18:00 . Relawan Pasopati Seno Adakan 'Dungo Bareng Menangke Mas Wahono'   |   17:00 . 3 Rumah Warga Ludes Terbakar Akibat Bediang, Kerugian Ditaksir Rp503 juta   |   16:00 . Hari Ini Golkar Serahkan Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   14:00 . PAN Bojonegoro Beri Sinyal Manuver ke Wahono-Nurul, Lasuri: Tegak Lurus Putusan DPP   |   13:00 . Pelaku Begal Payudara di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   06:00 . Pulang Kerja, Perempuan di Bojonegoro Jadi Korban Begal Payudara   |   18:00 . Kaesang Harap Milenial di Bojonegoro Merapat ke Setyo Wahono   |   09:00 . Gandeng KEPPK Nasional Kemenkes RI, LPPM STIKes Rajekwesi Bojonegoro Gelar EDL dan SIM EPK   |   08:00 . Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri Ikut Jatim Media Summit 2024   |   06:00 . Sekjen PBNU: Jangan Pilih Calon yang Intervensi NU   |   21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |  
Thu, 25 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harmonisasi Beragama, FKUB Bojonegoro Serukan Moral Jelang Nataru

blokbojonegoro.com | Monday, 19 December 2022 19:00

Harmonisasi Beragama, FKUB Bojonegoro Serukan Moral Jelang Nataru

Reporter: M. Yazid

blokBokonegoro.com - Keberadaan Paguyuban Umat Beragam - Forum Kerukunan Umat Beragam (PUB-FKUB) Kabupaten Bojonegoro sangat penting menjaga harmonisasi antar umat beragama di daerah penghasil migas itu. Demi menjaga keamanan dan ketertiban, ditunjukan dengan seruan moral jelang natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Kegiatan yang dihadiri para tokoh lintas agama, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), Bakesbangpol, tokoh masyarakat, organisasi keagamaan dan stekholder terkait diadakan di depan kantor FKUB jalan Sawunggaling Bojonegoro, Senin (19/12/2022). Seruan moral yang dibacakan bersama-sama tokoh lintas agama, juga ditandai tangani Ketua FKUB, K.H. Alamul Huda, Forkopimda, Wabup Bojonegoro, Budi Irawanto, perwakilan lintas agama diantaranya Pendeta Emeritus Stefanus (Umat Kristen), K.H. Hanif Abdurrahman (Umat Islam), I Ketut Sulasta (Umat Hindu), Go Kian San (Santoso) (Umat Khoghucu) dan Romo Sapto Widodo (Umat Katolik).

Ketua FKUB Kabupaten Bojonegoro, KH. Alamul Huda Mashur mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan kekompakan seluruh lintas agama. "Kerukunan umat beragama di Bojonegoro sudah terjalin sejak lama, harmonisasi bersama-menjaga Bojonegoro dan NKRI," terangnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Rosyid itu juga mengajak semuanya agar tidak memberikan kesempatan kepada kelompok radikal yang ingin merusak persatuan dan kesatuan di Bojonegoro maupun Indonesia. Beliau juga menyebutkan tanda-tanda kelompok radikal yang berbahaya ada empat.

Pertama, lanjut Gus Huda, suka dan merasa paling benar sendiri. Kedua, selalu menganggap yang lain salah. Ketiga selalu menghalalkan segala cara untuk mendapat keinginannya. Tanda keempat ialah tidak mau NKRI. "Jangan sampai dibiarkan paham radikalisme ini terjadi di Bojonegoro maupun Indonesia, karena radikalisme ini tidak hanya menyebabkan kerusakan fisik, tetapi juga kerusakan mental. Sehingga harus sama-sama menangkal radikalisme tersebut," terangnya.

Gus Huda yang juga ketua MUI Kabupaten Bojonegoro berharap dengan adanya seruan moral para tokoh lintas agama di Bojonegoro, perayaan hari raya Natal dan tahun baru (Nataru) 2023 dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif tanpa gangguan apapun. "Saat perayaan natal dan tahun baru 2023 keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tetap terus terjaga," harap kyai yang juga off road itu.

Sementara itu, Wabup Bojonegoro Budi Irawanto mengapresiasi langkah tokoh lintas agama di Kabupaten Bojonegoro yang terus menunjukan harmonisasinya. Meskipun berjalan mandiri, kebersamaan dan kekompakan lintas agama di Bojonegoro tetap terjalin erat sampai saat ini.

"Ayo sama-sama kita menjaga dan mengamankan perayaan natal dan tahun baru 2023, semoga Bojonegoro tetap aman dan kondusif," pungkas mas Wawan.

SERUAN MORAL
PAGUYUBAN UMAT BERAGAMA  (PUB)
FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB)
KABUPATEN BOJONEGORO

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua
SALAM RUKUN, GUYUB DAN DAMAI

Dengan memohon Rahmat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, demi mewujudkan kehidupan yang harmonis dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya hubungan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Bojonegoro.
Kami Pengurus Paguyuban Umat Beragama (PUB), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan segenap Tokoh Lintas Agama di Kabupaten Bojonegoro menyerukan :

1. Selalu mengedepankan kebersamaan antar umat beragama.

2. Selalu berkomunikasi seimbang dan harmoni agar tidak terpancing isu-isu yang dapat memecah belah antar umat beragama.

3. Menolak segala bentuk kekerasan apapun yang mengatasnamakan agama.

4. Menjaga toleransi, meningkatkan moderasi beragama, saling menjaga kamtibmas, agar perayaan natal dan tahun baru berjalan dengan damai dan aman.

5. Berkomitmen menjaga dan mempertahankan NKRI dengan penuh tanggung jawab.

Semoga kita selalu mendapatkan berkah, petunjuk dan lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, amin.

Bojonegoro, 19 Desember 2022
PAGUYUBAN UMAT BERAGAMA
FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
KABUPATEN BOJONEGORO

Tag : seruan, moral, bojonegoro, fkub



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat