Kapolri juga meminta kepada Satpas untuk menyiapkan pelatihan bagi calon peserta ujian pembuatan SIM yang akan melaksanakan ujian ataupun yang mau ujian ulang.

Kanit Registrasi dan Identifikasi (Regiden) Satlantas Polres Bojonegoro, Iptu Luluk Sulistiono mengatakan, intruksi Kapolri terkait pembuatan SIM itu sudah dilaksanakan di Satlantas Polres Bojonegoro. Bahkan, kemarin Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad juga telah memantau jalannya pembuatan SIM secara langsung.

“Iya, kami sudah menerapkan intruksi tersebut, namun terkadang orang yang rumahnya dekat lebih memilih kembali esoknya lagi dengan alasan sudah panas,” ungkapnya kepada blokbojonegoro.com, Jum'at (4/11/2022).

Sebelumnya Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad saat melakukan pengecekan di Satpas Bojonegoro menginstruksikan kepada petugas Satpas untuk menerapkan apa yang diinstruksikan oleh Kapolri terkait pembuatan SIM yang dapat diulang dihari yang sama.

Selain itu, saat AKBP Muhammad bertanya kepada warga yang ingin membuat SIM, ternyata banyak yang kesulitan saat tes Zig-zag dan angka delapan. Untuk itu, pihaknya akan mengadakan pelatihan untuk warga yang ingin mematangkan saat praktek membuat SIM.

“Kami akan menyelenggarakan hal itu pada sore hari. Bagi warga yang ingin mengikuti pelatihan tersebut bisa datang langsung ke Satlantas, yang nantinya akan di bantu dan diarahkan oleh petugas,” ujar Kapolres. [riz/mu]

 

Tag : sim, satlantas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat