Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siapkan Atlet Muda, Igornas Jatim Gelar Balap Sepeda di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 04 December 2022 17:00

Siapkan Atlet Muda, Igornas Jatim Gelar Balap Sepeda di Bojonegoro

 

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pembinaan atlet muda dan pencarian atlet sejak dini terus dilakukan cabang olahraga, termasuk balap sepeda yang semakin marak digemari. Dengan tujuan lebih mensosialisasikan olahraga balap sepeda, Ikatan Guru Olah Raga Nasional (Igornas) Provinsi Jawa Timur bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar kejuaraan balap sepeda di Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan yang berlangsung di sirkuit Bumi Kali Kethek Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro, Minggu (4/12/2022), diikuti puluhan atlet muda dari beberapa daerah di Jawa Timur. "Kejuaraan ini dalam rangka menyiapkan atlet muda untuk olimpiade 2030-2040, sehingga pesertanya 16 tahun kebawah," kata ketua IGORNAS Jawa Timur, Anam Syaifuddin.

Dijelaskan, melalui kejuaraan cabang olahraga DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) balap sepeda tingkat Provinsi Jawa Timur harapannya lahir atlet-atlet nasional balap sepeda dari Jawa Timur untuk mengikuti olimpiade nantinya. Setidaknya tahun mendatang ada atlet dari Jawa Timur yang mewakili Indonesia di kancah internasional.

Untuk Kegiatan balap sepeda kali ini diikuti sekitar 72 atlet, terbaik menjadi kelas BMX 27 peserta dan XCO 35 peserta. Mereka datang dari kabupaten/kota di Jawa Timur seperti Malang, Surabaya, Jombang, Kediri, Magetan, Ngawi, Batu dan atlet ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) dari daerah lainnya.

Selain balap sepeda yang sekarang berlangsung di Kabupaten Bojonegoro, DBON ada tiga Cabor yang dipertandingkan di Jawa Timur yakni atletik di lapangan THOR Surabaya dan renang di Unesa. "Peserta yang menang akan mendapatkan medali dan sertifikat," terangnya di sela-sela menyaksikan balap sepeda.

Antusiasme peserta dalam mengikuti kejuaraan balap sepeda di Kabupaten Bojonegoro, selain atlet muda Cabor balap sepeda para official dan pengurus ISSI dari beberapa daerah di Jawa Timur juga hadir langsung menyaksikan kejuaraan untuk pembinaan usia dini tersebut.

Ketua Pengcab ISSI Kabupaten Bojonegoro, Lutfi Firmansyah mengapresiasi kejuaraan balap sepeda yang diadakan dan mengucapkan terimakasih Kabupaten Bojonegoro dipercaya menjadi tuan rumah. "Sebab event seperti ini perlu dilaksanakan untuk mencari atlet muda dan pembinaan usia dini," tuturnya.

Lutfi menyebut, sebelumnya Pengcab ISSI Kabupaten Bojonegoro juga sudah mengadakan balap sepeda dan sekarang kejuaraan tingkat Jawa Timur. Untuk menunjang pencarian atlet balap sepeda, infrastruktur dan sarana prasana olahraga balap sepeda juga perlu disiapkan pemerintah. "Harapan kedepan lomba-lomba di event lokal dan Jatim, Bojonegoro punya trak atau fasilitas balap sepeda yang memadai. Sementara ini kita belum punya dan harus pinjam tempat," pungkas Lutfi saat mendampingi atlet-atletnya yang turun di kejuaraan tersebut. [zid/lis]

 

 

 

Tag : Balap, sepeda, igornas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini