13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harmonisasi Beragama, FKUB Bojonegoro Serukan Moral Jelang Nataru

blokbojonegoro.com | Monday, 19 December 2022 19:00

Harmonisasi Beragama, FKUB Bojonegoro Serukan Moral Jelang Nataru

Reporter: M. Yazid

blokBokonegoro.com - Keberadaan Paguyuban Umat Beragam - Forum Kerukunan Umat Beragam (PUB-FKUB) Kabupaten Bojonegoro sangat penting menjaga harmonisasi antar umat beragama di daerah penghasil migas itu. Demi menjaga keamanan dan ketertiban, ditunjukan dengan seruan moral jelang natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Kegiatan yang dihadiri para tokoh lintas agama, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Bakesbangpol, tokoh masyarakat, organisasi keagamaan dan stekholder terkait diadakan di depan kantor FKUB jalan Sawunggaling Bojonegoro, Senin (19/12/2022). Seruan moral yang dibacakan bersama-sama tokoh lintas agama, juga ditandai tangani Ketua FKUB, K.H. Alamul Huda, Forkopimda, Wabup Bojonegoro, Budi Irawanto, perwakilan lintas agama diantaranya Pendeta Emeritus Stefanus (Umat Kristen), K.H. Hanif Abdurrahman (Umat Islam), I Ketut Sulasta (Umat Hindu), Go Kian San (Santoso) (Umat Khoghucu) dan Romo Sapto Widodo (Umat Katolik).

Ketua FKUB Kabupaten Bojonegoro, KH. Alamul Huda Mashur mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan kekompakan seluruh lintas agama. "Kerukunan umat beragama di Bojonegoro sudah terjalin sejak lama, harmonisasi bersama-menjaga Bojonegoro dan NKRI," terangnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Rosyid itu juga mengajak semuanya agar tidak memberikan kesempatan kepada kelompok radikal yang ingin merusak persatuan dan kesatuan di Bojonegoro maupun Indonesia. Beliau juga menyebutkan tanda-tanda kelompok radikal yang berbahaya ada empat.

Pertama, lanjut Gus Huda, suka dan merasa paling benar sendiri. Kedua, selalu menganggap yang lain salah. Ketiga selalu menghalalkan segala cara untuk mendapat keinginannya. Tanda keempat ialah tidak mau NKRI. "Jangan sampai dibiarkan paham radikalisme ini terjadi di Bojonegoro maupun Indonesia, karena radikalisme ini tidak hanya menyebabkan kerusakan fisik, tetapi juga kerusakan mental. Sehingga harus sama-sama menangkal radikalisme tersebut," terangnya.

Gus Huda yang juga ketua MUI Kabupaten Bojonegoro berharap dengan adanya seruan moral para tokoh lintas agama di Bojonegoro, perayaan hari raya Natal dan tahun baru (Nataru) 2023 dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif tanpa gangguan apapun. "Saat perayaan natal dan tahun baru 2023 keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tetap terus terjaga," harap kyai yang juga off road itu.

Sementara itu, Wabup Bojonegoro Budi Irawanto mengapresiasi langkah tokoh lintas agama di Kabupaten Bojonegoro yang terus menunjukan harmonisasinya. Meskipun berjalan mandiri, kebersamaan dan kekompakan lintas agama di Bojonegoro tetap terjalin erat sampai saat ini.

"Ayo sama-sama kita menjaga dan mengamankan perayaan natal dan tahun baru 2023, semoga Bojonegoro tetap aman dan kondusif," pungkas mas Wawan.

SERUAN MORAL
PAGUYUBAN UMAT BERAGAMA  (PUB)
FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB)
KABUPATEN BOJONEGORO

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua
SALAM RUKUN, GUYUB DAN DAMAI

Dengan memohon Rahmat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, demi mewujudkan kehidupan yang harmonis dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya hubungan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Bojonegoro.
Kami Pengurus Paguyuban Umat Beragama (PUB), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan segenap Tokoh Lintas Agama di Kabupaten Bojonegoro menyerukan :

1. Selalu mengedepankan kebersamaan antar umat beragama.

2. Selalu berkomunikasi seimbang dan harmoni agar tidak terpancing isu-isu yang dapat memecah belah antar umat beragama.

3. Menolak segala bentuk kekerasan apapun yang mengatasnamakan agama.

4. Menjaga toleransi, meningkatkan moderasi beragama, saling menjaga kamtibmas, agar perayaan natal dan tahun baru berjalan dengan damai dan aman.

5. Berkomitmen menjaga dan mempertahankan NKRI dengan penuh tanggung jawab.

Semoga kita selalu mendapatkan berkah, petunjuk dan lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, amin.

Bojonegoro, 19 Desember 2022
PAGUYUBAN UMAT BERAGAMA
FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
KABUPATEN BOJONEGORO

Tag : seruan, moral, bojonegoro, fkub



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat