22:00 . Pj Gubernur Jatim: Terimakasih Telah Mengawal Pesta Demokrasi Berjalan Baik   |   15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |  
Mon, 29 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dapat Daging Kurban? Berikut Tips Cara Mengolahnya

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 June 2023 16:00

Dapat Daging Kurban? Berikut Tips Cara Mengolahnya ilustrasi: herstory.co.id

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Hari Raya Idul Adha di Indonesia ada yang sudah merayakan hari ini, Rabu (28/6/2023) ada juga yang baru melaksanakannya mulai Kamis (29/6/2023). Meskipun berbeda hari, yang jelas persamaannya setiap Idul Adha pasti identik dengan daging kurban baik jenis kambing maupun sapi. Lalu, bagaimana sih cara mengolah daging kurban agar efektif, efisien dan tepat. 

Awalnya, pastikan Anda memiliki peralatan dapur yang bersih dan tajam untuk memotong daging dengan baik. Selain itu juga memiliki cukup ruang penyimpanan di freezer atau kulkas untuk menyimpan daging yang sudah dipotong.

Kemudian, pastikan Anda memotong daging dalam potongan yang sesuai dengan rencana penggunaannya, misalnya, potongan untuk steak, cincang, atau potongan-potongan besar untuk digunakan dalam hidangan utuh.

Buang lemak berlebih dan potong bagian-bagian yang tampak kotor atau rusak. Jika daging kurban memiliki bagian yang keras, seperti tendons atau ligamen, Anda dapat memotongnya menjadi ukuran yang lebih kecil atau memotongnya dengan cara yang berbeda, seperti memotong melintang serat.

Cuci daging dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang mungkin masih menempel. Jangan gunakan sabun atau deterjen untuk membersihkannya, karena dapat meninggalkan residu yang tidak aman untuk dikonsumsi.

Jika Anda tidak akan segera mengolah daging kurban, pastikan untuk menyimpannya di dalam kulkas atau freezer agar tetap segar. Daging yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat sebaiknya disimpan dalam kemasan yang kedap udara atau dalam kantong plastik yang diikat rapat untuk menghindari pembusukan dan membekukan dagingnya.

Untuk pengolahann dan cara memasaknya, tergantung pada jenis daging dan hidangan yang ingin Anda buat, ikuti resep dan petunjuk pengolahan yang sesuai.Pastikan untuk memasak daging kurban dengan benar untuk membunuh bakteri atau parasit yang mungkin ada.

Jangan biarkan daging mentah terlalu lama pada suhu ruangan karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Dikutip dari radarbogor.id, pakar gizi RS PMI Bogor, Oleh: dr. Niken Churniadita, M. berbagi tips untuk mengolah daging kurban,Proses pemasakan sebaiknya menggunakan peralatan masak yang aman. Hindari memasak sampai hangus atau gosong terutama memasak dengan cara dibakar, karena dapat memicu radikal bebas penyebab kanker. Namun, hindari pula memasak setengah matang karena bakteri tidak mati dan dapat menyebabkan penyakit infeksi.

"Daging kurban yang baik adalah daging yang segar, bersih, dan bebas lemak. Untuk penderita darah tinggi dan kolesterol tetap dapat mengonsumsi daging, baik sapi maupun kambing/domba, namun dalam proses memasak hindari menggunakan garam atau penyedap yang terlalu berlebihan," urainya. 

Seimbangkan dengan mengonsumsi buah dan sayur. Serat pada sayur dan buah dapat membantu menyerap lemak jenuh yang selanjutnya akan dibuang bersama feses. Demikian tips yang diberikan semoga bermanfaat. [lis]

Tag : tips, daging, kurban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat