18:00 . Nasdem Bojonegoro Buka Penjaringan Bacabup Pilkada 2024   |   17:00 . 40 Panwascam Pemilu di Bojonegoro Kembali Melenggang di Pilkada 2024   |   16:00 . Dorong Lansia Makin Sehat dan Aktif Pemkab Bojonegoro Launching ILP   |   15:00 . Asyik, Menikmati Secangkir Kopi dari Vespa Tua di Pinggir Sawah   |   19:00 . Taklukan Tri Brata Raflesia FC, Persibo Kembali Raih 3 Poin   |   17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |  
Sat, 04 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

FJTB dan Disdik Jatim Gelar Sekolah Jurnalistik dan Literasi Digital untuk Pelajar

blokbojonegoro.com | Monday, 12 June 2023 16:00

FJTB dan Disdik Jatim Gelar Sekolah Jurnalistik dan Literasi Digital untuk Pelajar

 Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro (FJTB) hari ini menggelar kegiatan sekolah jurnalistik dan literasi digital. Kegiatan yang juga sebagai upaya menangkal berita bohong (hoaks) menjelang tahun politik 2024 berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Bojonegoro, Senin (12/6/2023).

Kegiatan digelar di ruang Studio Produksi & Siaran Program Televisi (PSPT), yang terletak di gedung SMKN 3 lantai 2 di jalan Panglima Polim Kota Bojonegoro. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta, yang merupakan pelajar dari jurusan PSPT yang sebelumnya disebut multimedia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Provinsi Jatim wilayah Bojonegoro-Tuban Adi Prayitno bersama Kasi SMK, Agung, didampingi Kepala Sekolah SMKN 3 Bojonegoro, Cipto beserta sejumlah guru pembimbing.

Ketua FJTB Bambang Yulianto mengatakan, kegiatan di sekolah tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa-timur, Cabang kabupaten Bojonegoro-Tuban. 

"Kegiatan ini merupakan rangkaian program yang akan dilakukan di sejumlah sekolah tingkat SLTA di Bojonegoro, secara berkelanjutan selama tahun 2023," ungkapnya.

Selain ilmu jurnalistik, para siswa juga diberi pengetahuan tentang literasi digital, terutama terkait hoaks di media sosial serta keamanan digital. 

Menurut Eeng, sapaan akrab Bambang Yulianto yang juga merupakan Jurnalis Metro TV ini, kegiatan ini sangat penting untuk para pemilih pemula dalam pemilihan umum mendatang. Untuk itulah kegiatan sengaja menyasar para pelajar sekolah SMK/SMA sederajat.

"Saya pikir kegiatan ini penting sekali menjelang tahun politik pemilu 2024 mendatang. Sebab seperti yang sudah-sudah, biasanya tren penyebaran berita bohong atau hoaks akan meningkat," tambahnya.

Selain sebagai bentuk kepedulian, kegiatan FJTB ini juga merupakan upaya antisipasi penyebaran berita bohong sejak dini. Dalam kegiatan ini FJTB menghadirkan 2 orang narasumber kompeten yang sudah bersertifikasi trainer dari Google News Initiative. Yakni, Dedi Mahdi, Jurnalis MNC Media, dan Bhagas Dani Purwoko dari Radar Bojonegoro (Jawa Pos Group).

"Para siswa lebih cerdas dan kritis dalam menerima informasi dari media sosial, agar tidak mudah termakan hoaks," ujar Kacabdin Jawa Timur, Adi Prayitno berpesan.

Sementara itu, selaku kepala SMKN 3 Bojonegoro Cipto menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Cipto berharap dengan adanya kegiatan ini anak didiknya bisa mendapatkan ilmu baru yang kelak bisa bermanfaat. [feb/col]

Tag : Literasi, digital, jurnalistik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat