18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Omzet Jasa Jahit Hingga Crafter Melejit Berkat Marketplace

blokbojonegoro.com | Sunday, 23 April 2023 10:00

Omzet Jasa Jahit Hingga Crafter Melejit Berkat Marketplace

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Keberadaan marketplace telah berkontribusi terhadap pertumbuhan industri jual beli di Indonesia. Bahkan diprediksi akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan.

Tak sedikit para pelaku industri kecil menengah dan usaha mikro kecil menengah (IKM/UMKM) yang telah sukses memasarkan produknya lewat marketplace tersebut.

Salah satu Banin S.N, sociopreneur sekaligus pemilik usaha crafter asal Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, mengaku produk-produk kerajinan yang ditawarkan oleh Banin berupa kerajinan flanel. Mulai dari amplop/angpao, home decor, hiasan aplikasi boneka, pot bunga hingga busy book.

"Harga yang ditawarkan relatif terjangkau mulai dari Rp5.000 hingga Rp125.000, tergantung kerumitan produk kerajinan tersebut," ungkap Banin S.N.

Lanjut Banin, menurutnya sejak tahun 2016 untuk pemasaran kerajinan flanel ia sudah mulai aktif bergabung menggunakan marketplace lewat aplikasi digital berupa shopee. Bahkan transaksi jual beli secara online ini juga sangat memudahkan pelaku usaha kreatif, karena semua prosesnya serba otomatis.

Mulai dari cara pelanggan membeli produk atau check out barang, membayar produk, opsi pengiriman.

Bahkan hingga pelacakan nomor resi pengiriman. "Semua sudah diatur lengkap oleh marketplace, penjual tinggal cetak resi dan kirim barang. Jangkauan juga luas, kalau misal ada orang luar negeri pesan juga bisa," ungkap Banin.

Senada, Inka Fithrotul, pemilik usaha di bidang fesyen yang kini dikenal sebagai penjahit online mengaku sejak Pandemi Covid-19. Sudah mulai aktif menggunakan marketplace berupa aplikasi shopee untuk membantu bisnis penjualan.

"Sekarang pakainya aplikasi shopee karena transaksinya mudah. Kurir bisa jemput barang dan kita gak perlu repot keluar rumah kirim barang, pencairan dana dari penjualan juga mudah," sambung Inka.

Meski produk yang ditawarkan berupa jasa jahit, Ia mengaku selama ini produk yang di pasarkan seluruhnya menggunakan sistem pre order atau pengemasan terlebih dahulu. Kemudian penjual baru melakukan pengiriman kepada pemesanan.

"Karena jasa jahit dan bukan produk jadi, semua barang pre order. Yang tersedia di aplikasi hanya beberapa atau display. Konsumen bisa memilih atau check out kemudian menuliskan pemesan baru terkirim," tutur Inka.

Meski menggunakan jasa jahit secara online alias tidak perlu lagi membutuhkan toko secara material. Ia mengaku senang, karena saking banyaknya konsumen dari luar kota yang mampir dan membutuhkan jasa jahit.

"Jadi konsumen luar kota pun tahu kalau ternyata ada jasa jahit online, membantu sekali transaksi penjualan online seperti ini. Ternyata bisa menjangkau semuanya dan menghasilkan omzet lebih besar," beber Inka. [liz/lis]

 

 

Tag : Omzet, jasa, Jahit



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat