18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 December 2022 15:00

Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Menjelang pergantian tahun, sudah menjadi tradisi dimana pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota dan toko online mulai memasang diskon besar-besaran. 

Saatnya semua masyarakat memanfaatkan waktu untuk berburu barang-barang impian. Tetapi jangan sampai niat hemat berujung melarat, karena kondisi keuanganmu jadi sekarat. Kamu harus bisa mengelola pengeluaranmu di tengah diskon akhir tahun yang bertebaran. 

"Konsumtif merupakan suatu hal yang wajar, penyeimbang kegiatan produktif. Artinya banyak para pengusaha atau umkm yang memproduksi barang dan jasa. Maka konsumen juga perlu untuk mengkonsumsi atau membeli barang yang sifatnya konsumtif tadi," tutur Hermawan Budi Prasetiyo, selaku Dosen Akuntansi Stiekia Bojonegoro. 

Lanjut, karena sektor umkm merupakan isu yang sangat penting bagaimana menghadapi krisis pangan dan energi. Masyarakat tentu juga sudah cerdas memilih barang konsumtif seperti apa. 

"Selain itu, tentunya masyarakat juga sudah bisa mengelola keuangan. Ditambah harga pokok yang semakin naik, maka mereka akan mengkalkulasi ulang," ucap Dosen Akuntansi Stikea. 

Tidak bisa dipungkiri pengeluaran menjelang akhir tahun, tentu harga-harga semakin naik. Baik itu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Terutama barang konsumtif seperti elektronik dan otomotif, sifatnya bisa di tunda untuk pengeluarannya.

Namun promo akhir tahun tidak bisa diabaikan dan tentu bertujuan menggaet pasar. Prinsipnya perekonomian ke depan tidak bisa diprediksi, contoh isu yang akan muncul penggalakan mobil dan motor listrik.

Bahkan wacananya penggunaan bahan bakar motor (BBM) beberapa tahun ke depan akan berganti. Penundaan sepertinya perlu, perekonomian kita pada saat ini cenderung konsumtif bahan pokok.

"Namun untuk sekunder tidak begitu perlu sebaiknya lebih baik ditunda dan dialokasikan menjadi sebuah investasi. Seperti emas, properti untuk jangka panjang. Dan perlu dihindari faktor-faktor lain, menurut saya masyarakat bisa memilih bagaimana bisa bertindak atau berlaku konsumtif," pungkasnya. [liz/lis]

Berikut Tips Hemat Hadapi Godaan Diskonan Belanja Akhir Tahun:

1. Atur anggaran belanja

2. Cek barang yang sudah kamu punya

3.Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan

4.Jangan mudah tergiur promo

5.Ingat bahwa belanja barang diskon juga termasuk pengeluaran

 

 

Tag : Tips, akhir tahun, Belanja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat