19:00 . Kades di Bojonegoro Serahkan Uang Cashback Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |   13:00 . Bojonegoro Optimis Naik Tingkat, dari Kabupaten Layak Anak Kategori Madya ke Nindya   |   08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |  
Thu, 29 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bojonegoro Sukseskan Program Panen Satu Juta Hektare

blokbojonegoro.com | Monday, 13 March 2023 09:00

Bojonegoro Sukseskan Program Panen Satu Juta Hektare

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dalam rangka program panen nusantara satu juta hektare yang terdiri dari 66 titik se-Indonesia. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bersama Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) melakukan panen padi di Desa Sidodadi, Kecamatan Sukosewu.

Kepala Balai Veteriner Subang, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Sodirun menyampaikan agenda panen di Bojonegoro ini untuk mensukseskan panen nusantara 1 juta hektare yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian. Kabupaten Bojonegoro merupakan juga merupakan bagian yang dipilih dari 66 titik di seluruh Indonesia.

"Kaitannya dengan panen Nusantara ini, diharapkan dapat menambah semangat dari petani untuk bertani. Kemudian PPL maupun dinas, bahwa pemerintah pusat itu memperhatikan pertanian,” ungkap Kepala Balai Veteriner Subang, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Sodirun.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro, Helmy Elisabeth menambahkan bahwa kegiatan panen pada hari ini, makin menunjukkan bahwa Bojonegoro dikenal sebagai penghasil padi ketiga terbesar se-Jawa Timur dan tentunya menjadi lumbung pangan Nasional.

Sehingga dengan posisi tersebut, Bojonegoro menjadi salah satu lokasi dari 66 lokasi yang direncanakan oleh Kementerian Pertanian untuk kegiatan panen 1 juta hektare.

"Kegiatan panen ini mengambil tema padi petani kita untuk Indonesia. Ini saya tambahkan lagi padi petani Bojonegoro untuk Indonesia,” tegas Helmy Elisabeth.

Kabupaten Bojonegoro dengan luas sawah hampir 83.197 hektare, tentu menjadi modal dan potensi di sektor pertanian. Selain itu dukungan dari Bupati Anna Mu’awanah yang sangat konsen sekali untuk sektor pertanian, melalui berbagai macam program salah satunya program petani mandiri.

"Dari program itu, petani kita diberi motivasi dan dukungan untuk pemenuhan saprodi berupa benih dan pupuk. Itu baru salah satu program, belum program yang lainnya termasuk perhatian untuk kebutuhan alat dan mesin pertanian pasca panen,” ujarnya.

Hal tersebut ditujukan agar potensi pertanian di Kabupaten Bojonegoro ini, memang menjadi tulang punggung penggerak ekonomi. Selain itu Bojonegoro beberapa waktu lalu juga telah melaksanakan kesepakatan bersama dengan Bulog. Sehingga hadir bersama Bulog untuk memastikan, agar petani Bojonegoro terbuka peluang bekerjasama dengan Bulog.

"Bersama-sama kita menjaga kestabilan harga, supaya petani kita merasakan dan menikmati keuntungan, agar lebih sejahtera,” tegasnya.

Luas panen untuk tahun 2023 pada bulan Januari dan Februari diprediksi sampai dengan akhir Maret sekitar 76.970 hektare luas panen, yang setara dengan 437.189 ton gabah kering panen. Pihaknya juga meminta Kementerian Pertanian untuk memberikan dukungan Kabupaten Bojonegoro.

"Sebab Bupati sangat serius untuk menangani dan mendukung sektor pertanian. Mohon terus dikawal sehingga untuk mendukung sektor pertanian menjadi keberkahan dan kemanfaatan bagi petani Bojonegoro,”pungkasnya. [liz/mu]

 

Tag : panen, petani, padi, panen padi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat