Sun, 14 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BPBD Jatim Tinjau Lokasi Angin Puting Beliung di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 08 January 2023 16:00

BPBD Jatim Tinjau Lokasi Angin Puting Beliung di Bojonegoro

Kontributor: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur meninjau dan memberi bantuan terhadap korban angin puting beliung yang menyapu puluhan rumah di tiga Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Minggu (8/1/2023).

Tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Sumberrejo, Kecamatan Kepohbaru dan Kecamatan Baureno dan terdapat sekitar 45 rumah yang rusak akibat amukan puting beliung kemarin (7/1/2023).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Jatim, Gatot Soebroto mengucapkan bela sungkawa terhadap sejumlah warga Bojonegoro yang mengalami musibah akibat amukan puting beliung. Selain itu pihaknya juga memberikan bantuan berupa sembako dan kebutuhan mendesak lainnya.

“Sementara ini kami memberikan Asbes 50 lembar, sembako 100 paket, terpal 100 pcs, semen 100 zak dan triplek sebanyak 50 lembar,” ungkap Kalaksa BPBD Provinsi Jatim.

Selain itu, pihaknya menambahkan hingga awal bulan Februari nanti merupakan puncak musim penghujan, dan hingga kini sejumlah wilayah di Jatim termasuk Kabupaten Bojonegoro juga berpotensi mengalami bencana Hidrometeorologi yang berpotensi bencana angin puting beliung, banjir dan longsor.

“Saya himbau khususnya kepada warga Bojonegoro untuk tetap berhati-hati dan selalu waspada akan terjadinya bencana-bencana tersebut,” imbuh Gatot.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto mengungkapkan, beberapa tahun terakhir, bencana angin puting beliung yang terparah yaitu, yang terjadi di awal tahun 2023 ini. Sebelumnya, di tahun 2022 juga pernah terjadi di Desa Kayulemah, Kecamatan Sumberrejo. Namun, tak separah yang terjadi di tahun ini.

“Tahun ini yang terdampak yaitu, Desa Butoh dan Desa Mejuwet Kecamatan Sumberrejo, Desa Pohwates Kecamatan Kepohbaru dan Desa Banjaranyar Kecamatan Baureno,” ungkap Ardhian.

Pihaknya juga meminta, agar masyarakat Bojonegoro meningkatkan kewaspadaan, dengan selalu memantau perkembangan kondisi alam terkini atau selalu update informasi yang bisa dilihat melalui media sosial resmi milik BPBD Kabupaten Bojonegoro.

“Kondisi Hidrometerologi yang perlu diwaspadai adalah, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, yang mengakibatkan pohon tumbang, bangunan atau rumah roboh, dan pergerakan tanah atau longsor,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 45 Rumah di 3 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro mengalami rusak akibat diterjang angin kencang sebelum hujan menerjang wilayah tersebut. Tiga kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Sumberrejo, Kecamatan Baureno dan Kecamatan Kepohbaru.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro. Di Kecamatan Sumberrejo tepatnya di Desa Mejuwet terdapat 2 rumah rusak berat dan 6 rumah atap rusak. Sedangkan di Desa Butoh sedikitnya 1 rumah roboh dan 4 rumah atap rusak.

Sementara di Kecamatan Kepohbaru tepat di Desa Pohwates terdapat 5 rumah rusak berat dan 11 rumah rusak ringan. Sedangkan di Kecamatan Baureno tepatnya di Desa Banjaranyar terdapat 2 rumah rusak berat, 4 rumah rusak sedang, 10 rumah rusak ringan dan balai desa 2 unit bangunan. [riz/lis]

 

 

Tag : Angin, puting beliung, BPBD



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.