Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meriah Festival Bengawan Menginspirasi

blokbojonegoro.com | Friday, 30 December 2022 08:00

Meriah Festival Bengawan Menginspirasi

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Festival Bengawan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro di Taman Pinggir Gawan (TPG) Desa Pilanggede Kecamatan Balen cukup meriah, festival yang digelar selama dua hari Rabu dan Kamis (28-29/12/2022) mengambil tema Bengawan Menginspirasi.

Hari kedua festival, Kamis (29/12/2022) turut dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, jajaran Forkopimda, Bakorwil Bojonegoro, jajaran Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Balen dan tamu undangan.

Diawali dengan tarian Amonggisikan yang menggambarkan masyarakat di tepi Bengawan Solo ketika musim hujan mereka akan sedih sebab terdampak banjir. Tetapi mereka tetap tabah melewatinya, namun saat kemarau panjang para petani bercocok tanam di tepi Bengawan.

Kerja keras dan tekad yang kuat juga mengobarkan semangat petani dengan aktivitas yang akan menghasilkan panen berlimpah ruah serta hasil yang memuaskan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Budiyanto menjelaskan, tujuan Festival Bengawan untuk mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta, bangga terhadap eksistensi Bengawan Solo kepada generasi muda sejak usia dini.

"Termasuk agar melestarikan serta menjaga kebersihan dan keindahan Sungai Bengawan Solo. Serta memberi wadah ekspresi bagi masyarakat usia dini untuk berkreasi dengan tema Bengawan," ucap Budiyanto.

Selanjutnya, festival ini juga sebagai ajang promosi destinasi wisata dalam rangka peningkatan kunjungan wisata. Festival Band Bengawan dilaksanakan pada Rabu (28/12/2022) bersinergi dengan launching Desa Berdaya dari Desa Pilanggede dan ikon kolam renang pinggir Ngawan. Kemudian berlanjut Kamis, pameran wisata dan produk unggulan dari desa wisata hingga pelaku ekraf yang diikuti 29 stand pameran.

"Ada pula sarasehan sejarah dan peradaban Bengawan Solo kepada 250 anak-anak siswa SMP, MTs, SMA dan SMK sekitar Kecamatan Balen. Lalu dilanjutkan lomba mewarnai tingkat TK bertema Bengawan Solo yang diikuti oleh 290 anak," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutannya menuturkan, sudah banyak kegiatan yang dilakukan Pemdes Pilanggede untuk berinovasi dan mendorong pariwisata desa. Bupati Anna juga meminta desa lain untuk mencontohnya dalam menumbuhkan dan meningkatkan sektor ekonomi berbasis pedesaan.

Selain itu pihaknya juga turut serta mendorong percepatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Sebab jika banyak desa yang maju maka kemajuan Kabupaten juga akan semakin berdampak besar. "Apabila Kabupaten banyak yang maju, maka provinsinya juga akan maju begitu sebaliknya," sambung Bupati Anna.

Perlu diketahui inspirasi terhadap Bengawan Solo sangat banyak, namun untuk saat ini debit air Bengawan Solo tidak stabil sehingga berpengaruh terhadap pengairan. Efeknya tidak bisa direncanakan dengan panjang, contohnya jika merencanakan akan menggunakan bengawan sebagai jalur transportasi air.

"Misal kita ingin digunakan untuk keramba, saya rasa tidak berkelanjutan bahkan ke depan pemerintah akan mempelajari terhadap fungsi Bengawan Solo yang berkelanjutan seperti apa," ulasnya. [liz/mu]

 

Tag : festival bengawan, bengawan solo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini