15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Forkopimca Kasiman Luncurkan Ikon Desa Program Desa Berdaya Waduk Kompan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 December 2022 13:00

Forkopimca Kasiman Luncurkan Ikon Desa Program Desa Berdaya Waduk Kompan

Reporter: M. Anang Febri 

blokBojonegoro.com - Desa Sambeng, Kecamatan Kasiman, hari ini resmi meluncurkan Program Desa Berdaya yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Sebagai satu dari 12 Desa Mandiri, Desa Sambeng memilih Waduk Kompan sebagai ikon desa berdaya, Rabu (28/12/2022).

Acara ikon desa berdaya ini dikemas dengan sejumlah rangkaian. Mulai dari senam pagi, jalan santai berhadiah, hingga upacara peresmian Waduk Kompan. 

Kepala Desa (Kades) Sambeng, Pujianto mengucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat, terlebih pada panitia acara atas terselenggaranya event desa kali ini. Dengan adanya launching Waduk Kompan sebagai icon desa berdaya, pihaknya berharap supaya dapat lebih menumbuhkan perekonomian masyarakat. 

"Mohon doanya, supaya event terus berjalan. Karena disini juga ada stand UMKM dan kolam pemancingan untuk geliat ekonomi masyarakat," ujar Pujianto saat sambutan acara Launching Icon Desa Berdaya. 

Kades 3 periode ini juga mengungkapkan sedikit sejarah perihal Waduk Kompan. Yang mana dalam kata Kompan, dalam bahasa Jawa berarti timba.

"Nama Waduk Kompan ini artinya dari kata timba, kami hanya meneruskan sejarah. Maka dari itu kami meminta dukungan, semoga bisa berkelanjutan dan hasilnya bisa dinikmati bersama," jelasnya lagi.

Peluncuran Waduk Kompan di Desa Sambeng ini juga dihadiri oleh Camat Kasiman Novita Sari, 

Kapolsek Kasiman, Danramil Kasiman, berikut sejumlah tokoh masyarakat, hingga anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro yang tinggal di kecamatan setempat. 

Camat Kasiman Novita Sari, yang menyapa segenap masyarakat Desa Sambeng menegaskan arti dara kata Berdaya. Berdaya, berarti memiliki kemampuan, berkekuatan, tenaga untuk melakukan tindakan dalam mengatasi masalahnya sendiri.

"Berdaya, punya kekuatan. Dalam konteks desa berdaya, desa harus mampu mengintegrasikan masyarakat dalam segi apapun, mulai dari ekonomi pendidikan, serta kesehatan," papar Novita Sari menjelaskan. 

Camat nan ramah ini berpesan, adanya Waduk Kompan sebagai icon desa berdaya supaya jangan sampai sesuatu yang bagus ini jadi hilang dan rusak karena tak mampu menjaga.

"Ini kewajiban kita semua, bukan hanya Pak Kades dan perangkatnya saja. Sampah juga dikelola, semua harus dijaga," pesan Camat Kasiman. 

Sementara itu, Ketua Panitia Siswanto mengaku jika acara launching icon desa berdaya juga menunjang untuk memajukan UMKM. Setelah launching, diharapkan semua sektor dapat bersinergi sehingga meningkatkan kesejahteraan. 

"Pada Launching ini, juga kita berikan tempat untuk pelaku UMKM. Semoga Desa Sambeng dapat terus maju dan jaya," kata Siswanto bersemangat. [feb/lis]

 

Tag : Peluncuran, ikon, waduk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat