21:00 . Perampok dan Brandal yang Mengacaukan Warga, 3 Desa Kecil jadi Bumirejo   |   20:00 . Baru Nikah, 50 Pasangan Muda di Bojonegoro Kandas   |   19:00 . Jelang Masa Akhir Petik, Harga Tembakau di Bojonegoro Terus Menurun   |   18:00 . Pemimpin Desa Bumirejo Dari Masa 1873   |   08:00 . Kwarcab Bojonegoro Laksanakan Apel Besar bersama Ka. Kwarda Jawa Timur   |   06:00 . Manbaul Ulum Bulu Bersholawat   |   18:00 . TP PKK Jawa Timur Resmi Lantik Dian Adiyanti Sebagai PJ Ketua TP PKK Bojonegoro   |   17:00 . KA Rute Bojonegoro-Yogyakarta Dirindukan Penumpang   |   16:00 . Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid   |   15:00 . Belum Ada Kabar Baik Soal Persibo, Supporter Akan Wadul Pj Bupati   |   14:00 . Kunjungi 2 Ponpes di Bojonegoro, Begini Pesan Kesan Wamenag RI   |   14:00 . Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Terapkan Strategi Sinergi Operasi   |   13:00 . Ini Persyaratan Formasi Kesehatan dan Tenaga Teknis PPPK Pemkab Bojonegoro   |   10:00 . Biosaka Bikin Cepat Panen Solusi Efisiensi Biaya   |   08:00 . Suksesnya MSD 2023 Jadi Bentuk Suport Warga ke Desa¬†   |  
Fri, 29 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Informasi Haji 2023

Kemenag Siapkan 108 Hotel Sambut Jemaah Haji di Makkah,Ini Jarak Terdekat dan Terjauh

blokbojonegoro.com | Friday, 26 May 2023 16:00

Kemenag Siapkan 108 Hotel Sambut Jemaah Haji di Makkah,Ini Jarak Terdekat dan Terjauh

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Pemerintah sebaik mungkin mempersiapkan kebutuhan para jemaah haji Indonesia agar pelaksanaan ibadah mereka berjalan lancar. Salah satu yang dipersiapkan adalah hotel tempat jemaah haji bermukim di Mekkah.

Terkait hal ini, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid memastikan hotel jemaah di Makkah sudah siap menyambut kedatangan para jemaah.

Saat ini, dari kloter pertama jemaah sudah tiba di Madinah sejak 24 Mei 2023. Mereka akan tinggal di Kota Nabi lebih kurang sembilan hari. Setelah itu, secara bertahap mereka diberangkatkan ke Makkah Al Mukarramah mulai 2 Juni 2023.

"Masih ada waktu sepekan jelang kedatangan jemaah haji Indonesia ke Makkah. Hari ini kita cek sejumlah hotel, utamanya yang akan menjadi kantor sektor. Alhamdulillah, semua sudah siap," terang Subhan Cholid di Makkah, Kamis (25/5/2023) sebagaimana dikutip dari website resmi Kemenag RI. 

Subhan menambahkan, pihaknya telah menyiapkan total 108 hotel di Makkah untuk 203.320 jemaah haji reguler berdasarkan kuota dasar. Jumlah ini masih ada kemungkinan bertambah seiring adanya tambahan kuota sebanyak 8.000 jemaah.

Keseluruhan hotel itu dibagi dalam 11 sektor dengan sektor khusus di Masjidil Haram dengan Jarak terdekat dari hotel ke Masjidil Hatam sekitar 850 meter, sedang jarak terjauh sekitar 4.300 meter.

Jemaah haji yang tempatnya jauh dari Masjidil Haram tidak perlu resah, karenaPPIH Arab Saudi telah siapkan Bus Shalawat untuk mengantar jemaah ke Masjidil Haram, pergi dan pulang. Bus Salawat ini akan beroperasi selama 24 jam.

Akomodasi jemaah Indonesia ini tersebar di lima wilayah. Sektor 1 dan 2 berada di Mahbas Jin. Sektor 3 sampai 5 berada di kawasan Syisah. Sektor 6 dan Sektor 7 di Raudlah. Sektor 8 dan 9 di Jarwal. Sedang sektor 10 dan 11 ada di wilayah Misfalah.

"Kita cek kesiapan hotel, mulai dari kamar, kantor layanan, hingga klinik kesehatan dan lobby hotel. Alhamdulillah siap. Insya Allah 108 hotel yang telah dikontrak, siap sambut kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah," sebut Subhan.

"Kita cek juga sejumlah fasilitas pendukung Haji Ramah Lansia, seperti ketersediaan kursi roda dan tempat duduk prioritas bagi lansia," tandasnya.

Berikut 11 hotel yang telah disiapkan menjadi kantor sektor:

1. Arkan Bakkah (Sektor 1, Mahbaz Jin)

2. Al Multazam Hotel (Sektor 2, Mahbaz Jin)

3. Vivian Hotel (Sektor 3, Syisah)

4. Tsarawat At Taqwa (Sektor 4, Syisah)

5. Raj Syisah (Sektor 5, Syisah)

6. Shafwat as-Syuruq (Sektor 6, Raudlah)

7. Afaq Al Masyaer (Sektor 7, Raudlah)

8. Kiswah (Sektor 8, Jarwal)

9. Wihdah Al Mutamayyiz (Sektor 9, Jarwal)

10. Manazilul Hurr (Sektor 10, Misfalah), dan

11. Park Regis (Sektor 11, Misfalah)

Tag : Haji, religi, hotel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat